0
55
0
Kenapa Setiap Orang Wajib Punya Hobi? Ini Kata Para Ahli
3 months 'ago'

Gak cuma mengisi waktu luang, hobi punya banyak manfaat lain termasuk sebagai sumber peghasilan. Sayang, masih banyak yang kurang menyadari pentingnya memiliki hobi. Padahal setiap orang pasti punya satu kegiatan favorit, yang gak akan bosan dilakukan lagi dan lagi.

Buat kamu yang merasa belum punya hobi, coba deh simak enam alasan pentingnya memiliki hobi menurut para ahli di bawah ini. Gali minat dan bakatmu sedini mungkin, pasti ada kok hal menarik yang bisa kamu tekuni.

1. Memperkuat karakter diri

Punya hobi sama dengan memperkuat karakter diri. Kamu tahu apa minat dan bakat dalam diri, tinggal mengolah dan mengembangkannya agar bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Seseorang dengan hobi tertentu seperti punya identitas tambahan. Pengaruhnya besar lho pada tingkat kepercayaan diri. Orang lain gak sekadar mengenal nama, tapi juga mengakui karya dan kemampuan khususnya.

2. Melatih fokus

Kenapa Setiap Orang Wajib Punya Hobi? Ini Kata Para Ahli

Mihaly Csikszentmihalyi, seorang psikiater klinis berkebangsaan Hungaria-Amerika, melakukan penelitian panjang terkait pengaruh hobi pada kemampuan fokus manusia. Hasilnya, orang-orang yang memiliki kegiatan favorit (hobi) lebih teratur dalam menjalani hidup. Dia tahu apa yang harus dilakukan saat dirinya sudah penat, atau merasa butuh jeda.

Setelah mengambil rehat dengan melakukan hobinya, kondisi mental dan kinerja otak kembali prima. Cara ini terbukti ampuh menjaga kualitas fokus manusia.

3. Bikin lebih terampil mengatur waktu

Kenapa Setiap Orang Wajib Punya Hobi? Ini Kata Para Ahli

Dalam bukunya yang berjudul ‘Overwhelmed: Work, Love and Play When No One has The Time’, Brigid Schulte menuliskan tentang betapa menyedihkan orang-orang masa kini yang sering merasa kehabisan waktu.

Menurut kontributor Washington Post ini, gak ada istilah sibuk bagi seseorang jika dia tahu hal menyenangkan apa yang bisa dikerjakan. Artinya, orang-orang yang gak punya hobi lebih sering mengeluh kehabisan waktu.

Padahal bukan sibuk, mereka hanya gak tahu apa gunanya waktu luang jika gak ada hal menarik yang bisa dikerjakan. Kebiasaan buruk ini gak cuma mengancam kesehatan mental, tapi juga menurunkan kemampuan manajemen waktu.

4. Mengasah kreativitas

Kenapa Setiap Orang Wajib Punya Hobi? Ini Kata Para Ahli

Menekuni hobi juga bikin kita makin kreatif. Termotivasi untuk mengembangkan skill, mengeksplor lebih jauh hal-hal yang kita minati. Kita jadi terhindar dari pikiran-pikiran negatif karena menyibukkan diri pada hal positif.

5. Menambah relasi pertemanan

Kenapa Setiap Orang Wajib Punya Hobi? Ini Kata Para Ahli

Lewat hobi kamu bisa bertemu dengan banyak orang baru. Berkenalan dengan mereka yang punya hobi sama denganmu. Kalau sudah memperluas jaringan pertemanan seperti ini, hobi gak lagi sekadar kegiatan menyenangkan tapi bisa mendatangkan penghasilan.

6. Meningkatkan kesehatan fisik dan mental

Kenapa Setiap Orang Wajib Punya Hobi? Ini Kata Para Ahli

Manfaat paling penting dari memiliki hobi adalah meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Kok bisa?

Menurut penelitian dr. Christopher D. Stanton dari Renown Medical Group Nevada, responden yang rutin melakukan hobinya memiliki sistem hormonal dan kekebalan tubuh yang lebih baik.

Hobi adalah kegiatan positif yang merelaksasi otak saat kita melakukannya. Kondisi syaraf pusat yang rileks meningkatkan kinerja kelenjar endokrin. Kelenjar inilah yang mengatur fungsi hormon di seluruh tubuh.

Ternyata gak cuma asyik buat mengisi waktu luang saja, hobi punya banyak manfaat kan buat tubuhmu. Jangan terlalu sibuk, selalu sediakan waktu buat diri sendiri biar hidupmu makin berkualitas.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow