0
35
0
7 Kebiasaan Mahasiswa Sukses Ini Jadi Contoh Buat Kamu
2 weeks 'ago'

Siapa coba yang tak mau jadi sukses? Bahkan, seorang mahasiswa yang baru kuliah pun mau, kan? Termasuk kamu pasti pengen sukses dalam menjalani masa perkuliah!

Oleh sebab itu, kamu harus memiliki kebiasaan mahasiswa sukses yang mampu buat jalanmu lebih baik. Baik itu di akademik ataupun di bidang non akademik.

Apa saja kebiasaan mahasiswa yang sukses dan layak untuk ditiru itu?

1. Mengikuti Jadwal Belajar

Salah satu kebiasaan mahasiswa yang sukses adalah mereka memiliki kemampuan multitasking. Kemampuan ini tidak mereka dapat dengan mudah melainkan dengan mengikuti berbagai jadwal belajar dan rencana kegiatan yang seabrek banyaknya, namun mereka dapat memanajemen waktu dan diri sendiri dengan baik.

Oleh sebab itu, tak ada salahnya kamu juga memiliki jadwal belajar yang baik, ya!

2. Memperbaharui Diri secara Rutin

selalu belajar menjadi ciri mahasiswa yang sukses

Kebiasaan lain yang buat mahasiswa bisa sukses adalah terus memperbaharui diri secara rutin, selalu menguprade ilmu dan mengembangkan diri. Bahkan mahasiswa sukses itu selalu merasa kurang dan miskin ilmu.

Tak ada salahnya memang kamu bermain dan bersenang-senang sesekali. Ini menjaga agar kamu tak mudah bosan dan stress. Tapi, jangan lupakan tugas utama kamu juga, ya!

3. Jaga Hubungan dengan Dosen dan Alumni

Kebiasaan mahasiswa sukses lain yang tak dimiliki oleh mahasiswa yang biasanya adalah selalu menjaga hubungan dengan dosen dan para alumni. Karena bagi mereka menjaga hubungan itu sangat penting, karena dari dosen dan alumni akan mendapat ilmu dan pengalaman yang lebih banyak.

Ini sangat penting mengingat bisa membantumu dalam membangun jaringan di masa depan. Misalnya, bila kamu mencalonkan diri sebagai penerima beasiswa luar negeri, kamu bisa dapat surat rekomendasi dari mereka.\

4. Punya Organisasi & UKM yang Pas

Aktif di organisasi atau UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) adalah salah satu ciri khas dari mahasiswa yang sukses lainnya.

Manfaat dari bergabung di UKM ini ada banyak. Salah satunya adalah memperluas pergaulan di kampus dan memiliki skill dan kemampuan tambahan. UKM yang dipilih mereka pun biasanya sesuai dengan minat mereka dan mendukung untuk kemajuan prestasi akademik

5. Punya Teman yang Membangun

menjadi mahasiswa yang sukses

Selain itu, mahasiswa yang sukses biasanya punya kebiasaan memilih teman yang mampu membangun & mendukungnya.

Mereka tahu bahwa teman akan sangat mempengaruhi cara pandang dan jalan kehidupan mereka.

Oleh sebab itu, mereka tahu dengan siapa seharusnya berteman. Dengan mereka yang memiliki jiwa positif, selalu mau berprestasi dan mengejar kesempatan.

6. Memanfaatkan Fasilitas Kampus dengan Maksimal

Ciri lain dari mahasiswa yang sukses adalah mereka selalu bisa memanfaatkan fasilitas kampus dengan maksimal.

Misalnya, mengunakan gelanggang atau kolam renang kampus untuk tetap aktif dan sehat, mengikuti pusat pengembangan karir dan bakat dan lain sebagainya. Kamu juga harus memanfaatkannya selagi bisa, ya!

7. Mengetahui Teknik Belajar yang Pas

Semua orang pasti memiliki teknik belajar masing-masing yang mereka anggap paling efektif dan membantu mereka dalam belajar.

Mahasiswa yang sukses pun begitu, mereka punya cara yang tepat untuk membuat mereka lebih mudah dalam belajar.

Misalnya untuk mahasiswa dengan visual, mereka akan lebih suka membuat catatan yang rapi dan enak dibaca.

Sedangkan untuk mahasiswa yang olfaktori atau lebih mengandalkan audio, mereka akan lebih suka belajar sambil mendengarkan. Entah itu mendengarkan penjelasan dosen atau mendengarkan materi kuliah melalui audio lainnya.

Jadi, apakah kamu sudah menerapkan kebiasaan mahasiswa sukses di atas? Kebiasaan tersebut layak kamu tiru bila kamu benar ingin berhasil selama perkuliahanmu.

Meski begitu, semua kebiasaan tersebut juga tak ada artinya bila kamu tak bisa memegang kendali dan disiplin. Jadi, sebenarnya semua lagi-lagi harus kembali ke diri kamu sendiri!

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow