999 +
0
38
0
Tips menjadi siswa favorit dan membanggakan di mata guru sekolah
2 weeks 'ago'

Menyenangkan hati seorang guru tak harus dengan dianugerahi banyak sekali prestasi dan memenangkan banyak lomba serta piala. Kamu tetap bisa menjadi kesayangan guru di sekolah dengan menjadi siswa membanggakan melalui beberapa tips berikut ini:

1. Hormatilah gurumu
Tunjukkan sikap hormat jika ingin agar guru-gurumu merasa senang. Kamu akan langsung diperhatikan dan menjadi siswa favorit mereka. Coba lakukan hal-hal berikut:
a. Jangan suka mengganggu di dalam kelas. Jangan mengirim pesan kepada teman, mengobrol, bergurau, atau berjalan-jalan di dalam kelas saat guru sedang menjelaskan.
b. Hadirlah di kelas pada waktunya (tepat waktu atau bahkan lebih awal) dan jangan bolos, tentunya.
c. Bersikaplah sopan saat berbicara dengan guru. Sapalah dengan sebutan bu atau pak dan biasakan mengucapkan salam, tolong, dan terima kasih. Ucapkan kata-katatersebut dengan bersungguh-sungguh agar mereka tidak menganggapmu tidak menghormati mereka.

2. Ajukanlah pertanyaan
Para guru biasanya senang jika ada siswa yang bertanya dengan beberapa alasan. Pertama, hal ini menunjukkan bahwa kamu memperhatikan. Kedua, kamu tertarik dan suka dengan pelajaran mereka, walaupun mungkin tidak suka. Ajukanlah pertanyaan jika ada yang ingin kamu tanyakan agar mereka semakin menyukaimu. Akan tetapi, ingatlah, jangan bertanya tentang hal-hal yang tidak berguna. Jangan mengajukan pertanyaan sekadar agar punya pertanyaan yang bisa diajukan. Hal ini akan membuat gurumu kesal dan ia akan berpikir bahwa kamu hanya ingin mencari perhatian.

3. Mintalah bantuan
Mungkin kamu berpikir bahwa minta bantuan guru akan membuat mereka marah sebab kamu akan terkesan bodoh. Hal ini tidak benar sama sekali. Kamu akan terlihat cerdas dan guru akan senang jika kamu minta bantuan. Dengan bertanya, ia akan melihat bahwa kamu mau belajar dengan giat dan ingin lebih mengerti apa yang ia jelaskan. Selain itu, ia akan bangga karena kamu mau berinisiatif meminta bantuan.

4. Jadilah siswa yang suka menolong
Jangan hanya menjadi siswa yang bebas masalah, tetapi berusahalah membuat suasana kelas terasa lebih nyaman. Jadilah pembawa solusi jika ada masalah. Kamu bisa melakukan beberapa cara berikut:
a. Mengingatkan teman-teman agar mereka mematuhi peraturan di dalam kelas tanpa memerintah atau bersikap kasar.
b. Jika terjadi perkelahian, temuilah guru yang ada di lokasi terdekat atau cobalah hentikan atau cari cara lain yang paling tepat.
c. Membantu guru membereskan kertas, buku-buku, membuat fotokopi, membantu siswa lain yang ingin bertanya, atau dengan cara lain.
d. Membantu teman yang sedang menghadapi masalah. Jika ada teman yang sedang kesal, cobalah membantunya. 

5. Belajarlah dengan giat
Selesaikan PR pada waktunya. Ikutilah bimbingan belajar dan mintalah bantuan setidaknya dua minggu sebelum tes, jangan menunggu sampai tinggal 2 atau 3 hari lagi dan buatlah catatan. Jika guru-guru melihatmu bekerja keras, walaupun kamu bukan siswa yang paling cerdas dan tidak mendapat nilai terbaik, mereka akan tetap menyukaimu. Sudah siap menjadi siswa membanggakan favorit guru?

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
Lencana
Kongkow