0
25
0
Utak Atik Otak: Bermain, Belajar dan Berteman Se-Indonesia
5 days 'ago'

Sambil bermain, juga belajar sesuatu. Tak hanya itu, kita juga bisa mendapat banyak teman baru yang bisa diajak bermain sambil belajar dari berbagai daerah di Indonesia. Inilah hal segar yang ditawarkan media sosial asli Indonesia, Utak Atik Otak.

"Tujuan utama UtakAtikOtak adalah menghubungkan seluruh sekolah mulai Sabang sampai Merauke sehingga siswa-siswa mampu mengenal sahabat tidak hanya dalam lingkup sekolah melainkan sampai seluruh Indonesia," kata Dimas Anugerah Wicaksono, CEO Canisnfelis yang mengembangkan aplikasi Utak Atik Otak, melalui keterangannya, Senin (4/1/2016). 

Untuk menarik minat penggunanya yang menyasar kalangan anak sekolah, aplikasi yang tersedia untuk perangkat Android dan web ini menyediakan sejumlah fitur menarik yang berhubungan dengan edukasi. 

1. Sekolah 

"Ini adalah fitur yang berupa halaman fanspage untuk sekolah, mulai dari SD sampai Universitas. Halaman sekolah bisa dikelola oleh admin sekolah masing-masing. Fitur ini dapat bermanfaat sebagai halaman official sekolah," terang Dimas. 

Fitur ini bisa dimanfaatkan sebagai pusat informasi dan promosi sekolah. Para siswa juga dapat join ke dalam sekolahnya masing-masing, atau mendaftarkan sekolahnya untuk punya fanspage di halaman ini. 

2. Kuis 

Kuis merupakan fitur edukasi yang dikemas dalam bentuk permainan. Setiap siswa yang menjawab kuis atau soal dengan benar, akan mendapat poin 10 dan jika salah akan dikurangi 5 poin. 

"Kuis ini bersifat UGC, siswa juga dapat mengupload kuis atau soal yang mereka punya. Jadi semakin banyak siswa yang mengupload soal maka semakin banyak pula bank soal yang di miliki siswa," jelas Dimas. 

Kuis-kuis ini bisa di kelompokkan berdasarkan hastag atau kategori yang bisa di buat oleh siswa. Nah, untuk persiapan UNAS, fitur ini sangat bermanfaat sekali, sehingga pengguna tak perlu membawa buku yang berat untuk belajar, cukup dengan gadget. 

3. Tanya Dong

Sesuai namanya, Tanya Dong merupakan fitur untuk tempat bertanya. Misalnya siswa mengalami kesulitan mengerjakan PR atau tugas. Siswa bisa bertanya dengan menggunakan fitur ini dan siswa yang lebih tahu bisa membantu menjawabnya.

4. Kongkow

Kongkow merupakan fitur berbagi informasi antara siswa mulai dari seputar pendidikan seperti tutorial, beasiswa sampai pengetahuan serta informasi terkini.

5. Kategori

Fitur ini bermanfaat untuk mengelompokkan kuis atau soal. Jadi, siswa bisa membuat hastag atau kategorinya sendiri. Ketika akan belajar, mereka tinggal cari hastag yang mereka buat dan otomatis kuis yang ditampilkan adalah kuis yang sesuai dengan hastag tersebut.

Selain lima fitur utama tersebut, ada juga Komunitas untuk fitur fanspage bagi komunitas Pramuka, PMR dan lain-lain, dan Perpustakaan yang berisi koleksi buku dan video edukasi yang bisa didownload. 

Yang menarik, Utak Atik Otak juga memberikan sistem reward untuk para penggunanya. Sistem reward tersebut dapat ditemukan pada fitur Ranking. Fitur ini menghitung poin yang didapat siswa saat melakukan aktifitas di UtakAtikOtak, semakin banyak poin yang didapat, semakin tinggi ranking yang di peroleh. 

Penilaian lainnya adalah fitur Lencana, yakni penghargaan yang diberikan kepada siswa setelah mereka menyelesaikan tugas sesuai dengan jenis lencananya.

Lencana ini seperti badges pada Pramuka, dan bisa dikumpulkan untuk ditukar dengan hadiah. Hadiah bisa di peroleh siswa setelah mereka mengumpulkan beberapa lencana yang diminta. 

Berusaha mengemas edukasi ke dalam sebuah permainan. Dimas dan tim Canisnfelis berharap, aplikasi mereka bisa menjadi platform yang berkontribusi mencerdaskan bangsa.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow