0
47
0
Ini Lho 7 Bahasa Tersulit di Dunia, Kamu Bisa Salah Satunya?
4 weeks 'ago'

Sebagai sarana komunikasi, bahasa memiliki peran yang penting banget untuk kegiatan sehari-hari kita. Tapi, tahukah kamu bahwa ada sederet bahasa tersulit di dunia untuk dikuasai? Bahkan, banyak yang bilang kalau kita tidak terlahir di negara tempat bahasa tersebut digunakan, kita gak akan bisa sefasih itu dalam berkomunikasi. Penasaran? Kita mulai saja ya!

1. Mandarin

Ini Lho 7 Bahasa Tersulit di Dunia, Kamu Bisa Salah Satunya?

Tak dapat dipungkiri lagi, bahasa Mandarin sudah pasti menjadi salah satu bahasa tersulit di dunia untuk dipelajari. Bagaimana tidak, ada ribuan han zi (karakter dalam Mandarin) yang mau tak mau harus dihafal untuk mempelajarinya. Bahkan, dengan total lebih dari 50.000 karakter, seorang penutur bahasa Mandarin yang terpelajar 'hanya' mengetahui 8.000 karakter. Namun faktanya, untuk membaca koran, kamu 'hanya' perlu mengetahui 2.000 - 3.000 karakter 'saja' kok.

Penggunaan nada juga bisa menjadi sangat tricky nih. Pasalnya, terdapat 4 nada dasar yang memiliki arti yang berbeda jika diucapkan, meskipun pengejaan katanya sama. Contohnya, kata wen dengan nada ke-4 memiliki arti bertanya, namun kata wen dengan nada ke-3 memiliki arti mencium. Ribet deh.

2. Jepang

Ini Lho 7 Bahasa Tersulit di Dunia, Kamu Bisa Salah Satunya?

Masih memiliki relasi yang dekat dengan bahasa Mandarin, bahasa Jepang juga menjadi salah satu bahasa tersulit di dunia. Beberapa hal yang membuatnya menjadi salah satu bahasa tersulit adalah, karakter kanji, katakana, dan hiragana yang (seperti bahasa Mandarin) begitu bervariasi dan harus dihafalkan, serta pengucapan beberapa huruf yang berbeda dengan biasanya, seperti pada pelafalan huruf 'r' pada bahasa Jepang yang berbeda dengan pelafalan huruf 'r' pada bahasa Inggris.

3. Hungaria

Ini Lho 7 Bahasa Tersulit di Dunia, Kamu Bisa Salah Satunya?

Beralih ke Eropa, ada bahasa Hungaria yang begitu menyulitkan orang-orang yang ingin mempelajarinya. Bahasa ini memiliki 35 jenis kasus (contoh : akusatif) yang tentunya, dianggap jauh lebih banyak dari bahasa lainnya. Selain itu, penggunaan prefiks dan sufiks (awalan dan akhiran) dan peraturan grammar nya pun juga tergolong rumit sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang mempelajarinya.

4. Finlandia

Ini Lho 7 Bahasa Tersulit di Dunia, Kamu Bisa Salah Satunya?

Selanjutnya adalah bahasa Finlandia yang konon diperlukan waktu selama 44 minggu atau 1100 jam untuk dapat menguasainya dengan fasih. Hal ini dilatarbelakangi oleh bahasa Finlandia yang tidak memiliki koneksi dengan bahasa Latin atau Jermanik lainnya, sehingga lebih sulit dipelajari dibanding bahasa Inggris, terutama pada grammar. Kosa katanya pun

juga cukup menjebak, contohnya, talotta berarti 'tanpa rumah', sedangkan talolta berarti 'dari rumah'.

5. Islandia

Ini Lho 7 Bahasa Tersulit di Dunia, Kamu Bisa Salah Satunya?

Masih di benua yang sama, bahasa Islandia juga menjadi salah satu bahasa tersulit karena pengucapannya yang cukup rumit, ditambah penggunaan hurufnya yang tak biasa serta penggunaan konjugasinya yang menyulitkan. Semua ini disebabkan karena bahasa Islandia merupakan bahasa kuno, sehingga hampir seluruh unsur dalam bahasa tersebut terdengar tak biasa.

6. Thailand

Ini Lho 7 Bahasa Tersulit di Dunia, Kamu Bisa Salah Satunya?

Negara tetangga kita juga ternyata memiliki bahasa tersulit di dunia nih. Bahasa Thai dianggap sebagai salah satu bahasa tersulit untuk dipelajari. Bahasa ini memiliki 5 nada dasar yang cukup tricky untuk dipelajari serta memiliki karakter yang kompleks. Selain itu, alfabet Thai juga jauh lebih banyak dari alfabet pada umumnya, karena terdiri dari 44 huruf konsonan dan 24 huruf hidup (vowels).

7. Arab

Ini Lho 7 Bahasa Tersulit di Dunia, Kamu Bisa Salah Satunya?

Terakhir, ada bahasa Arab yang juga digolongkan sebagai bahasa tersulit. Seseorang diperkirakan memerlukan waktu 2.200 jam atau hampir 2 tahun untuk mempelajari bahasa Arab sampai fasih. Terdapat juga beberapa cara berbeda untuk berkomunikasi dengan orang-orang tertentu. Hal ini tergantung pada jenis bahasa Arab apa yang seseorang gunakan, entah itu modern ataupun formal. Selain itu, kosa katanya juga dikenal sangat bervariasi, bahkan terdapat bermacam kata untuk menggambarkan 1 objek.

Itulah 7 bahasa tersulit di dunia gengs. Two thumbs up deh buat kalian yang fasih dalam salah satu (atau bahkan lebih) dari bahasa-bahasa tersebut!

Follow Us On :
Lencana
Kongkow