Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Manfaat Dibalik Mengkonsumsi Kacang-Kacangan

Manfaat Dibalik Mengkonsumsi Kacang-Kacangan

- Senin, 03 Desember 2018 | 09:28 WIB
Manfaat Dibalik Mengkonsumsi Kacang-Kacangan

Kacang sangat bermanfaat bagi tubuh kita, karena kacang mengandung banyak gizi didalamnya dan juga rendak kalori. Oleh karena itu, kita harus banyak mengkonsumsi kacang-kacangan. Misalnya kacang polong dapat memenuhi vitamin dan mineral yang ada didalam tubuh kita, kacang merah dan kacang kedelai berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berikut beberapa alasan kenapa kita harus banyak mengkonsumsi kacang-kacangan:
1. Kacang mengandung sumber vitamin B

Memang tumbuhan yang satu ini sangat banyak mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita, misalnya kandungan Vitamin B pada kacang dapat menjaga kesehatan sel-sel otak yang dapat meningkatkan tingkat konsentrasi. Tidak hanya itu saja vitamin B juga bermanfaat bagi kesehatan kulit, pencernaan, dan juga bisa membuat kulit halus dan cerah.

2. Kacang mengandung sumber kalsium
Kacang sangat baik dikonsumsi karena kacang mengandung kalsium yang banyak, hal ini berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, otot, dan gigi Anda. Itulah alasan kenapa para wanita harus mengkonsumsi kacang, karena bisa mencegah penyakit arthritis yang biasa terjadi pada wanita.

3. Kacang mengandung sumber kalium
Kacang juga kaya akan kalium yang bermanfaat untuk kesehatan jantung kita. Sebuah riset kesehatan menyatakan bahwa kalsium yang terkandung didalam kacang dapat mengurangi resiko penyakit stroke sampai 20 %, tidak hanya itu saja, kalsium juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol yang menjadi penyebab penyakit jantung.

4. Kacang mengandung sumber protein
Bagi vegetarian mereka banyak mengonsumsi jenis kacang-kacangan, karena kacang mengandung kaya zat protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, kacang juga merupakan sebagai sumber protein mereka. Misalnya seperti kacang kedelai, kacang merah, serta kacang hijau.

5. Kacang mengandung sumber zat anti-oksidan
Kacang juga mengandung zat anti-oksidan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan juga vitamin C pada kacang dapat menjaga sisitem kekebalan tubuh.

Itulah beberapa manfaat yang dihasilkan dengan mengkonsumsi kacang-kacangan. Jadi mulai sekarang kita bisa sering-sering mengkonsumsi kacang-kacangan agar kita mendapatkan beragam manfaatnya bagi kesehatan.

Cari Artikel Lainnya