Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Inilah 7 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Inilah 7 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

- Selasa, 27 November 2018 | 08:43 WIB
Inilah 7 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Mangga merupakan buah yang memiliki rasa dan aroma yang khas, ketika matang buah ini terasa manis dan nikmat. Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis mangga, diantaranya mangga gadung, mangga manalagi, mangga arum manis, mangga telur dan lain sebagainya. Namun, jenis mangga yang banyak disukai oleh masyarakat adalah mangga manalagi, gadung dan arum manis. Ketiga jenis mangga tersebut mempunyai rasa manis dengan daging buah yang tebal.

Di dalam buah mangga terdapat kandungan nutrisi berupa karbohidrat sebanyak 25 gr, gula sebanyak 23 gr, serat sebanyak 3 gr, kalori sebanyak 100 gr, protein sebanyak 1 gr, kandungan lemak sebanyak 0,5 gr, memiliki vitamin C sebanyak 100% dari kebutuhan hari, memiliki kandungan vitamin B6 sebanyak 10%, memiliki kandungan vitamin A sebanyak 20%, serta mempunyai kandungan vitamin K dan potassium sebanyak 8%. Selain itu, di dalam buah mangga juga terdapat sumber mineral berupa kalsium, zat besi, mangan serta terdapat kandungan nutrisi lainnya seperti betakaroten, zeaxathin dan antioksidan. Oleh karena itu, jangan heran jika buah ini disebut-sebut mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut manfaat buah mangga untuk kesehatan tubuh:
1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Mangga mempunyai kandungan vitamin C yang melimpah. Jika terserap oleh tubuh kandungan vitamin C tersebut berperan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan cara membantu meningkatkan produksi sel darah putih untuk memerangi penyakit yang masuk di dalam tubuh.

2. Menguatkan Tulang
Di dalam buah mangga juga ditemukan kandungan sejumlah mineral, seperti kalsium yang mempunyai fungsi untuk menguatkan tulang, menjaga kepadatan tulang dan dapat memperbaiki struktur tulang. Dengan demikian, tulang akan menjadi kuat dan terhindar dari resiko terkena osteoporosis.

3. Mencegah Anemia
Tidak hanya kalsium, di dalam buah mangga juga terdapat kandungan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu pembentukan sel-sel darah merah agar tubuh terhindar dari masalah anemia atau kurang darah.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan
Mangga merupakan salah satu jenis buah yang mempunyai serat pangan yang cukup banyak. Kandungan serat pangan tersebut berguna untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga organ-organ pencernaan menjadi tetap sehat dan terhindar dari resiko terkena masalah gangguan pencernaan.

5. Penangkal Aneka Jenis Kanker
Kanker menjadi salah satu penyakit pembunuh terbesar bagi umat manusia. Mengkonsumsi buah mangga dapat membantu tubuh menangkal berbagai jenis kanker seperti kanker usus besar, payudara serta prostat. Ini dikarenakan, buah mangga mengandung senyawa penting yaitu quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat serta methilgallat.

6. Menangkal Radikal Bebas
Buah mangga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Zat antioksidan tersebut berperan untuk menangkal radikal bebas, sehingga tubuh terhindar dari ancaman penyakit yang berbahaya seperti kanker kulit dan penyakit berbahaya lainnya.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol
Membiarkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh terus meningkat tentu berdampak buruk bagi tubuh. Solusinya yaitu dengan menyediakan buah mangga di daftar menu makanan Anda. Kandungan serat yang cukup tinggi, pectin serta vitamin C dalam mangga sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda.

Jika bosan mengkonsumsi buah mangga secara langsung, konsumsilah buah ini dengan mengolahnya menjadi aneka hidangan yang nikmat seperti jus mangga, puding mangga, salad mangga, dan lain-lain. Penting untuk diketahui, meskipun baik untuk kesehatan tubuh buah mangga tetap harus dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Cari Artikel Lainnya