0
27
0
Inilah 10 Tips Menjadi Penulis Buku yang Sukses!
2 weeks 'ago'

Tahun baru menjadi sarana untuk memikirkan kembali tujuan kita dan cara mencapainya. Jika Anda ingin menjadi seorang penulis namun tidak tahu cara memulainya, berikut ada saran dari Mark Dawson, penulis asal Inggris yang sudah sukses menerbitkan puluhan buku. Inilah 10 tips menjadi penulis buku yang sukses:

Tulis cerita berseri

Lebih mudah memasarkan buku berseri. Para pembaca akan kembali lagi dan lagi untuk ‘bertemu’ dengan karakter yang mereka suka. Awalnya, Mark menulis cerita lepas di awal kariernya dan sangat sulik menarik perhatian pembaca. Ciptakan cerita berseri dengan tokoh yang membuat pembaca ingin tahu. Dengan begitu, mereka ingin selalu mengikuti perjalanan dan petualangan si tokoh utama hingga rela membeli buku-buku selanjutnya.

Membuat mailing list

Mengetahui cara untuk menjangkau pembaca merupakan hal penting. Menyatukan mereka melalui mailing list (milis) bisa dilakukan agar lebih dekat dengan pembaca. Anda juga bisa meminta krtitik dan saran dari mereka.

Beri sesuatu untuk pembaca

Beri hadiah untuk pembaca, misalnya buku gratis. Hal itu bisa membuat mereka ‘ketagihan’. Jika sudah begitu, mereka semakin semangat mengikuti milis kita dan penasaran dengan cerita terbaru yang akankita tulis.

Jawab surat-surat dari pembaca

Para pembaca itu sudah menyediakan waktunya untuk mengirimkan sesuatu kepada Anda, maka kita harus membalasnya. Mark Dawson sendiri rutin membalas ‘surat’ pembacanya di e-mail, Facebook dan Twitter. Memang memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk melakukannya, namun tidak ada salahnya berinteraksi dengan mereka.

Sampul buku yang menarik

Kita akan bersaing dengan penulis lainnya. Untuk itu, kita harus mempunyai sampul buku yang menarik agar orang-orang terpancing untuk melihat buku kita. 

Riset sebelum menulis buku

Kita bisa riset atau meminta bantuan ahli untuk memperdalam topik yang ingin kita tulis. Misalnya, jika ingin menulis tentang pembunuhan berencana, maka kita harus memahami motif dan strategi si pelaku. Kita juga harus mendeskripsikan bagaimana iamengeksekusi korbannya dan itu memerlukan riset yang mendalam. Jika plot cerita terasa tidak masuk akal dan mengada-ada, pasti pembaca tidak akan tertarik dengan buku kita.

Minta saran orang lain

Kita tidak bisa menilai buku kita sendiri – itu adalah kesalahan besar. Jika memiliki dana, sebaiknya sewa proofreaderyang bisa memberikan masukkan untuk cerita yang kita buat. Selain itu, kita juga harus berdiskusi dengan editor.

Tulis cerita yang kita dan pembaca suka

Kita harus mencoba menulis cerita yang kita sukai sekaligus tema yang sedang diminati pasar. Dengan begitu, buku yang kita tulis dengan sepenuh hati juga bisa dinikmati pembaca. Antusiasme kita saat menulis akan menular ke pembaca melalui halaman-halaman di buku kita.

Belajar dari penulis senior

Kunjungi forum-forum penulis atau datang ke seminar penulisan. Jangan ragu juga belajar dari pengarang buku lainnya.

Jangan berhenti menulis

Apa pun halangan yang menghambat, jangan berhenti menulis. Jika bisa, lakukan itu setiap hari. Luangkan waktu untuk menulis meskipun hanya satu paragraf atau 300 kata per hari. Dengan begitu, dalam setahun mungkin kita bisa menghasilkan sebuah novel. Lagipula, semakin terbiasa, maka semain baik juga tulisan kita.

Itulah 10 tips menjadi penulis buku yang sukses. Jadi, tunggu apa lagi?

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
Lencana
Kongkow