Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Manfaat Sehat dari Beras Merah yang Harus Diketahui

Manfaat Sehat dari Beras Merah yang Harus Diketahui

- Selasa, 27 November 2018 | 08:50 WIB
Manfaat Sehat dari Beras Merah yang Harus Diketahui

Beras adalah makanan pokok orang Indonesia, karena kandungan karbohidratnya mampu menahan lapar selama beberapa jam. Beras dibedakan menjadi 2 yaitu beras putih dan beras merah. Umumnya masyarakat menggunakan beras putih sebagai sumber pokok energi mereka. Namun disisi lain, beras merah justru jarang dipakai untuk dikonsumsi. Beras merah memang lebih mahal harganya dibandingkan dengan beras putih. Namun tahukah Anda bahwa manfaat beras merah begitu banyak untuk kesehatan tubuh? Salah satu manfaat beras merah adalah untuk mengurangi jumlah gula darah, karena beras merah memiliki jumlah indeks glikemik rendah dan beras merah adalah makanan yang baik untuk tubuh. Kandungan yang terdapat dalam beras merah seperti vitamin B lengkap dan kaya serat yang sangat bagus untuk pencernaan.

Berikut beberapa manfaat beras merah bagi kesehatan:
1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat tinggi di dalam kandungan beras merah inilah sangat baik dalam menjaga kesehatan pencernaan. Seperti misalnya membantu melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit. Bukan hanya itu saja kandungan serat juga sangat baik dalam menjaga dan melancarkan metabolisme dalam tubuh. Maka dari itulah mulai dari sekarang untuk dapat mengonsumsi beras merah untuk menjaga kesehatan jangka panjang.

2. Menangkal Radikal Bebas
Hal ini dikarenakan beras merah kaya akan antioksidan. Antioksidan dalam beras merah berasal dari mineral, magnesium dan zat besi yang terdapat dalam satu biji beras merah. Sehingga beras merah sangat baik dikonsumsi untuk mencegah kanker, penuaan dini dan gangguan kesehatan lainnya yang disebabkan karena virus yang berusaha mneyerang tubuh.

3. Kesehatan Tulang
Dalam beras merah terdapat kandungan magnesium yang sangat baik menjaga kepadatan tulang. Cara mengkonsumsi beras merah yang paling mudah adalah dengan memasaknya menjadi nasi, dan Anda juga bisa menambahkan beberapa sayuran dan lauk yang melengkapi kesempurnaan beras merah untuk menjaga kesehatan tulang Anda.

4. Mengurangi Kadar Gula Darah
Beras merah memiliki kandungan glikemik rendah dan menghasilkan insulin, sehingga mengkonsumsi beras merah sangat baik bagi penderita diabetes. Anda bisa mengkonsumsi beras merah dengan menanaknya agar menjadi nasi sebagai menu utama makanan Anda. Tidak diajurkan bagi Anda yang memiliki gula darah tinggi untuk mengkonsumsi beras putih, karena beras putih memiliki angka glikemik tinggi.

5. Menahan Lapar Lebih Lama
Kandungan vitamin B lengkap atau kompleks dan vitamin B6 dalam beras merah mampu membuat Anda kenyang lebih lama. Sehingga beras merah bagus untuk mereka yang sedang dalam program diet sehat. Dengan mengkonsumsi beras merah dipagi hari akan membuat perut Anda nyaman karena terhindar dari rasa lapar untuk beberapa jam lamanya, berbeda dengan nasi putih yang hanya menahan lapar untuk beberapa waktu saja.

Begitu banyak manfaat beras merah untuk kesehatan tubuh kita. Dengan rajin mengkonsumsi beras merah sebagai pengganti beras putih bisa menjaga kesehatan kita.

 

Cari Artikel Lainnya