999 +
0
31
0
Cari Tahu Mengenai Batuan Di Alam
3 weeks 'ago'

 

Alam bebas memiliki kekayaan atau sumber daya yang sangat banyak macamnya dan masing - masing dari sumber daya alam tersebut memiliki peranannya tersendiri. Bebatuan atau batuan juga merupakan salah satu dari bagian dari sumber daya yang terdapat di alam. Batuan ini memiliki jenis yang berbeda - beda dengan ciri - ciri yang berbeda pula. Mengenai arti atau pengertian dari batuan ini barang kali sebagian besar dari kita semua sudah ada yang mengetahui mengenai apa yang dimaksud dengan batuan ini.

Tetapi tidak sedikit dari kita yang kemungkinan hanya tahu yang disebut dengan batuan tetapi belum mengetahui apasih yang dimaksud dengan batuan tersebut. Kondisi yang seperti ini tidak menjadi masalah karena di dalam catatan kali ini kita akan belajar bersama untuk mengenal mengenai batuan mulai dari pengertian batuan dan macam - macam siklus yang dialami oleh batuan di alam. Silahkan menyimak catatan kali ini secara lebih lanjut untuk lebih menambah pengetahuan atau lebih mengenal mengenai batuan yang terdapat di alam ini.

Mengetahui pengertian dari batuan

Mengenai batuan tentunya kita sering melihat atau menjumpai dalam lingkungan sekitar kita sehari - hari. Terus apa sebenarnya yang disebut dengan batuan tersebut? Berdasar pada pengamatan yang kita lakukan kita dapat mendefinisikan bahwasanya batuan adalah bahan atau benda padat yang keras. Pendapat yang seperti demikian tersebut tentunya tidak salah karena kenyataanya yang dinamakan dengan batuan memiliki sifat yang padat dan keras. Selanjutnya kita akan mengetahui pengertian batuan yang dikemukaan oleh para ahli yaitu batuan merupakan kumpulan dari beberapa mineral di alam yang mengalami pembekuan sehingga memiliki sifat yang keras. Batuan yang terdapat di alam merupakan bagian atau elemen penyusun permukaan bumi sebagai sumber mineral anorganik.

Batuan ini merupakan bahan induk dari terbentuknya tanah yang ada di bumi ini. Tanah yang terdapat di alam ini berasal dari hasil proses pelapukan yang dialami oleh berbagai jenis batuan di alam dalam lama waktu yang berbeda - beda. Dengan keadaan batuan yang berbeda - beda maka bahan mineral dari penyusun batuan tersebut juga berbeda. Perbedaan bahan penyusun batuan ini mengakibatkan tanah yang terdapat di alam ini memiliki kandungan mineral yang bermacam - macam sesuai dengan bahan mineral yang menyusun bahan induknya (batuan). Di alam batuan tersusun dari berbagai macam jenis mineral yang berbeda, memiliki ciri - ciri yang berbeda (sifat fisik batuan), dan juga memiliki umur yang tidak sama antara jenis batuan yang satu dengan jenis batuan yang lainnya.

Memahami yang dimaksud dengan siklus batuan di alam

Siklus batuan atau yang dinamakan dengan daur batuan merupakan suatu bentuk proses yang dialami oleh batuan yang ada di alam. Proses yang dialam oleh batuan tersebut meliputi pembentukan, perubahan bentuk dan peleburan, dan kembali lagi pada proses pembentukan batuan yang terdapat di planet bumi ini. Proses semacam ini terjadi terus - menerus di alam dan berlangsung secara alami dalam waktu yang tidak sebentar. Proses seperti merupakan keistimewaan yang dimiliki oleh alam dan kemungkinan sebagian dari kita tidak menyadari mengenai adanya proses yang demikian.

Demikian catatan yang dapat dibagikan mengenai hal - hal yang berkatian dengan batuan yang terdapat di alam. Semoga catatan yang tidak terlalu banyak ini bisa mudah dimengerti dan dapat memberikan manfaat.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow