0
34
0
4 Hal yang Harus Dilakukan Agar Mengerjakan Skripsi Tidak Kesulitan
2 weeks 'ago'

Mahasiswa tua atau mahasiswa tingkat akhir pasti akan bertemu dengan namanya skripsi. Skripsi adalah pintu untuk bisa wisuda dan lulus dari suatu universitas.

Kalau dengar kata skripsi, beberapa mahasiswa mungkin berpikir “pasti susah nih aduuuh gimana yaaa?” Tidak apa-apa berpikir seperti itu, namanya juga pemula dan ada pepatah yang mengatakan “ala bisa karna biasa”. Makanya, itulah gunanya belajar supaya kita tau benar kan? Jawab dalam hati aja hahahaha.

Nah, artikel kali ini mengenai hal-hal yang bisa kita lakukan supaya mengerjakan skripsi itu tidak menjadi beban. Buat mahasiswa yang udah semester tua, perlu baca artikel ini biar menambah referensi dalam mengerjakan skripsi.

Jangan malas untuk memulai

Supaya skripsi dapat selesai tepat waktu, maka jangan pernah malas untuk memulai. Harus ada niat. Jangan pernah menunda untuk mulai menulis skripsi. Ingat, semakin cepat kamu memulainya, akan semakin cepat kamu menyelesaikannya.

Memang tidak mudah untuk memulai melakukan sesuatu. Maka dari itu, kita harus memiliki tujuan, motivasi, dan semangat untuk melakukannya. Mengerjakan skripsi mungkin tidak menyenangkan. Akan tetapi, percayalah, ketika kita mampu menyelesaikannya, kita akan merasa lega dan mungkin bangga terhadap diri kita atas hasil yang diperoleh.

Jadi, sudah siapkah kamu untuk memulainya?

Kerjakan skripsimu secara rutin

Kerjakan skripsi secara rutin

Bila perlu, buat jadwal khusus setiap harinya untuk mengerjakan skripsi. Tapi, ingat, kamu harus menepati jadwal-jadwal yang sudah kamu buat. Contohnya, satu hari kamu mengerjakan skripsimu selama 5 jam. Ini akan membantu kamu untuk tetap mengerjakannya.

Ketika sekali saja kamu tidak mengerjakan skripsimu, bisa saja kamu akan ketagihan untuk mengulang kembali dan hal ini akan membuatmu semakin lama untuk lulus. Kalau udah begini, ya sudah, terimalah nasib menjadi mahasiswa abadi, hehehhehhe.

Eits, tapi tunggu dulu, saking sibuknya kamu membuat skripsi, tidak ada salahnya buat kamu untuk refreshing sejenak. Misalnya, melakukan hobi kamu untuk menenangkan diri sejenak.

Pasanglah Targetmu Sendiri

Nah, hal ini memang sangat perlu. Coba deh, tanyakan pada dirimu sendiri, kapan kamu mau lulus? Seperti halnya ketika kita baru tamat SMA, pasti kita akan buat target. Misalnya, mau kuliah dimana atau memilih untuk kerja setelah lulus?

Ketika kita sudah menyusun target, kita harus berusaha untuk memenuhinya. Jangan buat target tapi ujung-ujungnya hanya khayalan. Dengan begitu, pastinya kita akan lebih termotivasi untuk mengerjakan skripsi secara lebih teratur.

Berani Bertanya

Berani bertanya kepada dosen pembimbing

Hal ini juga perlu kita ketahui bahwa kita tidak sendirian mengerjakan skripsi. Ada dosen pembimbing yang bertugas untuk memandu kita. Oleh karena itu, sering-seringlah berjumpa dengan dosen pembimbingmu. Semakin sering berjumpa, semakin sering juga kamu memperbaiki skripsimu sesuai dengan arahan dosen. Jangan malu bertanya sebab ada pepatah yang mengatakan “malu bertanya, sesat di jalan”.

Akan tetapi, jika dosen pembimbingmu adalah tipikal dosen yang susah dijumpai, maka usahakan untuk memanfaatkan setiap pertemuan semaksimal mungkin untuk kelancaran pembuatan skripsimu.

Nah, itu dia 4 hal yang perlu dilakukan supaya mengerjakan skripsi tidak menjadi beban. Semangat buat kamu mahasiswa akhir yang sekarang lagi sibuk membuat skripsi.

Semoga artikel ini dapat membuat teman-teman lebih termotivasi lagi dalam mengerjakan tugas akhir. Salam sukses untuk semua mahasiswa yang pastinya akan sukses.

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
Lencana
Kongkow