0
36
0
9 Fenomena Aneh Ini Sering Terjadi Saat Tidur, Kenapa ya?
2 weeks 'ago'

Tidur adalah kebutuhan pokok yang pasti dialami oleh setiap mahkluk hidup. selain itu sebagian orang-orang juga memilih untuk tidur saat pikiran mereka mulai penat. Dengan tidur tubuh dan otak akan beristirahat sejenak agar setelah kita bangun nanti tubuh dan pikiranmu akan terasa segar.

Tapi tahukah kalian, saat kita tidur, ada banyak hal yang dapat terjadi pada diri kita salah satunya mungkin pernah kalian alami seperti ngorok. Berikut beberapa kejadian aneh yang dapat terjadi saat sedang tidur.

1. Berbicara dalam tidur

9 Fenomena Aneh Ini Sering Terjadi Saat Tidur, Kenapa ya?

Mungkin kejadian ini lebih sering kita lihat pada anak-anak, sedangkan pada orang dewasa kejadian berbicara dalam tidur ini dapat terjadi sekitar 5 persen saja. Kejadian ini dikenal sebagai Somnilioquy.

Besar kecilnya suara kalian yang mengalami ini juga sangatlah berbeda-beda, ada yang sangat keras hingga yang berbisik-bisik. Untungnya hal ini tidak terjadi dengan waktu yang lama karena kejadian ini biasanya terjadi hanya 30 detik saja.

2. Sleep paralysis

9 Fenomena Aneh Ini Sering Terjadi Saat Tidur, Kenapa ya?

Terbangun tengah malam atau saat akan tidur tengah malam, namun tiba-tiba merasa ketakutan hingga tidak bisa menggerakan semua anggota tubuh dan untuk berbicara saja sangat susah. 

Jika kalian pernah mengalaminya, maka kalian sedang mengalami Sleep Paralysis. Namun kata orang tua jaman dulu sering dikenal dengan ditindih setan. Memang menakutkan, tapi ternyata ada penjelasan ilmiahnya lho.

Sebenarnya pada saat tidur, ada siklus-siklus tidur yang akan dimasuki namun semua itu akan mengarah ke siklus yang dikenal ddengan nama REM Sleep. REM atau Rapid Eye Movement  Sleep adalah siklus tidur di mana mata bergerak cepat ke berbagai arah. Pikiran kalian terbangun lebih dulu dibandingkan tubuh kalian.

Nah, jadi kalian tidak usah takut lagi jika mengalami kejadian seperti ini saat tidur karena memang tidak berbahaya. Hanya perlu tenang karena Sleep Paralysis akan berlahan-lahan hilang.

3. Mendengkur alias ngorok

9 Fenomena Aneh Ini Sering Terjadi Saat Tidur, Kenapa ya?

Sudah dipastikan kalian sudah sering melihat orang yang tidurnya ngorok, atau jangan-jangan malah kalian sendiri yang ngorok?

Jangan dulu marahin orang yang mencibirmu atau malu karena kalian ngorok karena jika kalian tidur ngorok itu berarti ada sesuatu yang salah terjadi pada kalian.

Suara mendengkur ini dapat terjadi karena adanya getaran pada jringan-jaringan pernapasan, selain itu pengaruh alkohol, medikasi, posisi tidur hingga masalah medis. Bahkan jika kalian ngoroknya terlalu keras maka ada kemungkinan kamu menderita penyempitan tenggorokan.

4. Kentut

9 Fenomena Aneh Ini Sering Terjadi Saat Tidur, Kenapa ya?

Antara sadar dan tidak sadar biasanya ada saja orang-orang yang melepaskan bom beracunnya saat tidur. Kentut saat tidur memang bisa terjadi karena saat tidur, semua bagian tubuh mulai terelasaksi termasuk otot di dubur kalian. Maka, secara tidak sengaja tubuh melepaskan satu hingga 2 gas beracun.

Namun karena saat tidur indera penciuman juga sedang dalam kondisi pasif, maka kalian tidak akan terganggu dengan baunya.

5. Sindrom kepala meledak

9 Fenomena Aneh Ini Sering Terjadi Saat Tidur, Kenapa ya?

Dilihat dari namanya pasti kalian bertanya-tanya "apaan ya maksudnya"? Fenomena yang satu ini memang agak asing di telinga kita.

Dikenal sebagai Exploding Head Syndrome, kejadian ini bukan berarti kepala kalian meledak saat tidur, melainkan hanya halusinasi suara yang kalian dengar saat tidur.

Pernahkah kalian saat tidur tba-tia mendengar suara yang sangat keras, seperti barang jatuh, teriakan, hingga suara ledakan? Bisa jadi kalian sedang mengalami fenomena ini. Namun kebanyakan orang yang mengalami fenomena ini adalah mereka yang berumur di atas 50 tahun.

6. Seperti mau jatuh

9 Fenomena Aneh Ini Sering Terjadi Saat Tidur, Kenapa ya?

Sepertinya fenomena tidur ini yang hampir setiap orang pernah mengalaminya. Fenomena ini dikenal dengan sebutan Hypnagonic Jerk di mana saat tidur tiba-tiba kalian terbangun karena sebuah perasaan syok atau kaget. Yang paling sering biasanya perasaan akan jatuh.

Fenomena ini biasanya terjadi karena kalian terlalu lelah, kekurangan tidur atau sedang stres. Hal ini dapat terjadi karena pikiran kita sudah memasuki keadaan tidur terlebih dahulu padahal tubuh kita masih dalam keadaan yang relatif aktif. Intinya otak kalian sudah tertidur duluan karena lelah namun tubuh kalian belum.

7. Menggertakan gigi

9 Fenomena Aneh Ini Sering Terjadi Saat Tidur, Kenapa ya?

Fenomena unik saat tidur berikutnya adalah menggeser-geserkan gigi atau menggertakan gigi yang mungkin jika didengar oleh orang lain, orang itu akan merasa ngilu. Fenomena yang dikenal dengan istilah medis bruxism ini dapat terjadi karena beberapa alasan, termasuk stress, gigi yang tidak teratur atau bisa juga kebiasaan tidur.

8. Tidur berjalan

9 Fenomena Aneh Ini Sering Terjadi Saat Tidur, Kenapa ya?

Mungkin satu-satunya fenomena tidur yang berbahaya adalah tidur berjalan atau sleepwalking. Penderita sleepwalking biasanya bangun dari tidur, namun sayangnya otak mereka tidak ikut bangun sepenuhnya sehingga tidak membuat penderita bangun seutuhnya.

Kondisinya berbeda dengan tubuh mereka yang dapat bergerak aktif. Penderita sleepwalking biasanya berperilaku berbeda-beda, dari berbicara, makan, hingga berkendara. Karena sangat berbahaya, maka penderita dianjurkan untuk konsultasi ke dokter jika mengalami hal ini.

9. Mimpi

9 Fenomena Aneh Ini Sering Terjadi Saat Tidur, Kenapa ya?

Sudah bisa dipastikan kalau fenomena satu ini sering dialami oleh kalian. Banyak sekali misteri tentang mimpi, ada yang percaya bahwa mimpi adalah pertanda bahwa sesuatu akan datang dimasa depan. 

Namun ada pula yang percaya kalau mimpi adalah sebuah cara otak untuk memproses ingatan-ingatan kita. Inilah sebabnya mengapa jika bermimpi kebanyakan kita akan melihat hal-hal yang pernah kita lihat.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow