0
10
0
Manfaat Sehat Jus Semangka yang Perlu di Ketahui
1 week 'ago'

Semangka merupakan buah segar dengan rasa daging yang manis menempel pada bagian dalam kulit yang tebal. Permukaan luar buah yang mendapat nama ilmiah Citrullus lanatus ini berwarna hijau muda dengan motif garis menyerupai gelombang memanjang, tekstur halus tapi keras. Asal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Merupakan buah yang berkerabat dengan timun dan melon, mungkin itu sebabnya semangka berbahasa inggris Watermelon.

Buah ini memang mengandung kadar air yang cukup tinggi sehingga mampu memenuhi asupan cairan yang diperlukan oleh tubuh. Tidak hanya enak dikonsumsi secara langsung, buah semangka juga bisa diolah menjadi jus yang menyegarkan. Nah, di balik rasa jus semangka yang menyegarkan ternyata ada banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat jus semangka bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui:
1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jus semangka juga bisa membantu Anda menjaga kesehatan jantung. Di dalam jus semangka dipercaya mengandung nutrisi dan senyawa yang membantu meningkatkan kinerja jantung menjadi optimal.

2. Menyehatkan Tulang
Salah satu manfaat jus semangka adalah dapat menyehatkan tulang. Hal ini dikarenakan jus semangka mengandung mineral berupa kalsium dan kalium yang berperan mempertahankan kepadatan tulang, menguatkan tulang serta mencegah osteoporosis.

3. Sumber Antioksidan Alami
Jus semangka mengandung antioksidan yang baik yang mampu mencegah radikal bebas serta menjaga kesehatan kulit sehingga kulit Anda tampak awet muda.

4. Mencegah Dehidrasi
Jus semangka adalah minuman yang sangat menyegarkan karena pada dasarnya buah semangka mengandung kadar air yang tinggi. Dengan inilah maka jus semangka mampu membantu menghilangkan dahaga serta mencegah dehidrasi.

5. Menyehatkan Organ Pencernaan
Mengkonsumsi jus semangka ternyata juga dapat menyehatkan organ pencernaan. Kandungan serat di dalamnya akan membantu sistem pencernaan menjadi lancar sehingga akan menghindari Anda dari berbagai masalah seperti susah BAB, sembelit hingga wasir.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Zat antioksidan yang terkandung di dalam buah semangka terdiri dari kombinasi antara vitamin C dan flavonoid. Nah, kandungan zat antioksidan ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh Anda akan terhindar dari segala penyakit.

Nah itulah beberapa manfaat mengkonsumsi jus semangka bagi kesehatan tubuh. Jadi, jangan ragu untuk membuat jus semangka dan dapatkan manfaatnya.

 

Follow Us On :
Lencana
Kongkow