0
28
0
Hal yang Harus Diperhatikan Agar Anak Berprestasi
2 weeks 'ago'

Menjadi anak berprestasi tentunya sangat membanggakan bagi orangtua maupun bagi anak itu sendiri. Selain belajar disekolah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar anak kita menjadi anak yang berprestasi di sekolah maupun di berbagai bidang yang ia sukai. Namun jika Anda ingin anak Anda berprestasi di sekolah Anda juga harus berperan aktif dalam mengawasi belajar anak Anda. Jangan karena Anda sibuk, jadi Anda melepaskan pengawasan Anda sebagai orang tua ke anak Anda. Orang tua bukan hanya sekedar memberi nafkah hidup bagi anak-anaknya melainkan orang tua juga berperan sebagai guru dan pendidik utama di rumah. Dan Anda sebagai orang tua harus memberikan contoh yang baik terhadapap anak Anda karena anak Anda pasti mengikuti sikap Anda.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan agar anak berprestasi di sekolah:
1. Komitmen orang tua

Sebagai orang tua jangan Anda beranggapan bahwa masalah prestasi dan tanggung jawab anak adalah sepenuhnya ke pihak sekolah. Padahal Anda sebagai orang tua adalah pihak yang paling bertanggung jawab dan berpengaruh pada prestasi anak Anda di sekolah. Anda harus menjalin kerja sama yang baik antara sekolah agar prestasi anak Anda dapat meningkat.

2. Lingkungan belajar
Anda sebagai orang tua harus dapat memberikan lingkungan belajar yang kondusif untuk anak Anda karena dapat membantu anak Anda menjadi lebih konsen dan fokus.

3. Peraturan di rumah tangga
Sebagai orang tua Anda sebaiknya membuat peraturan yang harus dipatuhi oleh seluruh anggota keluarga Anda. Ketika anak Anda sedang belajar jangan ada yang menyalakan tv atau bermain-main. Lebih baik lagi Anda membuat jadwal belajar di rumah untuk anak Anda.

4. Memberi penghargaan terhadap anak
Jika anak Anda berprestasi atau menjadi juara kelas, Anda dapat memberikan hadiah kepada anak Anda dan usahakan beri hadiah dalam bentuk buku bacaan yang menarik bagi anak untuk mendorong tumbuhnya kemauan membaca.

5. Kemandirian anak
Orang tua memang perlu mendampingi anak belajar di rumah. Namun bukan berarti selalu membantu kesulitan anak. Biarkan anak untuk menghadapi kesulitan belajar secara mandiri terlebih dulu. Orang tua hanya sekadar memberi motivasi bagaimana memecahkan persoalan materi pelajaran yang dihadapinya. Sikap ini diambil agar anak tidak selalu tergantung pada orang tua dalam menghadapi masalah belajar.

Itulah poin penting yang perlu mendapat perhatian orang tua agar anak berprestasi di sekolah. Semoga bermanfaat.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow