999 +
0
11
0
Penjelasan Tentang Perkebunan
2 weeks 'ago'

Informasi mengenai perkebunan tentunya banyak atau bisa didapatkan dari berbagai sumber informasi mulai dari buku, internet ataupun media informasi lainnya. Terkadang juga pemerintah mengadakan pelatihan atau sosialisasi mengenai perkebunan. Perkebunan ini merupakan bagian dari suatu usaha yang mana dilakukan oleh masyarakat untuk menanam berbagai pohon atau tanaman jenis perkebunan. Di dalam catatan kali ini kita akan bersama - sama mengetahui informasi yang berkaitan dengan perkebunan. Informasi yang akan kita ketahui disini berisi mengenai pengertian dari perkebunan tersebut, jenis - jenis atau macam - macam dari perkebunan, fungsi atau manfaat dari perkebunan, dan jenis - jenis tanaman perkebunan, Untuk mengetahui informasi - informasi seperti yang disebutkan maka silahkan menyimak tulisan ini secara lanjut.

Memahami mengenai pengertian dari perkebunan !!!

Perkebunan dapat diartikan sebagai suatu bentuk usaha yang dikerjakan oleh masyarakat atau rakyat, pemerintah atau pengatur, maupun pengusaha swasta dalam bentuk menanam berbagai macam jenis tumbuhan yang dapat menghasilkan bahan mentah industri dan komoditas ekspor. Jenis dari tanaman perkebunan ini dapat menghasilkan suatu bahan mentah yang dapat diolah menjadi bahan dagang lainnya dengan memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Hasil dari jenis tanaman perkebunan yang beraneka ragam ini dapat diperdagangkan. Dengan demikian tanaman - tanaman perkebunan ini dinamakan juga dengan tanaman perdagangan.

Selain dari pengertian perkebunan yang telah disebutkan pada paragrap sebelumnya, juga masih ada beberapa pengertian atau definisi dari istilah atau kata perkebunan. Beberapa pengertian dari istilah perkebunan tersebut diantaranya dilihat dari fungsi perkebunan tersebut perkebunan dapat diartikan sebagai suatu usaha yang dilakukan untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi penduduk atau rakyat, bentuk upaya untuk meningkatkan pendapatan atau devisa bagi negara, dan sebagai upaya dalam rangka melestarikan sumber daya alam. Selanjutnya pendefinisian istilah atau kata perkebunan berdasar pada jenis tanaman yang ditanam yaitu merupakan suatu usaha budidaya tanaman baik yang dilakukan oleh pemerintah, swasta, maupun oleh rakyat selain melakukan penanaman tanaman pangan dan hortikultura. Ada juga definisi dari perkebunan berdasar pada produk yang dihasilkan yaitu sebagai suatu bentuk usaha pembudidayaan tanaman yang mana ditujukan atau tujuan utamanya untuk menghasilkan bahan industri, baik bahan industri makanan maupun bahan industri minuman. Tanaman yang termasuk sebagai penghasil bahan industri misalnya karet, tembakau, cengkeh, dan kapas. Tanaman perkebunan yang dapat menghasilkan bahan industri makanan misalnya kelapa, kelapa sawit dan kakao. Sedangkan tanaman perkebunan yang bisa dijadian sebagai bahan indusri minuman misalnya saja tebu, teh, kopi, dan kayu manis. 

Mengetahui sekaligus menambah informasi mengenai jenis atau macam - macam perkebunan

Macam atau jenis dari perkebunan yang di dalam kehidupan sekitar kita sehari - hari tentunya ada berbagai macam. Apabila kita tidak memperhatikan dengan seksama atau tidak mempelajari mengenai perkebunan akan kemungkinan besar dari kita semua beranggapan bahwasanya perkebunan itu hanya satu macam saja dan tidak memiliki jenis yang berbeda - beda. Ketika kita membaca atau mencari tahu informasi mengenai perkebunan maka kita akan sedikit banyak mengetahui kalau perkebunan itu memiliki jenis yang dapat digolong - golongkan. Penggolongan dari bentuk atau jenis dari perkebunan itu berdasarkan pada ciri tertentu dari pelaksanaan usaha perkebunan tersebut yang dapat menjadi pembeda dari perkebunan yang satu dengan jenis perkebunan yang lainnya.

Mengenai jenis dari perkebunan itu sendiri, ada perkebunan yang dilakukan atau diuasahakan oleh rakyat, diusahakan oleh pemerintah, dan ada pula jenis perkebunan yang diusahakan oleh pihak swasta. Masing - masing jenis perkebunan ini tentunya memiliki ciri khas yang tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya. Perkebunan yang diusahan oleh rakyat merupakan sutau perkebunan yang dilaksanakan oleh rakyat dan pada umumnya dikenal dengan nama perkebunan rakyat. Adapun perkebunan yang diusahakan oleh pemerintah atau pihak swasta biasanya lebih dikenal dengan nama perkebunan besar. Perkebunan besar ini dalam pelaksanaannya dikerjakan secara intensif, teratur, dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berhubungan dengan bidang pertanian.

Jenis perkebunan ada juga yang didasarkan pada pengelolaan perkebunan tersebut. Dilihat dari segi pengelolaan, perkebunan dapat dibedakan atau digolongkan menjadi beberapa jenis diantaranya Perkebunan Rakyat, Perkebunan Besar, Perkebunan Perusahaan Inti Rakyat (PIR), dan Perkebunan Unit Pelaksana Proyek. Dari masing - masing jenis perkebunan berdasar pada segi pengelolaan dari perkebunan tersebut memiliki pengertian atau definisi tersendiri. Perkebunan Rakyat merupakan jenis perkebunanan yang mana diusahakan atau dilakukan oleh rakyat. Jenis perkebunan ini sebagian besar tujuan dari hasil perkebunan yang diperoleh sebagian besal ditujukan untuk dijual atau diperdagangkan. Area atau wilayah yang dipergunakan oleh jenis perkebunan rakyat ini pada umumnya memiliki luas yang terbatas. Perkebunan Besar yaitu jenis perkebunan yang mana merupakan suatu bentuk budidaya tanaman yang dilaksanan atau diselenggarakan oleh pemerintah melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau pun oleh pihak swasta. Seluruh hasil produksi dari jenis perkebunan ini diperuntukan untuk dijual atau diperdagangkan. Area atau wilayah yang dipergunakan untuk melakukan jenis perkebunan besar ini memiliki luas wilayah atau area yang sangat luas. Perkebunan Perusahaan Inti Rakyat (PIR) merupakan suatu bentuk atau jenis perkebunan budidaya tanaman yang mana antara pemerintah, swasta, dan rakyat bekerja sama dimana perkebunan besar yang dilaksanakan oleh pemerintah atau swasta bertindak sebagai inti sedangkan rakyat bertindak sebagai plasma (di luar inti). Perkebunan Unit Pelaksana Proyek merupakan suatu jenis perkebunan yang melibatkan campur tangan pemerintah dan rakyat yang mana pemerintah bertindak sebagai pembina sedangkan rakyat bertindak sebagai pelaksana atau pengusahanya.

Menambah informasi mengenai fungsi atau manfaat dari perkebunan 

Usaha perkebunan baik yang dilaksanakan oleh pemerintah, swasta, maupun oleh rakyat tentunnya memiliki peranan, fungsi atau manfaat baik secara sadar maupun tidak sadar. Adapun peranan atau fungsi dari adanya usaha perkebunan biasanya dikenal dengan sebutan Tri Darma Perkebunan. Adapun yang menjadi isi pokok dari Tri Darma Perkebunan diantaranya 

[1]Perkebunan sebagai sumber atau penghasil devisa negara; 

[2] Sebagai upaya pencegah erosi dan menjaga kesuburan tanah, hal ini dalam rangka memelihara dan mempertahankan sumber daya alam; 

[3] Sebagai upaya menyediakan dan memperluas lapangan kerja dan kesempatan kerja. Isi dari Tri Darma Perkebunan ini juga merupakan sebagai bentuk fungsi atau peranan dari usaha perkebunan baik yang dilaksanan oleh pemerintah, swasta, mapun oleh masyarakat atau rakyat.

Dilihat dari isi Tri Darma Perkebunan dapat dipahami bahwasanya bidang perkebunan memiliki tantangan dalam rangka berupaya untuk menhasilkan devisa bagi negara yang sebanyak - banyaknya. Disamping itu bagaimana bidang perkebunan ini bisa mengurangi tingkat pengangguran dengan menciptakan jenis pekerjaan atau lapangan kerja baru. Dengan kata lain untuk mengurangi pengangguran tentunya juga secara tidak langsung meningkatkan kualitas dari sumber daya manusianya. Selanjutnya upaya apa yang harus dilakukan agar sumber daya alam yang tersedia agar tetap terjaga dan lestari. Berdasar dengan pemahaman yang demikian ini maka perkebunan juga memiliki peranan yang besar dan penting.
Kurang lebih sampai di sini terlebih dahulu catatan kali ini yang berjudul penjelasan tentang perkebunan. Semoga dengan adanya catatan yang tidak terlalu panjang ini dapat dipergunakan untuk sedikit menambah pemahaman dan informasi yang kita dapatkan mengenai perkebunan.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow