999 +
0
62
0
Intip 5 Tips Jitu Cara Belajar Si Otak Encer
4 weeks 'ago'

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana si pandai belajar? Bagaimana ia bisa menjawab setiap pertanyaan atau tugas yang diberi oleh guru? Ya. Metode belajar yang tepat terkadang menjadi faktor utama selain kemauan yang kuat.

Metode belajar setiap orang memang berbeda. Beberapa orang memiliki kemampuan lebih dalam hal mendengarkan, satu lagi lewat visual, adapula yang verbal. Hal tersebut yang terkadang kita sendiri tidak mengetahui metode mana yang tepat.

Dalam sebuah buku karya Hendra Surya, dijabarkan beberapa poin-poin penting tentang bagaimana cara belajar orang jenius. Bagaimana kita harus berfikir efektif, berkonsentrasi, cara membuat catatan dan hal-hal yang dapat meningkatkan produktivitas belajar.

Simak beberapa tips jitu bagaimana si otak encer belajar:

Berpikir Kreatif (Creative Thinking)

Kreatif adalah harga mati. Karena yang biasa-biasa saja sudah banyak jumlahnya. Dalam buku ini dijelaskan beberapa cara menjadi orang yang kreatif, bagaimana cara mengatasi berbagai masalah dengan berpikir kreatif seperti halnya tugas yang diberikan.

Learning Skills (Keterampilan Belajar)

Belajar tidak sembarang membuka buku dan membaca atau menghafalnya saja, namun ada beberapa hal yang dapat dimaksimalkan. Efektif serta mampu bertahan jangka lama. Dalam buku ini Anda akan diberikan petunjuk mencakup metode (kecakapan) bagaimana langkah-langkah cara membuka pikiran, mengarahkan (menggiring) pikiran, menyusun kerangka berpikir tahap demi tahap, mengembangkan imajinasi-kreatif dalam melakukan proses kegiatan (belajar).

Membangun Konsentrasi Belajar

Hal ini merupakan yang paling sering dialami para pelajar. Banyak hal yang men-distract Anda sehingga konsentrasipun teralihkan. Biasanya banyak pelajar kini teralihkan oleh media sosial pada smartphone. Non-aktifkan dahulu untuk sementara media sosial yang Anda gunakan, dan fokus dalam belajar.

Belajar Berpikir Kritis (Critical Thinking)

Kebanyakan orang jenius, pasti memiliki pikiran yang kritis. Menanggapi suatu hal tidak dari satu sisi. Di sini Anda diharuskan berpikir kritis terhadap permasalahan. Hal itulah yang melatih beberapa orang dalam meningkatkan kualitas kemampuan berpikir. Semakin diasah, pastinya semakin tajam pemikiran kita.

Disiplin dan Belajar Secara Teratur

Banyak dari orang sukses berawal dari dispilin. Apapun yang Anda pelajari, sesulit apapun apabila Anda disiplin, pasti dapat mudah dipelajari. Jadi, disiplinlah jika Anda ingin berprestasi seperti si otak encer.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow