0
19
0
Makanan yang Ampuh Atasi Pikun
3 days 'ago'

Apakah Anda termasuk seorang yang pelupa atau pikun? Banyak orang beranggapan bahwa pikun disebabkan karena factor usia. Padahal hal itu tidak sepenuhnya benar, karena saat ini pikun bisa saja terjadi pada seseorang berusia muda. Pikun dalam dunia medis dikenal sebagai demensia, yakni satu kondisi dimana kemampuan kognisi seseorang mengalami penurunan yang terus bertambah akibat gangguan pada jaringan syaraf di otak.

Pikun atau sering lupa itu sebenarnya sudah termasuk golongan penyakit. Pikun dapat disebabkan, salah satunya karena adanya hambatan penyebaran darah ke otak. Untuk melancarkan kembali peredaran darah itu, maka dibutuhkan beberapa asupan mineral atau zat tertentu yang ada dalam beberapa jenis makanan alami. Apa saja makanan atau bahan alami yang berkhasiat mengatasi pikun atau sering lupa?

Kunyit
Rimpang kunyit menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Richard Harvey, direktur peneliti komunitas Alzheimer, memiliki zat yang berguna mencegah penyakit Alzheimer, sebuah penyakit lanjutan dari pikun.

Teh hijau
Teh khas Jepang ini juga kaya antioksidan, dan bila dicerna akan menghasilkan senyawa dengan kemampuan menurunkan gejala Alzheimer. Ini berarti termasuk juga mengatasi pikun.

Ginko biloba
Ginko biloba di Jerman dimanfaatkan daunnya untuk membantu melancarkan kembali peredaran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke otak. Ekstrak daun tanaman tersebut telah diteliti sejak 1960, dan terbukti membantu mengurangi gejala pikun atau lupa, namun hanya memberi efek sedikit bagi penderita Alzheimer.

Biji maple
Maple adalah pohon kayu yang dapat tumbuh besar. Yang terkenal dari pohon ini sebagai makanan adalah getahnya yang diolah menjadi sirup maple. Namun dikatakan bahwa biji buahnya juga mampu melancarkan peredaran darah, menghilangkan pusing, kejang, encok, serta syaraf tubuh mati sebelah.

Kismis
Kismis dari buah anggur kaya antioksidan. Mengonsumsinya 2 butir tiap pagi disebut dapat menguatkan ingatan.

Jika Anda mempunyai informasi tentang makanan yang bisa menjadi alternatif untuk mengatasi penyakit pikun, silahkan jangan ragu untuk menambahkan informasinya di komentar.

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
Lencana
Kongkow