0
34
0
Jangan Lulus Kuliah Sebelum Kamu Kuasai 5 Bekal Ini
2 weeks 'ago'

Kuliah bisa dibilang merupakan fase penentuan masa depan lho. Beda dengan masa sekolah, kuliah punya tanggung jawab yang lebih besar. Kamu gak hanya bertanggung jawab ke orangtua saja, tapi juga ke diri sendiri. Oleh karena itu, selain hard skills yang kamu pelajari di kelas, ada juga beberapa bekal yang harus kamu kuasai demi masa depan yang lebih baik. Karakter, keterampilan dan kompentensi itu penting banget. Kalau keterampilan akademis kamu dapat di kampus, keterampilan lunak atau soft skills ini bisa jadi gak akan kamu temukan di dalam kelas perkuliahan, guys. Nah, sebelum terlambat, berikut ini beberapa soft skills yang harus kamu pelajari.

1. Berkarakter baik

Jangan Lulus Kuliah Sebelum Kamu Kuasai 5 Bekal Ini 

Kompetensi akademis yang kamu dapatkan selama masa pendidikan di perkuliahan memang mampu membantu kamu jadi seorang profesional. Tapi, kalau kamu pintar cuma gak punya karakter yang baik, pasti orang-orang juga gak akan respect lagi. Nah, kualitas karakter unggulan untuk abad 21 di antaranya punya rasa ingin tahu, berinisiatif, berdaya juang, adaptif, berjiwa pemimpin, serta memiliki kesadaran sosial dan budaya.

2. Punya jiwa pemimpin

Jangan Lulus Kuliah Sebelum Kamu Kuasai 5 Bekal Ini 

Entah kamu sadari atau tidak, tapi jiwa kepemimpinan itu adalah poin penting yang seharusnya dimiliki oleh semua orang. Soalnya, setiap orang adalah pemimpin bagi dirinya sendiri. Kalau kamu sudah bisa memimpin dirimu sendiri dengan baik, maka kamu akan memotivasi orang lain mencapai hal besar yang belum terpikirkan sebelumnya. Termasuk dalam skills kepemimpinan ini adalah membangun visi, berkomunikasi dan memotivasi. Sebab, pada dasarnya pemimpin adalah orang yang bisa membuat orang lain untuk setuju dan mau bergabung dalam visinya.

3. Peka terhadap sesama

Jangan Lulus Kuliah Sebelum Kamu Kuasai 5 Bekal Ini 

Masa perkuliahan juga merupakan salah satu waktu terbaik untuk mengabdikan diri ke masyarakat. Sebelumnya harus dipahami kalau kamu kuliah itu bukan hanya untuk dirimu sendiri. Sedikit banyak, kamu juga punya tanggung jawab kepada masyarakat. Sering peka terhadap sesama pun bisa mengasah pemikiran kritis dan kemampuan kreatif memecahkan masalah lho. Dua skill yang benar-benar penting di dunia kerja. Pengalaman ini kadang jadi track record kamu juga untuk bekal pendidikan lanjutan loh.

4. Adaptif terhadap perubahan

Jangan Lulus Kuliah Sebelum Kamu Kuasai 5 Bekal Ini 

Hidup ini penuh dengan ketidakpastian. Sehingga satu-satunya yang pasti di hidup ini adalah ketidakpastian. Memang terdengar klise, namun ini adalah fakta yang harus diterima oleh semua orang. Untuk itu kamu sebaiknya adaptif dan merespon baik setiap perubahan yang terjadi. Namun, bukan berarti kamu lupa dengan nilai-nilai positif ya, guys.

5. Etos kerja yang kuat

Jangan Lulus Kuliah Sebelum Kamu Kuasai 5 Bekal Ini 

Secara sederhana, etos kerja adalah kemampuan untuk menyelesaikan tugas tepat waktu dengan kualitas tinggi. Etos kerja ini begitu penting, sebab menandakan satu hal yakni kemampuan dan keinginan untuk terus belajar dan meningkatkan kualitas diri. Sehingga gak jarang perusahaan lebih memilih orang dengan etos kerja yang kuat daripada orang pintar yang malas.

Itu dia lima soft skills yang harus kamu pelajari sebelum lulus kuliah. Memang sih cukup membingungkan harus belajar dari mana soft skills tersebut.

Kamu bisa kok ikut program Djarum Beasiswa Plus. Kenapa? Soalnya program beasiswa ini gak cuma menawarkan dana beasiswa . Tapi, juga beragam soft skills selama 1 tahun program seperti Character Building dan Leadership Developmentguys. 

Buat kamu yang belum tahu, program Djarum Beasiswa Plus ini punya visi membantu menyiapkan mahasiswa dan mahasiswi menjadi calon pemimpin bangsa yang cakap secara inteligensia dan emosional. Program beasiswa ini juga mendorong para pesertanya menjadi pelaku aktif keragaman bangsa program Nation Building.

Jangan Lulus Kuliah Sebelum Kamu Kuasai 5 Bekal Ini 

Buah dari pembekalan tersebut adalah terselenggaranya pergelaran seni kolosal “Jejak Kirana Nusantara” yang dilaksanakan Selasa (25/9/2018). Pergelaran ini pun jadi tantangan tersendiri bagi para Beswan Djarum (penerima Djarum Beasiswa Plus) dari 34 provinsi. 

Mengingat mayoritas dari mereka sama sekali gak punya latar belakang sebagai penari, penyanyi, atau pemain teater profesional. Namun, kemauan yang keras dan bekal soft skills dari Djarum Beasiswa Plus membuat mereka yakin dapat memberikan yang terbaik. Hasilnya? Salah satu pertunjukan seni terbaik yang pernah dilakukan oleh anak-anak muda Indonesia. Jadi, buat kamu yang ingin mempersiapkan diri untuk masa depan, yuk simak program Djarum Beasiswa Plus!

Follow Us On :
Lencana
Kongkow