0
94
0
5 Alasan Kenapa Belajar Bahasa Inggris Jangan Dimulai dari Grammar
6 months 'ago'

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang sangat diminati di zaman sekarang. Selain menjadi jembatan untuk menuju dunia luar, kemampuan berbahasa Inggris juga merupakan salah satu nilai plus yang bisa mengantarkan kamu menuju kesuksesan.

Dalam bidang akademik, seringkali pelajaran Bahasa Inggris dimulai dengan fokus kepada grammar/tenses. Gak ada yang salah dengan hal ini jika tujuan pembelajaran adalah untuk menghadapi ujian. 

Namun, jika tujuan kamu belajar bahasa Inggris selama ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara, jangan sekali-kali memulai dengan grammar/tenses. Kenapa? Yuk cari tau alasannya di bawah ini, guys.

1. Belajar Bahasa Inggris dari grammar/tenses akan membuat kamu pusing dan jadinya gak pengen belajar lagi

5 Alasan Kenapa Belajar Bahasa Inggris Jangan Dimulai dari Grammar

Jika kamu ingin bicara seperti seorang native, maka kamu harus melihat bagaimana mereka diajarkan menggunakan bahasa tersebut sejak balita. Apakah ada balita yang diajarkan grammar? Gak ada kan? Makanya, hindari grammar untuk tahap awal pembelajaran.

Selain itu, belajar grammar di awal hanya akan membuat kamu pusing dan enggan menyentuh bahasa Inggris lagi. Kamu tau gak kalau kebanyakan native juga gak begitu memahami grammar? Mereka lebih fokus pada penggunaan kalimat dan kesesuaiannya dengan situasi yang ada. 

Lambat laun, kamu akan belajar grammar secara otodidak jika sudah terbiasa bicara dengan bahasa Inggris kok. Percaya aja.

2. Jika grammar dipelajari terlebih dahulu bahasa Inggris mu akan kaku banget

5 Alasan Kenapa Belajar Bahasa Inggris Jangan Dimulai dari Grammar

Mungkin memang ada orang-orang yang berhasil mempelajari bahasa Inggris meskipun dimulai dari grammar. Memang gak salah sih. Tapi bahasa Inggris mereka akan kaku banget dan sangat tidak natural. Sama halnya dengan orang asing yang belajar bahasa Indonesia, jika mereka mempelajari aturan susunan kalimat terlebih dahulu, maka bahasa Indonesia yang mereka gunakan terdengar kaku banget kan?

Berbeda halnya jika belajar dimulai dari kalimat atau frase secara utuh. Misal, ada orang asing yang berkata "kamu sedang melakukan apa?" terdengar kaku banget jika dibandingkan dengan yang berkata "lagi ngapain?". Nah, itu juga berlaku sama dengan bahasa Inggris yang kita pelajari.

3. Grammar itu lebih cocok untuk yang ingin menghadapi ujian, seperti TOEFL dan lainnya

5 Alasan Kenapa Belajar Bahasa Inggris Jangan Dimulai dari Grammar

Sekali lagi ditegaskan bahwa belajar grammar sama sekali tidak salah. Tapi, itu hanya berlaku untuk orang yang ingin menghadapi ujian. Karena saat menghadapi ujian tertulis secara akademik, kamu memang dituntut untuk mengetahui soal grammar secara lebih detail. Terutama bagi yang bertujuan meraih skor tinggi dalam TOEFL.

4. Pusing mikirin grammar akan bikin kamu takut mempraktekkan Bahasa Inggrismu

5 Alasan Kenapa Belajar Bahasa Inggris Jangan Dimulai dari Grammar

Alasan berikutnya kenapa grammar bukan bagian pertama untuk dipelajari adalah karena hal ini akan membuat kamu takut ketika diminta membuat kalimat. Kamu akan terlalu terfokus pada susunan dan struktur kalimat yang benar, sehingga kamu selalu merasa membuat kesalahan.

Padahal kita tahu bahwa practice makes perfect. Maka, semakin kamu jarang mempraktekkan bahasa Inggrismu, semakin ketinggalan lah kamu dibanding teman-teman yang lain. So, tinggalkan dulu masalah grammar untuk "dibereskan" belakangan ya.

5. Bagi kamu yang ingin pandai bicara Bahasa Inggris, mulailah dengan mengingat phrase ataupun kalimat lengkap dan mempraktekkannya

5 Alasan Kenapa Belajar Bahasa Inggris Jangan Dimulai dari Grammar

Jika tujuanmu yang mempelajari bahasa internasional satu ini adalah untuk menguasai skill berbicara, maka kamu harus mengesampingkan soal grammar. Mendengar lagu dan menonton film, kemudian mengadaptasi frase ataupun kalimat yang digunakan merupakan salah satu trik yang bagus untuk mulai belajar bahasa Inggris. Menarik kan?

Semangat terus belajarnya ya, guys. Don't give up!

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow