999 +
0
26
0
Cari Tahu Bentuk Relief Muka Bumi Daratan
2 weeks 'ago'

Bentuk muka bumi ini tentunya tidak rata antara dari satu wilayah ke wilayah yang lain tidak sama. Keadaan muka bumi ini ada yang lantai, tinggi, datar, dan rendah. Masing - masing keadaan dari muka bumi ini memberikan keindahan tersendiri yang dimiliki oleh alam yang kita tempati ini. Pernahkah kita berfikir untutuk mengetahui mengenai apa saja bentuk yang dimiliki oleh permukaan bumi ini. Pada catatan ini kita akan sama - sama mengetahui mengenai keadaan yang dimiliki oleh muka bumi. Hal yang akan dipaparkan kali ini mengenai bentuk relief dari muka bumi yang berkaitan atau berhubungan dengan wilayah daratan. Mari kita secara lebih lanjut mengetahui mengenai macam - macam kondisi relief daratan dari planet bumi.

Planet bumi ini memiliki bentuk daratan yang beraneka ragam diantaranya pegunungan, gunung, dataran tinggi, dataran rendah, peneplain, dan pantai. Beberapa bentuk dari daratan bumi ini mempunyai peranan dan ciri khas masing - masing. Antara satu daerah dengan daerah yang lainnya memiliki kondisi alam yang berbeda - berbeda. Perbedaan kondisi alam ini juga memberikan pengaruh pada proses kehidupan yang berlangsung pada daerah tersebut. Masing - masing lingkungan hidup yang terdapat pada bentuk muka bumi yang berbeda tentunya makhluk hidup di dalamnya juga memiliki cara beradaptasi yang berbeda. Perbedaan cara beradatasi ini memberikan pemahaman kepada kita semua bahwasanya makhluk hidup yang ada di alam bebas ini beraneka ragam jenisnya. Pada pemaparan berikut ini akan dipaparkan mengenai penjelasan dari berbagai jenis bentang alam atau relief muka bumi yang telah disebutkan sebelumnya.

Pegunungan tentunya kebanyakan dari kita semua pernah mendengar mengenai kata pegunungan atau mungkin malahan sudah mengetahui mengenai yang dimaksud dari pegunungan tersebut. Pegunungan ini merupakan salah satu bentuk muka bumi yang membujur dengan menghubungkan antara puncak yang satu dengan puncak yang lain. Di sepanjang pegunungan ini terdapat berbagai macam kehidupan yang berbeda - beda. Pegunungan ini biasanya atau pada umumnya memiliki bentuk yang tidak datar atau agak miring.

Gunung merupakan bentuk muka bumi atau relief muka bumi yang mana pada umumnya memiliki bentuk kerucut atau kubah yang berdiri secara sendiri - sendiri. Gunung ini pada dasarnya terhubung atau bersambung dengan gunung lainnya meskipun demikian, antara gunung yang satu dengan gunung yang lain dapat jelas diketahui. Batas yang memisahkan antara gunung yang satu denga gunung yang lain dapat jelas diketahui. Di alam bebas ini gunung digolongkan menjadi dua jenis gunung yakni gunung api atau dikenal dengan gunung berapi dan gunung tidak berapi. Di daerah gunung ini juga terdapat kehidupan yang berbeda dari daerah yang lain.

Dataran tinggi ini juga sebagai bagian dari bentuk muka bumi pada daerah daratan. Bentuk muka ini merupakan suatu bentuk yang mana dibentuk dengan bantuan dari tenaga endogen yang berasal dari dalam bumi. Tenaga endogen yang berasal dari dalam bumi mengangkat muka bumi sehingga posisinya menjadi lebih tinggi dari dari daerah disekitarnya. Ketinggian dari daerah yang diangkat oleh tenaga endogen yang dimiliki oleh bumi ini memiliki nilai yang cukup tinggi di atas permukaan laut. Suatu dataran tinggi yang terdapat di daratan bumi ini dapat diketahui dengan ciri - ciri yang dimilikinya yaitu, daerah yang terdiri dari sekumpulan puncak yang sama tingginya dan dipisahkan oleh lembah - lembah hasil erosi. Lembah - lembah ini terbentuk dengan adanya erosi yang dialami oleh bagian batuan - batuan yang lunak yang disebabkan oleh tenaga eksogen bumi.

Dataran rendah merupakan bagian daratan muka bumi yang letaknya berdekatan dengan daerah pantai atau laut. Daerah ini terbentuk sebagai akibat dari adanya peristiwa sedimentasi di daerah pantai lebih tepatnya pada daerah pantai yang berhadapan dengan daerah pantai yang berhadapan dengan daerah laut dangkal. Dataran rendah memiliki luas yang sangat luas bilamana proses sedimentasi yang terjadi pada bagian pantai tersebut berlangsung dalam waktu yang sangat lama dan terus menerus. Selama proses sedimentasi di daerah pantai terus berlangsung maka daerah dataran rendah ini akan terus mengalami penambahan luas. Pada daerah dataran rendah ini mengalir banyak sungai yang berliku - liku yang membentuk meander dan di sana sini terdapat sungai mati. Sungai mati pada daerah dataran rendah ini sebagai akibat dari bentuk pemenggalan aliran sungai. Pada daerah dataran rendah ini peristiwa sedimentasi berlangsung lebih kuat dibandingkan dengan peristiwa erosi.

Peneplain ini bagian dari bentuk muka bumi daratan yang mana terdapat pada wilayah atau daerah dataran rendah. Wilayah peneplain ini merupakan sebagai wujud akhir dari akibat tenaga eksogen terhadap dataran rendah. Pengertian dari wilayah peneplain adalah suatu bentuk wilayah dataran rendah setinggi permukaan air laut yang kondisinya miring menurun sangat landai ke arah laut yang mana pada bagian sana sini terdapat sisa - sisa erosi berbentuk tonjolan batu pejal yang dinamakan dengan monadnok.

Pantai merupakan bentuk perbatasan antara wilayah daratan dan wilayah perairan atau lautan dari muka bumi. Bentuk muka bumi daratan di wilayah pantai terus mengalami perubahan akibat dari peristiwa sedimentasi yang terjadi di wilayah pantai. Pantai ini merupakan bagian dari muka bumi daratan planet bumi, pada wilayah ini dapat dimanfaatkan sebagai daerah pariwisata. Dengan dimanfaatkan sebagai daerah pariwisata tentunya dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan pendapatan penduduk yang bertempat tinggal disekitar daerah pantai tersebut.

Itulah tadi kiranya pemaparan secara ringkas yang dapat disajikan mengenai bentuk relief dari muka bumi daratan. Semoga pemaparan yang ringkas ini bisa menambah informasi dan ilmu pengetahuan yang kita punyai. Terima kasih disampaikan kepada teman - teman pembaca semuanya atas kelonggaran waktunya untuk menyimak secuplik catatan pada blog yang ala kadarnya ini. Bilamana ada mansukan atau pertanyaan bisa menuliskannya pada kotak kementar yang telah disediakan.
"Salam belajar"

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow