0
23
0
Bahaya! Pengharum dan Lilin Aromaterapi Mampu Sebabkan Kanker
3 weeks 'ago'

Apakah ruang tamu atau tempat tidur si kecil seringkali menggunakan pengharum ruangan atau lilin aromaterapi? Jika iya, sebaiknya hati-hati.

Seperti dikutip dari Daily Mail, penelitian terbaru menemukan bahwa pengharum ruangan dan barang sejenis seperti lilin aromaterapi, aerosol dan dupa rupanya bisa membahayakan kesehatan.

Profesor Alastair Lewis dari Pusat Nasional untuk Atmospheric Science di University of York melakukan penelitian pada enam rumah modern yang sama selama lima hari. Ia mengukur kadar berbagai bahan kimia organik yang mudah menguap dan menemukan serangkaian zat di udara, termasuk benzena dan alpha-pinene, zat yang digunakan di banyak produk pembersih.

Saat kontak langsung dengan udara bebas, molekul-molekul zat kimia tersebut bisa berubah dan bisa menghasilkan molekul kimia lain yaitu formaldehida.

Jika Anda belum tahu, bahan kimia formaldehida merupakan hal yang berpotensi mengubah struktur DNA sehingga memudahkan timbulnya sel-sel abnormal yang berkembang jadi penyakit kanker. Dampak dari formaldehida ini berkaitan dengan kankeer hidung dan tenggorokan, jika digunakan dalam jangka panjang, maka bisa menyebabkan tumor dan gangguan kesehatan paru-paru serta asma.

Jadi, jagan terlalu sering menggunakan barang-barang seperti yang sudah disebutkan di atas. Menjaga kesehatan keluarga merupakan hal yang terpenting daripada mengobati.

 

Follow Us On :
Lencana
Kongkow