0
120
0
Apa Sih Untungnya Ikut Kepanitiaan?
8 months 'ago'

Kamu mahasiswa baru yang sedang semangat-semangatnya kuliah dan cari pengalaman organisasi? Atau kamu mahasiswa lama yang sedang sibuk skripsian? Eh.

Kali ini, gue kembali lagi mau sharing ke teman-teman mahasiswa, khususnya mahasiswa baru sih. Pernah ga terbesit di pikiran, mau nyoba kegiatan inilah biar nambah pengalaman? Atau pernah ga diajak senior untuk ikut kegiatan organisasi dia yang kamu cuma ikut-ikutan aja (alias diseret supaya ikut)? Kalau pernah, selamat deh. Berarti ada yang perhatian sama kamu.

Dulu, gue juga seperti kalian loh, diajak kegiatan ini, ayuk aja gitu. Alasannya sih simple. Yah karena ga ada kegiatan lain, jadi ikut aja dulu, cari-cari relasi sama nambah pengetahuan.

Nah, kalau ikut kepanitiaan gimana dong? Sibuk ga sih? Terus untungnya jadi panitia itu apa? Pasti di antara kalian pernah iseng-iseng nanyak ke suatu organisasi yang lagi oprec panitia kan? Yang sering ditanya sih biasanya “Feedback kalau kami mendaftar nanti apa ya kak?”.

Oke, sebelum gue jabarin keuntungan ikut kepanitiaan itu apa, coba deh tanya ke diri sendiri dulu, alasan kalian mendaftar menjadi panitia itu apa. Apa kalian cuma ingin dapat sertifikat aja? Atau kalian emang ingin banget masuk kepanitian ini, karena disini kalian bisa nguji skill kalian. Atau cuma numpang tenar doang?

Coba deh kamu pikir-pikir dulu sebelum daftar. Jangan sampai setelah kamu daftar terus dinyatakan lulus, eh ga taunya ilang tiba-tiba karena susah ngatur waktu sendiri. Memang banyak sih resiko yang akan kita dapat ketika kita ingin coba banyak hal.

Oke, gue kasi tau ya untungnya itu apa. Check this out!

Punya pengalaman

Ikut kepanitiaan bisa nambah pengalaman kita

Ikut kepanitiaan pasti menambah pengalaman baru kalian dong. Jangan asal ikut kepanitiaan aja ya. Misalnya, kamu ikut kepanitian karena ada teman kamu di situ atau kamu ikut kepanitiaan karena biar dilihat orang “kalau aku sibuk ni ikut kegiatan ini” atau kamu ikut kepanitian biar dapat sertifikat? Mana ni pemburu sertifikat, biar banyak koleksi? Coba komen dulu postingan ini. Wkwkwk.

Ingat ya, pengalaman itu memang penting, tapi kalau tujuan kalian menjadi panitia cuma tebar-tebar pesona, untuk apa? Rapat ga pernah datang, tapi ketika acara puncak, hadir paling awal. Kamu cari pengalaman atau cari muka sih (wkwkwk gue kok ngegas ya). Gue ga ngegas loh, cuma ngingatin kalian aja biar ga menyesal. 

Dapat mengatur waktu

Mungkin di antara kalian ada ikut UKM inilah, komunitas itulah, terus jadi volunteerinilah, jadi panitia itulah. Wah banyak banget ya. Boleh sih ikut banyak kegiatan, sekalian belajar mengatur waktu juga.

Pernah ga, karena terlalu banyak kegiatan, jadi susah ngatur waktu dan akhirnya time management tidak terkontrol dan menyebabkan kegiatan lain jadi korbannya? Terus gimana dong, supaya time management bisa diatur dengan baik dan kuliah berjalan dengan baik?

Gue bagi dalam 2 tim ya:

Tim A: punya kegiatan banyak banget tapi bagus ngatur waktunya antara kuliah dan kegiatan di luar.
Tim B: sulit mengatur waktunya antara kuliah dan kegiatan di luar.

Kamu termasuk tim mana nih, A atau B? Kalau kamu tim A, selamat ya time management kamu bagus banget. Dan kalau kamu tim B, kamu harus perbaiki sekarang juga ya! Kalau tidak sekarang, kapan lagi? Tapi, gimana caranya mengatur waktu dengan baik? Kamu wajib baca postingan ini ya, tips manajemen waktu untuk mahasiswa.

Menambah relasi pertemanan

Ikut kepanitiaan bisa nambah relasi pertemanan

Punya banyak relasi itu penting sih, agar kita ga hanya di lingkaran itu-itu saja. Kita bisa mengenal teman-teman yang ga hanya dari satu jurusan, tetapi juga dari universitas lain.

Kemudian, bisa sharing pengalaman mengenai universitas atau jurusan yang berbeda. Seru kan? Seru dong, apalagi kalau gabung dalam tim Ruang Mahasiswa. Wah, bisa ketemu sama teman-teman yang jurusannya beda-beda dengan latar belakang berbeda juga loh.

Lebih siap menghadapi masalah

Nah ini nih. Makin sering kamu ikut banyak kegiatan, makin banyak deh masalahmu. Kalau gue sendiri sih, ga ikut banyak-banyak. Cukup dua saja dan produktif di setiap kegiatannya :).

Percaya deh, kalau kamu ikut kepanitiaan karena diri sendiri, kamu akan belajar pengetahuan baru di situ dan kamu lebih siap lagi menghadapi masalah. Ingatkan diri kamu ya, alasan kamu ikut kepanitiaan itu apa?

Punya ilmu yang ga didapatkan di kelas

Ikut kepanitiaan bisa dapat ilmu yang ga dapat di kelas

Percaya ga percaya, softskills kamu akan diuji di kepanitiaan. Ini ga akan kamu dapatkan di dalam kelas ya.

Kamu akan belajar bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan lingkungan baru, bagaimana berbaur dengan lingkungan barumu, kemudian kamu akan belajar menghadapi situasi dengan karakter yang berbeda di tiap bidangnya, dan kamu juga bisa belajar gimana menjadi seorang leader.

Ini yang gue suka kalau punya kegiatan di luar, apalagi kalau sudah semester lama. Pasti jarang masuk kelas karna ga ada kelas. Akhirnya ngumpul sama komunitas buat bahas-bahas kegiatan atau sharing pengalaman. (Loh kok curhat sih?)


Jadi, dari kelima poin yang dijabarkan, kalian harus ingat, “tujuanku ikut kepanitiaan apa sih?”. Tanamkan dalam diri ya, tujuan kamuJangan sampai nyesel di kemudian hari gara-gara sok sibuk dan semua mau diikutin yang ujungnya itu ga dapat apa-apa.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow