Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Hobi Membaca Buku Bisa Membuat Kamu Hidup Dua Tahun Lebih Lama

Hobi Membaca Buku Bisa Membuat Kamu Hidup Dua Tahun Lebih Lama

- Rabu, 12 Desember 2018 | 08:00 WIB
Hobi Membaca Buku Bisa Membuat Kamu Hidup Dua Tahun Lebih Lama

Kabar baik untuk kamu yang suka membaca buku. Penelitian terkini menyebutkan bahwa seseorang yang hobi membaca bisa membuat hidup lebih lama dua tahun lamanya.

Menurut jurnal Social Science and Medicine dikutip dari iflscience.com bahwa seseorang yang rutin membaca buku 3,5 jam dalam satu minggu bisa membuat hidupnya lebih lama dua tahun dari orang yang biasanya.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Avni Bavishi dari Yale University School of Publik Health dalam penelitiannya selama 12 tahun membagi tiga grup antara lain kelompok yang tidak pernah membaca buku, kelompok yang membaca buku 3,5 jam per minggu atau kurang, dan kelompok yang membaca buku lebih dari 3,5 jam per minggu.

Sebanyak 17% terhadap mereka orang-orang yang memiliki hobi membaca buku akan hidup lebih lama dibandingkan dengan yang tidak.

Dalam penelitiannya, buku merupakan sarana seseorang mendapatkan empati, sosial persepsi, dan kecerdasan emosional untuk seseorang yang suka membaca. Jadi kamu yang tidak suka membaca buku masih ragu manfaat dari buku yang amazing ini?

Cari Artikel Lainnya