0
27
0
6 Sikap Guru Ini yang Buat Siswa Jengkel, Apa Saja Ya?
2 weeks 'ago'

Guru sebagai elemen penting dalam pendidikan tentunya akan menjadi panutan bagi siswanya. Namun, pada hakikatnya guru adalah manusia, kadang melakukan kesalahan atau tindakan yang menjengkelkan.

Berikut beberapa sifat guru yang menjengkelkan siswanya.

1. Tiba-tiba Ulangan

6 Sikap Guru Ini yang Buat Siswa Jengkel

“Ya. Anak-anak keluarin kertasnya, kita langsung mulainya ulangan hari ini!” Kata-kata ini akan menjadi gendang yang keras bagi telinga siswa. Bagaimana tidak, ulangan atau tes ini tiba-tiba saja diadakan oleh guru. Bila diprotes oleh murid, guru akan menyangkal dan memberi waktu beberapa menit untuk belajar. Mana bisa bapak atau ibu guru huhuhu.

2. Suka Bercerita

6 Sikap Guru Ini yang Buat Siswa Jengkel

Guru yang satu ini suka memberi tugas latihan di kelas, tapi bukan hanya itu, mereka juga akan bercerita sembari kalian mengerjakan tugas itu. Kalau sudah mulai, hati-hati ya, mendingan kalian tetap konser kerjain tugasnya, karena kalau sudah selesai ceritanya, “Bagaimana? Sudah selesai?” kalau dijawab belum, “Dari tadi ngapain aja, tugas kok nggak selesai-selesai?”

3. Tidak Mau Mengalah

6 Sikap Guru Ini yang Buat Siswa Jengkel

Yang satu ini paling menjengkelkan. Bila guru salah menyebutkan sesuatu dalam materi atau bahan yang diajarkan, mending nggak usah kamu koreksi, biarkan waktu yang menjawab aja. “Jadi kemerdekaan Indonesia itu tanggal 17 Agustus 1845”, kata si guru. “Pak, bukannya 17 Agustus 1945?”, lalu dijawab sang guru “Memang iya kan? 1945. Kamu kemana aja? Makanya, saya didengarin jangan melamun terus!” Kemudian kelas hening.

4. “Tidak Akan Saya Gigit”

6 Sikap Guru Ini yang Buat Siswa Jengkel

Setelah mengajarkan materi guru akan memberi kesempatan untuk siswanya bertanya. Apabila tidak ada pertanyaan, guru akan menggunakan kalimat ini untuk memancing pertanyaan. Namun, jangan sampai salah tanya, nanti malah seperti ini, “Kamu ini, gitu aja nggak bisa, saya dari tadi capek ngomong di depan sini!”

5. Tidak Ditanya, Balik Bertanya

6 Sikap Guru Ini yang Buat Siswa Jengkel

Ini berkaitan dengan nomer 4, kamu merasa nggak ada pertanyaan setelah guru menjelaskan materi? Apalagi sekelas malah memilih diam? Guru akan langsung berbalik bertanya tentang materi tersebut. Siap-siap ditunjuk deh!

6. Berpihak?

6 Sikap Guru Ini yang Buat Siswa Jengkel

Guru yang satu ini biasanya memilih siswa-siswa yang menurutnya rajin dan pintar. Bila siswa rajin yang terlambat, biasanya akan dipersilahkan masuk tanpa diberi wejangan terlebih dahulu. Namun, kalau yang dianggap kurang rajin, langsung diberi “pelajaran tambahan”.

Dari sifat-sifat di atas, nomor berapa yang sering kejadian di kelasmu? Namun, guru juga manusia, jadi dimaklumin saja!

Follow Us On :
Lencana
Kongkow