0
15
0
Suka Ngemil Kuaci? Beginilah Khasiatnya Menurut Pakar Diet!
2 weeks 'ago'

Makanan yang bersumber dari biji-bijian memang kaya nutrisi dan vitamin. Salah satunya adalah makanan dari biji bunga matahari. Biji bunga matahari atau sering disebut kuaci memiliki kandungan lemak baik dan lemak tak jenuh.

Biji bunga matahari memang kurang populer untuk program diet. Tetapi menurut pakar diet, biji bunga matahari memiliki kualitas yang nggak kalah dari makanan diet lainnya.

Satu porsi benih juga mengandung sekitar 6 gram protein dan 2,5 gram serat. "Lemak, serat dan protein memainkan peran penting memberikan perasaan kenyang," kata Alissa Rumsey, seorang ahli gizi, seperti dilansir oleh Time.com.

1. Biji bunga matahari kaya lemak sehat dan magnesium

Suka Ngemil Kuaci? Beginilah Khasiatnya Menurut Pakar Diet!

Biji bunga matahari kaya akan nutrisi. Satu porsi biji bunga matahari setara 1 ons, atau setara 1/4 cangkir. Untuk seporsi, menghasilkan 14 gram lemak dengan campuran lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda.

“Lemak tak jenuh tunggal dan ganda pada biji bunga matahari menunjukkan manfaat kesehatan yang jelas, terutama yang berkaitan dengan kesehatan jantung dan risiko penyakit kardiovaskular,” kata ahli gizi Alissa Rumsey.

Biji ini juga mengandung vitamin dan mineral, termasuk vitamin E (yang memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung), folat (penting untuk sintesis DNA), fosfor (kunci untuk kesehatan tulang), selenium (antioksidan yang melindungi terhadap kerusakan sel), mangan (yang membantu produksi tulang), tembaga (yang membantu kesehatan jantung dan fungsi kekebalan tubuh), B6 ​​(baik untuk perkembangan kognitif dan fungsi) dan seng (penting untuk metabolisme dan fungsi kekebalan tubuh), kata Maxine Yeung, seorang ahli diet.

2. Biji bunga matahari bagus bagi tulang serta kontraksi saraf dan otot

Suka Ngemil Kuaci? Beginilah Khasiatnya Menurut Pakar Diet!

Biji bunga matahari kaya magnesium, mineral yang terlibat lebih dari 300 fungsi tubuh yang berbeda. "Magnesium dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kontrol gula darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular," kata Brian St Pierre, pakar diet.

"Ini juga merupakan komponen penting dari tulang dan membantu mengatur fungsi dan kontraksi saraf dan otot."

3. Biji bunga matahari juga bagus untuk kesehatan jantung, mengurangi kolestrol dan cocok untuk diet

Suka Ngemil Kuaci? Beginilah Khasiatnya Menurut Pakar Diet!

Beberapa biji memiliki keunggulan dibandingkan bunga matahari pada kandungan nutrisi tertentu. Biji chia dikemas dengan asam lemak omega-3 nabati (dengan 5 gram untuk porsi satu ons) dan serat (10 gram per porsi). Biji Hemp dan biji flax juga mengandung asam lemak omega-3 lebih tinggi daripada biji bunga matahari.

Biji bunga matahari juga memiliki beberapa konsentrasi pitosterol tinggi, molekul tanaman yang baik. untuk mengurangi kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung, kata Yeung.

Namun, secara umum semua benih menyediakan campuran lemak sehat, serat, vitamin, mineral, dan fitonutrien yang baik, itulah sebabnya mengapa pentingnya mengkonsumsi biji-bijian sebagai bagian dari program diet.

4. Biji bunga matahari bisa dimakan langsung atau dipanggang

Suka Ngemil Kuaci? Beginilah Khasiatnya Menurut Pakar Diet!

Makan biji bunga matahari bisa dipanggang atau mengupas cangkang dahulu. Padahal cangkang biji itu bisa dimakan karena mengandung serat. Walau begitu harus hati-hati apabila salah cara mengunyah dapat menganggu kesehatan pencernaan.

Kita bisa mengkonsumsi biji langsung mentah-mentah, biji yang sudah dikeringkan atau bebas cangkang. Apalagi sekarang sudah ditambah varian rasa agar menarik. Campurkan pada oatmeal, yogurt, sup dan salad untuk pelengkap, kata Maxine Yeung.

Walau begitu tetaplah kendalikan porsi makan karena makanan ini tinggi lemak, agar nggak kelebihan kalori. Kelemahan biji bunga matahari adalah mudah tengik jadi simpan dalam wadah kedap udara.

Itu dia sejumlah manfaat dari kuaci biji bunga matahari. Tertarik menambahkannya pada menu dietmu?

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow