999 +
0
38
0
Sulit Mengatasi Anak Pemalas? Ini Caranya!
2 weeks 'ago'

Disuruh ini itu tidak mau. Ada saja 1001 alasan untuk menghindari perintah orang tua. Jika menonton televisi, berapa jam pun akan ia lakukan. Rasa malas memang disebabkan oleh beberapa hal. Kali ini orang tua memegang peranan penting dalam membentuk si anak akankah terus menjadi pemalas, atau menjadi mandiri.

Berikut merupakan cara mengatasi si pemalas di rumah:

Mengingatkan

Disuruh mandi susah, membereskan mainan juga, apalagi disuruh belajar. Atasi sikap si kecil dengan memberitahu akibat kemalasannya tersebut. Ingatkan ia. Tugas sekolah yang harus dikerjakan dan konsekuensinya jika mengabaikannya.

Beri Contoh

The best experience is the best example.Contoh langsung dari orang di sekitarnya merupakan tindakan pasti serta akan lebih mengena dibanding perkataan. Jadi, sebagai orangtua, kita harus lebih banyak memberi contoh sebelum meminta Si Kecil untuk melakukan sesuatu. Misalkan untuk menyuruh ia merapihkan mainan, beri ia juga contoh dalam merapihkan sesuatu.

Jauhkan Sumber Malasnya

Menjauhkan sumber malas adalah kunci dari semuanya. Hal ini terbilang efektif karena sumber tersebutlah yang nyatanya menyita waktu ia hingga tidak melakukan kegiatan seperti biasanya. Seperti halnya kartun kesukaan ia yang tayang setiap jam.

Beri Reward

Penghargaan adalah sebuah apresiasi terbesar anak dalam melakukan suatu pekerjaan. Meskipun hal tersebut merupakan pekerjaan kecil, tentu akan menimbulkan semangat dalam dirinya. Tentu tak ada lagi waktu untuk bermalas malasan jika melakukan aktivitas jauh lebih menyenangkan.

 

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow