999 +
0
11
0
Menambah Pemahaman Mengenai Tenaga Eksogen Di Alam
5 days 'ago'

Salam belajar bagi kita semua, pada kesempatan kali ini kita akan secara bersama - sama untuk mempelajari atau menambah pengetahuan kita mengenai tenaga eksogen yang terdapat di alam bebas ini. Tenaga yang terdapat di alam bebas ini tentunya akan memberikan pengaruh pada berbagai aspek yang terdapat di dalam kehidupan. Aspek kehidupan yang dipengaruhi oleh tenaga eksogen ini dapat berhubungan dengan berbagai macam makhluk hidup yang terdapat di alam. Pada catatan yang dimuat pada blog sederhana kali ini akan berusaha untuk memberikan informasi kepada kita mengenai hal - hal yang berkaitan dengan tenaga eksogen. Beberapa hal - hal pokok yang akan menjadi pembahasan pada catatan yang berhubungan dengan tenaga eksogen kali ini diantaranya mengenai pemahaman dari tenaga eksogen itu sendiri, peristiwa pelapukan merupakan jenis tegaga eksogen, erosi peristiwa bagian dari tenaga eksogen, masswasting, dan peristiwa sedimentasi. Langsung saja untuk semakin menambah pengetahuan kita mengenai tenaga eksogen maka silahkan untuk menyimak catatan kali ini secara seksama.

Pemahaman mengenai tenaga eksogen 

Memahami mengenai tenaga eksogen merupakan suatu kegiatan yang akan memberikan diri kita pemahaman atau informasi yang lebih banyak mengenai peristiwa - peristiwa atau kejadian - kejadian yang terjadi di alam. Tenaga eksogen ini secara garis besar atau kasaran dapat dipahami sebagai suatu tenaga yang timbul secara alami ataupun disebabkan oleh faktor - faktor tertentu yang dapat menimbulkan tenaga eksogen ini. Tenaga eksogen ini timbul tentunya faktor penyebabnya tidak hanya satu macam saja tetapi ada berbagai macam faktor penyebab dari timbulnya tenaga eksogen. Timbulnya tenaga eksogen ini tentunya akan memberikan dampak atau akibat pada lingkungan kehidupan.

 

Pengertian atau pemahaman yang dapat diambil dari tenaga eksogen yaitu merupakan suatu bentuk tenaga geologi yang mana tenaga geologi ini dapat memberikan pengaruh untuk memotong daerah yang tinggi dan mengisi pada daerah - daerah yang memiliki kondisi rendah. Tenaga eksogen ini memiliki sifat yang merusak atau bersifat meratakan dari kondisi lingkungan tempat timbulnya tenaga eksogen tersebut. Adapun faktor - faktor yang terdapat di alam sebagai penyebab timbulnya tenaga eksogen diantaranya tenaga yang diakibatkan oleh angin, tenaga yang ditimbulkan oleh air, tenaga yang ditimbulkan oleh gletsyer, dan tenaga yang ditimbulkan oleh adanya sinar matahari. Dari berbagai macam penyebab dari timbulnya tenaga eksogen ini tentunya akan memberikan dampak atau akibat yang berbeda - beda pada lingkungan hidup disekitar tempat timbulnya tenaga eksogen tersebut.

Memahami pelapukan merupakan sebagai bentuk tenaga eksogen yang timbul di alam

Peristiwa pelapukan yang terjadi di alam merupakan salah satu bentuk dari tenaga eksogen yang mana juga merupakan suatu peristiwa penghancuran yang terjadi secara alami di alam. Pelapukan ini merupakan bentuk dari tenaga eksogen yang terjadi di alam dalam bentuk proses penghancuran batuan yang ada di alam menjadi bentuk partikel - partikel yang lebih kecil. Secara lebih spesifik proses pelapukan ini merupakan peristiwa penghacuran, perusakan dan pelepasan partikel - partikel batun menjadi bentuk atau ukuran yang lebih kecil. Dengan demikian dapat dipahami bahwasanya proses pelapukan ini berhubungan erat dengan mineral batuan yang terdapat di alam bebas. Adapun peristiwa pelapukan ini memiliki jenis - jenis yagn bermacam - macam diantaranya: pelapukan mekanik, pelapukan kimia, dan pelapukan biologis. 

 

Dari berbagai macam tipe dari pelapukan yang terdapat di alam dapat diketahui pengertian dari setiap jenis pelapukan tersebut seperti beberapa penjelasan berikut ini. Pelapukan mekanik (phisis) merupakan suatu bentuk pelapukan yang mana terjadinya karena adanya pengaruh dari suhu/sinar matahari dan adanya curah hujan yang berlangsung secara berulang - ulang dan dalam kurun waktu tertentu. Pelapukan biologis (organik), jenis pelapukan ini merupakan peristiwa pelapukan yang mana jenisnya disebabkan oleh faktor tumbuhan, hewan, dan manusia. Pelapukan kimia (chemis), jenis pelapukan yang mana timbulnya karena terjadinya proses kimiawi. Di daerah kapur banyak ditemukan berbagai bentuk dari pelapukan yang disebabkan oleh adanya zat - zat kimia yang biasa disebut dengan gejala karst. 

Erosi dan masswasting juga merupakan bentuk dari tenaga eksogen

Erosi merupakan juga salah satu bentuk peristiwa yang terjadi di alam secara alami. Peristiwa atau kejadian erosi ini juga sebagai bagian dari salah satu bentuk tenaga eksogen. Karena merupakan bagian dari tenaga eksogen yang timbul di alam secara alami tentunya juga dapat memberikan pengaruh pada kondisi lingkungan hidup alam sekitar. Kejadian erosi ini dapat diartikan sebagai suatu peristiwa perpindahan material yang telah mengalami pelapukan dari suatu tempat ke tempat yang lain. Selain itu erosi ini juga dapat diartikan sebagai peristiwa pengikisan lapisan muka bumi yang disebabkan oleh material yang mengalami pemindahan atau telah dipindahkan dengan adanya peristiwa erosi ini. Di alam bebas ini erosi tidak serta merta timbul begitu saja akan tetapi disebabkan oleh berbagai macam tenaga yang ada di alam diantaranya erosi yang disebabkan oleh tenaga air, erosi yang disebabkan oleh tenaga angin, erosi yang disebabkan oleh tenaga gletsyer, erosi oleh air laut, dan erosi karena adanya gaya gravitasi bumi. Masing - masing erosi yang disebabkan oleh berbagai macam tenaga dari alam tersebut tentunya memberikan dampak yang berbeda - beda pada setiap wilayah tempat timbulnya peristiwa tersebut.

 

Peristiwa alam masswasting ini secara garis besar atau secara umum hampir sama dengan yang dinamakan peristiwa erosi. Persamaannya terletak pada peristiwa yang terjadi atau proses yang dijalankannya. Pengertian dari peristiwa masswasting ini dapat diartikan sebagai suatu proses pemindahan massa batuan atau mineral tanah secara besar - besaran ke suatu tempat yang mana kondisinya lebih rendah. Hal yang menjadi pembeda antara peristiwa masswasting dengan peristiwa erosi terletak pada tenaga yang menyebabkan pemindahan material dari bahan induk. Peristiwa masswasting ini disebabkan oleh tenaga gravitasi bumi. Adapun yang menjadi contoh dari peristiwa masswasting adalah tanah longsor, tanah amblas atau ambruk, tanah nendat, tanah mengalir, lumpur mengalir, dan rayapan tanah.

Sedimentasi sebagai wujud timbulnya tenaga eksogen di alam 

Di alam ini tentunya ada berbagai macam perwujudan dari tenaga eksogen yang bisa timbul, seperti halnya peristiwa sedimentasi yang terjadi di alam juga termasuk sebagai bentuk perwujudan dari tenaga eksogen. Pengertian dari peristiwa sedimentasi ini adalah suatu bentuk peristiwa diendapkannya material hasil erosi pada suatu tempat dengan bantuan oleh tenaga - tenaga alami. Pengendapan material - material erosi dapat terjadi atau bertempat di wilayah daratan, di wilayah sekitar aliran sungai, di dasar laut, danau, gurun dan dapat juga terjadi pada wilayah pantai. Terkadang juga material hasil sedimentasi ini dapat kembali mengalami erosi. Bilamana material hasil sedimentasi ini kembali mengalai erosi maka akan terbentuk suatu peneplain.

Demikianlah beberapa pemaparan mengenai bentuk - bentuk dari tenaga eksogen yang ada di alam. Semoga catatan kali ini yang berjudul menambah pembahaman mengenai tenaga eksogen yang ada di alam dapat memberikan manfaat. Ucapan terimakasih diberikan kepada teman - teman semua yang telah meluangkan waktunya untuk menyimak catatan sederhana pada blog catatalam ini.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow