Home » Kongkow » Tips & Trik » Tips Ampuh Menjadi Guru Inspiratif dan Professional

Tips Ampuh Menjadi Guru Inspiratif dan Professional

- Senin, 10 Desember 2018 | 15:34 WIB
Tips Ampuh Menjadi Guru Inspiratif dan Professional

Menjadi seorang guru bagi sebagian orang bukanlah perkara sulit, walaupun bukan dari latar belakang pendidikan, mereka tetap bisa mengajar, mengoreksi soal, membuat soal, bahkan cara mengajar mereka lebih baik dari guru yang memiliki latar belakang pendidikan, apakah dengan demikian dianggap tugas sebagai seorang guru selesai? rasanya belum. Namun hal ini serasa bertentangan dengan yang seharusnya yang dilakukan seorang guru, dimana seorang guru tidak hanya harus bisa mengajar, namun juga seorang guru harus bisa menjadi sumber inspirasi buat siswanya, dan ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, namun bukan tidak mungkin untuk dilaksanakan.

Guru inspiratif adalah guru yang memberikan stimulasi mental kepada murid-muridnya, dimana diharapkan dari stimulasi mental yang diberikan kepada siswa akan memberikan dampak yang lebih kuat terhadap pemahaman murid/siswa, karena semakin banyaknya emosi positif yang dirasakan oleh siswa pada saat belajar maka penguasaan materi pembelajaran akan semakin baik. Bagaimana caranya menjadi guru yang inspiratif? Menjadi guru yang inspiratif salah satunya adalah dengan mengajar menggunakan PAIKEM (Pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif dan Menyenangkan), Karena dengan mengajar menggunakan PAIKEM dapat menginspirasi murid untuk berpikir, sehingga rasa ingin tahu siswa berkembang, dan perubahan yang terjadi pada diri anak ke arah yang lebih baik akan lebih mudah terjadi.

Menurut National Board For Profesional Teaching Standar, berikut kriteria standar guru inspiratif dan professional:

  1. Menguasai materi pelajaran dengan baik
  2. Mampu melakukan improvisasi dalam mengajar
  3. Memiliki sensitivitas terhadap konteks
  4. Mampu memonitor pembelajaran
  5. Selalu bertindak berdasarkan data
  6. Respek terhadap orang lain
  7. Mempunyai jiwa yang mendidik
  8. Mampu melakukan manajemen kelas dengan baik
  9. Mampu menggunakan dengan tepat kemampuan, dalam mengajar dan belajar
  10. Mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan instruksional pembelajaran
  11. Memiliki kepekaan dalam menanggapi situasi selama pembelajaran berlangsung
  12. Mampu memfasilitasi murid agar mencapai prestasi tertinggi
  13. Mampu memfasilitasi murid agar lebih memahami kompleksitas

Dengan menjadi guru inspiratif diharapkan ada sosok yang mampu memotivasi dan menginspirasi siswa, agar siswa mampu mengoptimalkan setiap potensi yang mereka miliki sehingga berguna bagi masa depan mereka nanti.

Cari Artikel Lainnya