999 +
0
27
0
Tips Belajar Fisika; Ternyata Fisika Itu Menyenangkan
2 weeks 'ago'

belajar Fisika” atau “Susah banget sih pelajaran fisika” atau “Gimana sih biar bisa ngerti Fisika?” Ketika kita mendengar kata ‘FISIKA’ satu hal yang terlintas langsung terlintas di pikiran yaitu, ‘SUSAH’. Tapi kenyataannya itu hanyalah proyeksi dan adaptasi dari otak kita karena kita selalu beranggapan bahwa fisika itu rumit, sulit, dan membuat otak kita melilit. Guru kimia saya pernah berkata seperti ini, “jangan bilang kalau kimia itu sulit. Tapi tidak apa – apa kita bilang kalau kimia itu tidak terlalu mudah.” Begitu pun dengan fisika. Jangan pernah menganggap fisika itu sulit, tetapi tidak apa – apa kita anggap fisika itu tidak terlalu mudah. Katakanlah, “Soal ini memang tidak mudah. Tapi insya Allah saya bisa.” Berikut saya akan memberikan beberapa tips agar belajar fisika menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

1. Pahami identitas materi yang akan di pelajari

Sebelum kita belajar fisika, akan lebih baik jika kita berkenalan lebih dahulu tentang materi apa yang akan kita pelajari. Kita harus tahu manfaat dari mempelajari materi tersebut dan bagaimana aplikasinya dalah kehidupan sehari – hari. Kita dapat mencari tahu informasi tentang materi tersebut baik dari buku, internet, maupun dari teman kita. Ingat, semakin banyak kita mengetahui informasi tentang musuh kita, maka semakin mudah kita menaklukannya dalam pertempuran.

2. Cari relasi antara materi yang akan dipelajari dengan materi sebelumnya

Terkadang ketika kita memasuki materi baru dalam fisika, kita melupakan materi sebelumnya yang telah kita pelajari padahal ada keterkaitan yang kuat antara suatu materi dengan materi lain dalam fisika. Hal tersebut menjadikan kita sulit untuk memahami materi baru dengan sempurna. Jika ada soal yang menyangkut mengenai dua materi fisika, maka kita tidak akan dapat mengerjakan soal tersebut. Pewngalaman adalah guru yang paling berharga. Jadi jangan pernah melupakan hal – hal yang dsebelumnya telah kita pelajari.

3. Pahami Konsep

Dalam fisika, jangan terlalu sering menghafal. Namun sering – seringlah berlatih memahami suatu konsep fisika. Misalnya bagaimana asal rumus Ep=m.g.h  dan rumus – rumus lainnya. Hal tersebut dapat membantu kita untuk mengerjakan soal – soal yang telah dimodifikasi sehingga rumus – rumus yang kita gunakan pun harus dimodifikasi misalnya penjabaran vektor gaya, Fx= F cos a dan sebagainya.

4. Pahami materi dengan mengerjakan soal

Agar rumus – rumus dan konsep – konsep fisika yang telah kita pelajari tidak hilang begitu saja maa sering – seringlah berlatih mengerjakan soal. Mulailah dari soal yang mudah dan secara bertahap naikkan tingkat kesulitan soal. Perbanyaklah frekuensi latihan mengerjakan soal. Semakin banyak soal yang berhasil kita kerjakan, maka akan semakin berkembang kemampuan kita untuk memecahkan soal – soal yang lebih beragam. Percayalah, ketika kita berhasil memecahkan suatu soal fisika, maka akan muncul suatu kebanggaan dalam diri kita apa lagi jika kita berhasil memecahkan soal yang rumit. Dan jika kita belum berhasil memecahkan suatu soal, akan muncul keinginan dari diri kita untuk mencari tahu penyelesaian soal tersebut. Hal itu akan memacu semangat kita untuk terus berusaha berlatih memecahkan soal fisika.

5. Ubah paradigma tentang fisika

Ubah pandangan bahwa belajar fisika itu sulit. Mulailah dengan berpikir bahwa belajar fisika itu penting. Setelah tertanam, mulaliah berpikir bahwa belajar fisika itu tidak sulit. Lanjutkan dengan menanamkan pemikiran bahwa belajar fiska itu menyenangkan dan akhirnya, tanamkanlah di dalam hati bahwa’ “Saya ingin belajar fisika”. Dengan otak akan merespon lebih baik pada materi – materi fisika yang disampaikan oleh guru. Kita tentunya akan lebih memilih makanan  yang kita suka, bukan? Anggaplah fisika adalah nasi, makanan pokok, dalam sekolah dan berusahalah untuk menyukainya sehingga kita akan menerima fisika itu sendiri.

6. Jangan putus asa

Untuk memahami materi fisika memang tidak mudah. Tapi juga tidak sulit. Kita hanya butuh kemauan dan usaha yang pantang menyerah. Jika kita belum bisa memahami suatu materi, maka jangan menyerah untuk belajar. Jika kita terus berusaha pasti cepat atau lambat materi itu bisa kita kuasai. Jangan lupakan do’a pula. Usaha yang keras juga harus disertai do’a yang ikhlas agar kita diberi kemudahan dan kekuatan untuk menaklukan materi – materi fisika.

Mungkin hanya ini tips yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca dan dapat memacu semangat belajar di sekolah terutama untuk pelajaran Fisika. Tidak ada musuh yang tidak bisa dikalahkan jika kita mau berusaha dan percaya pada diri kita sendiri.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow