999 +
0
26
0
Mempelajari Mengenai Tenaga Endogen Di Alam
3 weeks 'ago'

Alam merupakan suatu tempat yang sangat kaya akan sumber kebutuhan untuk memenuhi keperluan hidup makhluk hidup. Di alam bebas ini ternyata terdapat tenaga yang mana tenaga ini dapat memiliki dampak yang bermacam - macam bagi kehidupan makhluk hidup dan lingkugan. Tenaga yang dimiliki oleh alam ada tenaga endogen dan tenaga eksogen. Pada catatan kali ini akan mengajak kita bersama - sama untuk mengetahui mengenai tenaga endogen yang terdapat di alam. Sedangkan mengenai tenaga eksogen telah dibahas pada catatan sebelumnya.Beberapa pokok pembahasan yang akan disajikan dalam catatan kali ini mengenai pengertian dari tenaga endogen, pengaruh tenaga endogen, macam - macam tenaga endogen, dan hal - hal lain yang berkaitan dengan tenaga endogen yang terdapat di alam. Untuk dapat semakin memahami maka diusahakan untuk menyimak tulisan kali ini. Semoga isi yang disampaikan dalam tulisan kali ini dapat menambah perbendaharaan informasi teman - teman semua mengenai tenaga endogen yang terdapat di alam.

Pengertian dan sifat yang dimiliki oleh tenaga endogen

Pengertian dari tenaga endogen merupakan suatu bentuk tenaga yang berasal dari dalam bumi yang dapat menyebabkan perubahan pada bagian kulit bumi. Tenaga endogen ini dapat membuat bagian kulit bumi berubah bentuk dari bentuk semulanya. Dengan demikian bilamana tenaga endogen ini muncul atau timbul pada suatu wilayah maka dapat mempengaruhi lingkungan tempat hidup dari makhluk hidup. Perubahan dari lingkungan tempat hidup makhluk hidup ini tentunya juga akan memberikan pengaruh pada pola kehidupan dari suatu makhluk hidup. Dengan adanya perubahan lingkungan dan pola kehidupan dari awalnya maka otomatis akan menuntut makhluk hidup untuk menyesuaikan diri lagi dengan keadaan lingkungan yang telah mengalami perubahan dari bentuk aslinya. Bilamana makhluk hidup tidak dapat menyesuaikan diri dengan keadaan yang telah mengalami perubahan akibat dari timbulnya tenaga endogen maka makhluk hidup tersebut akan tidak bisa mempertahankan kehidupanya.

Tenaga endogen yang terdapat di alam ini juga memiliki sifat yang dapat memberikan dampak pada lingkungannya. Sifat yang dimiliki dari tenaga endogen ini yaitu membuat bumi memiliki bentuk yang tidak rata. Dengan keadaan yang seperti ini tentunya tenaga endogen dapat memberikan pengaruh pada kondisi bumi. Kondisi yang semulanya datar ketika timbul tenaga endogen menjadi berubah bentuk tidak datar lagi. Dengan adanya dari tenaga endogen yang dimiliki oleh bumi menyebabkan bumi memiliki bagian yang tinggi dan bagian yang rendah. Pada kenyataannya yang dapat dilihat oleh mata telanjang bagian bumi ada yang berupa gunung, bukit/ pegunungan yang menjulang tinggi. Selain itu ada bagian bumi yang turun menjadi lebah atau jurang, yang tentunya bentuk - bentuk bumi seperti ini disebabkan oleh adanya tenaga endogen yang dimiliki oleh bumi.

Pengelompokan dari tenaga endogen yang dimiliki oleh bumi

Tenaga endogen yang timbul di alam ini berwujud dalam berbagai macam bentuk yang berbeda - beda. Masing - masing bentuk dari tenaga endogen yang dimiliki oleh bumi ini memiliki pengaruh dan penyebab yang tidak sama antara yang satu dengan yang lain. Pengelompokan dari jenis tenaga endogen ini diantaranya berupa peristiwa tektonisme, vulkanisme, dan seisme. Berbagai kelompok atau peristiwa yang termasuk ke dalam tenaga endogen memiliki pemaparan yang tentunya berbeda antara peristiwa yang satu dengan peristiwa yang lainnya. Berikut ini akan berusaha memberikan pemaparan secara singkat mengenai berbagai peristiwa yang termasuk ke dalam tenaga endogen yang telah disebutkan sebelumnya.

Tektonisme, juga merupakan salah satu bentuk dari peristiwa sebagai bukti mengenai adanya atau terjadinya tenaga endogen yang dimiliki oleh bumi. Peristiwa tektonisme ini merupakan suatu peristiwa yang berhubungan dengan kerak bumi. Dapat diartikan bahwasanya peristiwa tetonisme adalan suatu peristiwa perubahan letak kerak bumi dalam skala besar meliputi lipatan, patahan, dan tektonisme yang terjadi pada lempeng bumi (tektonisme lempeng). Tektonisme lempeng, menerangkan bahwasanya perubahan bumi secara mendatar atau vertikal. Lempeng - lempeng bumi memiliki gerakan yang bermacam - macam jenisnya diantaranya divergen (gerakan saling menjauh), konvergen (gerakan saling mendekat), dan geseran (gerakan bergeser). Palung laut yang ada di bumi ini terbentuk sebagi wujud dari tumpukan antara lempeng samudera dan lempeng benua yang mana menyebabkan lempeng samudera bergeser ke bawah dan juga membentuk palung laut.

Vulkanisme, bagian dari peristiwa yang termasuk sebagai wujud dari tenaga endogen bumi. Peristiwa vulkanisme ini bisa diartikan sebagi suatu bentuk proses atau peristiwa naiknya magma dari bagian dalam bumi sehingga ada dari sebagian magma muncul ke bagian permukaan bumi, dan ada juga sebagian dari magma bumi menyusup ke bagian dalam kerak bumi. Magma dari dalam bumi ini dapat naik dan muncul ke permukaan bumi, karena adanya dorongan dari gas - gas yang terdapat pada bagian magma. Semakin dalam dari letak magma di dalam bumi maka letusan yang diakibatkan oleh gunung berapi semakin besar atau dahsyat. Adapun manfaat yang dapat di ambil dengan adanya peristiwa vulkanisme ini adalah dapat dijadikan sebagai sumber mineral pada daerah yang mengalami periswa vulkanisme ini; peristiwa vulkanisme menyebabkan daerah yang berdampak akibat peristiwa ini menjadi semakin subur; selain itu dengan adanya vulkanisme ini juga dapat di jadikan objek wisata dan masih banyak manfaat lainnya.

Seisme, dinamakan atau lebih dikenal juga dengan gempa bumi. Peristiwa seisme ini terjadi secara alami dan juga tidak dapat diperkirakan secara pasti. Seisme ini dapat diartikan sebagai kejadian getaran - getaran pada kerak bumi yang mana disebabkan oleh adanya tenaga - tenaga atau kekuatan - kekuatan yang berasal dari dalam bumi. Di dalam ilmu pengetahui ada sendiri bidang ilmu yang mempelajari mengenai hal - hal yang berhubungan dengan gempa bumi atau seisme yakni bidang atau disiplin ilmu seismologi. Ada pun juga alat untuk mencatat mengenai gempa bumi dinamakan dengan seismograf, sedangkan rekaman atau hasil dari pencatatan seismograf dinamakan dengan seismogram. Dengan adanya ilmu yang mempelajari mengenai gempa bumi ini tentunya diharapkan akan adanya informasi mengenai hal - hal yang berhubungan dengan gempa bumi sehingga akan menambah pengetahuan dari kita semua mengenai gempa bumi.

Demikianlah pemaparan secara sederhana mengenai hal - hal yang ada kaitannya dengan tenaga endogen bumi di alam. Semoga catatan yang sederhana ini bisa ikut andil dalam memberikan informasi yang bermanfaat. Terimakasih kepada teman - teman semuanya yang meluangkan waktunya untuk menyimak catatan di blog yang sederhana ini.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow