0
36
0
Kenapa Sarapan Bikin Ngantuk? Ini 8 Alasannya yang Perlu Kamu Ketahui
2 weeks 'ago'

Pasti kamu menginginkan bisa produktif dari terbit hingga terbenamnya matahari. Itu sebabnya, kamu peduli dengan asupan yang masuk dalam tubuhmu, termasuk sarapan.

Namun, nyatanya mungkin pernah kamu mengantuk setelah sarapan. Loh kok bisa? Kalau gak sarapan bakal lemas kan? Berikut alasan kamu mengantuk setelah sarapan.

1. Kamu mengantuk karena produksi hormon serotonin dan melatonin yang berlebihan

Tubuh membutuhkan energi dari makanan. Zat gizi dari makanan dipecah menjadi glukosa. Di saat yang sama tubuh melepaskan hormon, seperti amilin, glukagon dan kolesistokinin untuk meningkatkan kadar darah, memproduksi insulin untuk menyediakan energi dan membuat perasaan kenyang. Namun, di saat yang sama otak juga melepaskan hormon serotonin dan melatonin yang menyebabkan kantuk. 

2. Hindari makanan yang mengandung asam amino triptofan yang digunakan tubuh untuk memproduksi serotonin

Kamu harus waspada bahwa makanan tertentu bisa membuatmu mengantuk dibandingkan dengan makanan lain. Adapun, makanan-makanan, seperti ayam, ikan, daging, telur, bayam, keju, tahu dan kedelai mengandung asam amino triptofan yang tinggi. Asam amino triptofan inilah yang digunakan oleh tubuh untuk memproduksi serotonin sehingga mengantuk. 

3. Hindari juga makanan yang tinggi karbohidrat

Selain makanan-makanan di atas, makanan yang tinggi karbohidrat juga berperan untuk membuat otak memproduksi serotonin dan ketersediaan asam amino triptofan. Karena itu, perpaduan makanan protein dan karbohidrat, seperti susu dan sereal sebaiknya kamu konsumsi menjelang tertidur, bukannya sarapan. 

4. Jangan pula makan terlalu banyak

Makan makanan yang terlalu banyak hanya akan membuat tubuhmu lebih banyak mengalirkan darah ke sistem pencernaan. Itu sebabnya, untuk sementara darah dan gizi dalam otak berkurang sehingga kamu merasa mengantuk. 

5. Cegah rasa kantuk dengan makan makanan seimbang

Kenapa Sarapan Bikin Ngantuk? Ini 8 Alasannya yang Perlu Kamu Ketahui

Ada baiknya, penuhi sarapanmu dengan makan makanan seimbang, seperti sayuran, lemak baik dan biji-bijian. Perbanyak juga konsumsi air. Makanlah dalam porsi kecil, namun lebih sering sehingga kamu tetap bertenaga dan gak gampang mengantuk setelah makan. Hindari juga asupan gula ya!

6. Selain pengaruh makanan, mengantuk juga disebabkan karena kurang tidur

Kenapa Sarapan Bikin Ngantuk? Ini 8 Alasannya yang Perlu Kamu Ketahui

Faktor lain di luar sarapan, kamu juga perlu melihat apakah kamu sudah cukup tidur apa belum? Itu sebabnya kurang tidur juga berpengaruh pada rasa kantukmu setelah sarapan.

Terlebih jika kamu kekenyangan, rasa kantuk akan makin menjadi. Karena itu, pastikan waktu tidurmu terpenuhi ya!

7. Kurang olahraga yang membuat tubuhmu mudah lelah dan mengantuk

Kenapa Sarapan Bikin Ngantuk? Ini 8 Alasannya yang Perlu Kamu Ketahui

Olahraga secara teratur dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh. Selain itu sistem kardiovaskularmu pun juga berjalan lebih efisien. Sudah tentu, kurang olahraga akan membuatmu mudah lelah dan mengantuk.  

8. Perhatikan juga kondisi kesehatanmu yang mungkin terganggu

Kenapa Sarapan Bikin Ngantuk? Ini 8 Alasannya yang Perlu Kamu Ketahui

Kondisi kesehatan juga berpengaruh pada rasa kantukmu loh! Apakah kamu merasa mengantuk setelah makan atau lelah setiap saat? Bisa jadi itu adalah pertanda masalah kesehatan, seperti anemia, diabetes, intoleransi makanan, hipotiroidisme dan gangguan pernapasan.

Itu tadi beragam alasan kenapa kamu mudah mengantuk. Jika kamu merasa rasa kantukmu berhubungan dengan gejala masalah kesehatan atau stres, baiknya kamu konsultasikan pada ahlinya ya! Salam sehat jiwa raga!

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow