0
34
0
5 Softskill Dasar yang Dibutuhkan di Dunia Kerja
4 weeks 'ago'

Halo mahasiswa Indonesia, masih semangatkan untuk menggapai masa depan yang cerah? Sudah agak lama nih artikel saya tidak lewat di beranda sobat.

Kali ini, saya punya topik hangat untuk dibaca sobat sekalian. Saya mengangkat topik pembahasan tentang softskill yang dibutuhkan ketika memasuki dunia kerja. Nah, sebelum kita membahas lebih dalam mengenai topik ini, sobat mahasiswa pastinya sudah tau kan apa itu softskillSoftskill merupakan kemampuan non-teknis yang dimiliki seseorang dalam berbagai hal.

Dalam dunia kerja sendiri, ada beberapa kemampuan yang harus kuasai dan tentunya sangat bermanfaat untuk menunjang kesuksesan karir sobat.

Terutama buat kamu yang fresh graduate penting sekali untuk mengetahui ini.

Kemampuan apa saja kah itu? Mari kita simak di bawah ini.

1. Berbicara / Public Speaking

Softskill Berbicara bagi Mahasiswa

Kemampuan berbicara merupakan salah satu hal yang sangat penting dan dibutuhkan dalam dunia kerja. Setiap kata yang kita ucapkan akan mempengaruhi pendapat dan pola pikir lawan bicara kita.

Dalam dunia kerja, kita dituntut untuk pandai berbicara. Dengan menguasai kemampuan berbicara ini, kita dapat menarik perhatian atau simpati dari teman kerja, pemimpin, ataupun investor. Hal ini sangatlah penting supaya tidak terjadi peribahasa yang sering kita dengar “Tong kosong nyaring bunyinya”.

Cobalah lebih rileks dalam berbicara. Tentukan pembahasan yang sesuai dengan suasana, dengan pilihan kata yang bijaksana dan bersahabat. Buang mental kaku dalam berbicara di depan publik. Setiap kata harus memiliki makna yang tepat sehingga membuat orang yang mendengar kagum dan tertarik pada topik yang dibicarakan.

2. Kepemimpinan

Disarankan kita memiliki sifat atau kepribadian yang memimpin. Segala tindakan yang kita lakukan haruslah bijaksana. Mulai dari cara berbicara, cara berpakaian, dan sikap yang tegas.

Tegas bukan berarti membuat teman kerja takut melainkan disegani. Disegani dalam hal berbicara, memberikan pendapat, dan hasil kerja yang baik.

Seseorang yang memiliki jiwa memimpin selalu memberikan motivasi kepada teman kerja, memberikan solusi yang baik, dan selalu bertanggung jawab.

Seseorang yang memiliki jiwa pemimpin biasanya juga humoris. Kehumorisan ini dapat membuat kita disukai dan orang lain akan merasa nyaman terhadap kita. Intinya, bukan hanya tegas saja tapi juga dapat mencairkan suasana dengan candaan yang menghasilkan tawa.

Hal penting lainnya dalam memimpin adalah berjiwa sosial yang tinggi dan jujur. Kejujuran yang kita miliki akan membawa kita pada kesuksesan.

3. Kerja sama

Softskill Kerja Sama dalam Tim

Kerja sama tim yang baik dapat memperoleh hasil yang baik pula. Kita harus mampu bekerja sama dengan rekan tim supaya proyek atau pekerjaan yang sedang dikerjakan dapat berjalan dengan lancar. Tanpa adanya kerja sama tim, hasil yang diperoleh akan menjadi sia-sia.

4. Berdiskusi

Saat berdiskusi, kita disarankan untuk mampu mencairkan suasana agar tidak kaku. Bukan hanya sekilas memberikan pendapat, namun pendapat yang kita berikan juga harus dapat diterima. Mulai dari pendapat, ide, gagasan dan proyek yang kita usulkan harus memiliki manfaat untuk perusahaan maupun publik.

Kita juga harus menghargai pendapat orang lain dan memahami hasil dari pemikiran orang lain. Apakah hasil pemikiran itu memiliki tujuan yang baik, bermanfaat, dan dapat memperoleh keuntungan bagi perusahaan?

Selain itu, kita harus mampu menguasai setiap proposal yang diajukan agar memperoleh persetujuan dari teman kerja yang mendengarkan atau membaca.

5. Ketekunan

Seorang karyawan pasti jadi disukai atasan jika bekerja dengan tekun dan memiliki performance kerja yang baik. Ketika kita juga memberikan ide – ide dan inovasi untuk kemajuan perusahaan tempat kita bekerja. Artinya memiliki jiwa ketekunan dalam bekerja sangat dibutuhkan dalam setiap perusahaan.


Beberapa hal di atas merupakan softskill yang saya sarankan untuk dimiliki sobat yang akan bekerja nantinya. Mungkin masih banyak lagi softskill yang belum saya ketahui yang harus dikuasai. Semuanya tergantung pada diri kita sendiri.

Kita yang membuat pilihan, apakah ingin berhasil dalam dunia karir atau tidak. Dan saran saya, selalu bersemangat selagi kita masih mampu untuk berdiri.

Berikan yang terbaik untuk dirimu dan dunia. Tunjukkan kemampuanmu karena kita akan selalu bisa menggapai suatu hal yang telah menjadi tujuan hidup kita masing-masing. Selalu optimis dan percaya diri dalam bertindak.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow