0
20
0
8 Pekerjaan Ini Gak Akan Hilang di Era Revolusi Industri 4.0
5 days 'ago'

Kebutuhan pekerjaan di era Revolusi Industri 4.0 berbeda dengan periode tiga revolusi industri sebelumnya. Ada ratusan jenis pekerjaan yang tengah memasuki masa krisis karena jumlah permintaan kebutuhan tenaga kerja berkurang drastis, tapi ada pula jenis pekerjaan yang bertahan karena permintaannya tetap tinggi.

Dilansir dari laporan World Economic Forum tahun 2016, setidaknya 8 karier ini bakal aman di era yang ditandai dengan berkembangnya teknologi otomasi, analitis, dan Internet of Things ini.

1. Terapis gak akan pernah bisa digantikan oleh teknologi secanggih apa pun

Penampilan yang memadai menjadi tuntutan pekerjaan di era sekarang. Menjamurnya salon kecantikan membuat jenis pekerjaan di sektor ini berkembang. Tugas seorang terapis meliputi perawatan rambut, wajah, kuku, pijat, dan lainnya.

2. Bagaimana pun juga Supervisor/Operator Mekanik tetap dibutuhkan

8 Pekerjaan Ini Gak Akan Hilang di Era Revolusi Industri 4.0

Di era Revolusi Industri 1.0, tenaga kerja manusia dan hewan banyak digantikan mesin uap. Meski demikian, jenis pekerjaan supervisor/operator/tukang reparasi mesin disebut sebagai salah satu pekerjaan yang dianggap aman di era Revolusi Industri 4.0. Pasalnya, operasional mesin-mesin tersebut masih dijalankan serta direparasi oleh tenaga manusia.

Namun, yang perlu menjadi catatan, tenaga kerja harus semakin terampil dalam mengeksekusi kegiatan operasional itu.

3. Pekerja kesehatan masih krusial dibutuhkan

8 Pekerjaan Ini Gak Akan Hilang di Era Revolusi Industri 4.0

Petugas kesehatan seperti dokter dan dokter gigi tetap dibutuhkan di era Revolusi Industri 4.0, sebab tindakan medis seperti bedah masih memerlukan tenaga manusia. Selain itu, layanan kesehatan yang akan banyak diperlukan antara lain adalah kesehatan mental.

4. Ahli gizi juga masih kita perlukan kehadirannya

8 Pekerjaan Ini Gak Akan Hilang di Era Revolusi Industri 4.0

Ilmu gizi tak akan pernah henti-hentinya dibahas apalagi saat ini aturan pola makan semakin beragam. Jenis pekerjaan sebagai ahli gizi akan mengalami peningkatan jumlah permintaan terlebih penyakit-penyakit yang kini banyak bermunculan disebabkan oleh pola makan yang salah.

Kamu tertarik jadi ahli gizi?

5. Kalau nginep di penginapan, kehadiran Hotelier akan sangat membantu kita

8 Pekerjaan Ini Gak Akan Hilang di Era Revolusi Industri 4.0

Berkembangnya sektor pariwisata serta kegiatan pelesiran mendorong tumbuhnya aktivitas perekonomian. Ditambah dengan munculnya banyak aplikasi daring, konsep ekonomi kemitraan termasuk shared space service contohnya AirBnB.

Sejalan dengan itu, jumlah kebutuhan tenaga kerja terampil yang menangani manajemen perhotelan juga akan semakin meningkat.

6. Biar gak tersesat, petugas rekreasi sekiranya sulit digantikan teknologi

8 Pekerjaan Ini Gak Akan Hilang di Era Revolusi Industri 4.0

Tumbuhnya sektor pariwisata juga mendorong peningkatan jumlah kebutuhan tenaga kerja sebagai petugas rekreasi atau recreational worker. Seperti yang kalian ketahui, para petugas rekreasi inilah yang akan menyusun rencana, kegiatan operasional, dan memberikan layanan jasa terhadap pelanggan.

7. Desainer set dan pameran

8 Pekerjaan Ini Gak Akan Hilang di Era Revolusi Industri 4.0

Jumlah kebutuhan tenaga kerja sebagai desainer set dan pameran juga akan meningkat. Kelompok pekerja inilah yang bertanggung jawab terhadap visualisasi pameran, televisi, teater, dan film.

Buat kamu yang tertarik bekerja di sektor ini, pastikan untuk menguasai kemampuan teknis dan nonteknis yang diperlukan untuk mendesain.

8. Desainer busana, impianmu bukan nih?

8 Pekerjaan Ini Gak Akan Hilang di Era Revolusi Industri 4.0

Doyan beli baju di toko daring maupun luar jaringan? Saatnya kamu berubah dari konsumen menjadi produsen. Sebab, jenis pekerjaan sebagai pembuat bahan dan desainer busana akan banyak dibutuhkan karena industri kreatif ini tengah berkembang pesat.

Nah, itulah delapan jenis pekerjaan yang setidaknya diprediksi akan bertahan di era Revolusi Industri 4.0. Jenis pekerjaan lainnya yang juga masih dibutuhkan adalah psikolog, manajer pengembangan sumber daya manusia, hingga koreografer.

Apakah kamu pelaku salah satu jenis pekerjaan di atas?

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
Lencana
Kongkow