0
17
0
Kenapa Harus Belajar Seni?
5 days 'ago'

Manusia membutuhkan seni untuk memenuhi kebutuhan.

Seni budaya merupakan suatu keahlian untuk mengekspresikan ide-ide atau gagasan estetika dalam bentuk karya yang dapat mengungkapkan perasaan manusia. Ide-ide atau gagasan estetika tersebut memiliki kebudayaan sesuai dengan perkembangan zamannya.

Melalui seni budaya, siswa diajak mengembangkan jiwa kreatifitas, kepekaan indrawi serta mampu berkreasi seni dalam lingkungan dan kondisi yang terarah, sebagai bekal siswa pada saat berperan langsung sebagai pelaku kehidupan bermasyarakat.

Tahukah kamu? Para peneliti dari Michigan State University melakukan analisa terhadap kelompok Honors College yang lulus antara 1990 hingga 1995. Mereka menemukan, peserta yang pintar dalam sains, teknologi, teknik, matematika dan memiliki bisnis pribadi adalah mereka yang diajarkan seni delapan kali lebih banyak dari anak-anak lain pada umumnya. Studi juga menemukan, dari mereka yang bermain musik, 42 persen yang pandai di bidang elektronik berpeluang memperoleh paten, 30 persen yang pandai di bidang fotografi berpeluang memperoleh penghargaan dan yang menekuni bidang arsitektur berpeluang 87,5 persen lebih tinggi untuk mendirikan perusahaan pribadi.

Sebenarnya manfaat mempelajari seni budaya tidak hanya menjadikan hidup lebih indah, tetapi banyak manfaat lain yang bisa diperoleh. Dengan menguasai seni budaya yang terpenting setiap orang dapat mengembangkan sikap toleransi dalam kehidupan masyarakat yang majemuk serta mengembangkan kemampuan imajinatif intelektual, ekspresi, kepekaan rasa dan keterampilan guna menerapkan teknologi dalam berkreasi dan memamerkan hasil karya seninya.

Tak dapat dipungkiri seni selalu ada disekitar kita. Karena itu, ada baiknya Anda menggunakan seni untuk perkembangan kecerdasan anak. Berikut ini sejumlah manfaat bila anak belajar seni:

  1. Anak jadi lebih mudah menyerap masukan dan saran yang diberikan.
  2. Kepekaan terhadap alam menjadi lebih baik karena terbiasa membuat sesuatu yang indah.
  3. Memberikan kesenangan dan dapat membantu buah hati mempelajari berbagai ketrampilan yang perlu dikuasai, atau sesuatu dengan bakat mereka.
  4. Membantu anak mengekspresikan dan mengembangkan kreatifitasnya dengan bebas.
  5. Anak mampu mengendalikan emosi, perasaan sedih atau senang. Emosi itu dapat di curahkan melalui karya seni yang mereka hasilkan.
  6. Imajinasi anak bisa berkembang lewat karya yang dihasilkan.
  7. Membangun perasaan pada anak dan memberi banyak pengalaman seni kreatif.
  8. Apresiasi mereka terhadap keindahan akan tumbuh dan berkembang dalam dirinya. Kalau kepekaan itu sudah tumbuh, anak bisa menghasilkan karya yang bagus.
  9. Pendidikan seni bisa memberi pengaruh positif dalam hal persepsi emosi anak.

Nah, itu alasan mengapa belajar seni penting.

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
Lencana
Kongkow