Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Agar Tidak Jadi Mahasiswa yang Merugi, 10 Hal Ini Wajib Kamu Lakoni!

Agar Tidak Jadi Mahasiswa yang Merugi, 10 Hal Ini Wajib Kamu Lakoni!

- Senin, 12 November 2018 | 11:00 WIB
Agar Tidak Jadi Mahasiswa yang Merugi, 10 Hal Ini Wajib Kamu Lakoni!

Sebagai mahasiswa, jadwalmu masuk kelas jauh lebih fleksibel dibandingkan di SMA. Kamu pun bisa punya banyak waktu luang untuk mengembangkan diri atau bersenang-senang. Tapi kalau kamu sudah mulai merasa bosan dengan kegiatan pengisi waktu luang yang begitu-begitu saja, kenapa nggak mencoba kegiatan di bawah ini? kita mau kasih tahu kamu beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan waktu luang selama jadi mahasiswa. Yuk, simak!

1. Nikmati Setiap Sudut Kampusmu

Nikmati olahraga sore di area kampus

Berkuliah di kampus yang besar, jangan sampai kamu hanya menikmati ruang kelas dan kantinnya saja. Manfaatkan kesempatan selagi kamu masih berstatus mahasiswa ini untuk mengeksplorasi lebih jauh setiap sudut kampusmu. Nikmati sensasi berolahraga pagi di lapangan kampus dan menghabiskan sore dengan duduk-duduk santai di area rerumputan kampus bersama teman-teman. Sempatkan juga untuk berkunjung ke gedung fakultas lain untuk sekedar bertemu teman, mencicipi makanan kantinnya, atau memanjakan matamu.

2. Coba Menggali Sisi Lain dari Dirimu

Biarkan dirimu merasakan hal baru yang selama ini terlalu takut untuk kamu coba — ikut kelas olahraga bela diri, belajar bermain gitar, mendalami bahasa asing lain, atau berpartisipasi dalam gerakan kemanusiaan. Lakukan sebanyak mungkin kegiatan yang bisa menggali sisi lain dari dirimu. Siapa tahu ternyata salah satu dari kegiatan tersebut adalah bakat terpendammu!

3. Aktif di Kegiatan atau Organisasi Kampus

Ikut BEM kampusmu

Aktif di kegiatan atau organisasi kampus akan memberikan manfaat yang banyak. Selain dapat memperluas jaringan pertemananmu, ini akan memperkaya pengalamanmu dalam bekerja tim. Pengalaman ini berguna untuk melatih jiwa kepemimpinanmu — keahlian yang diperlukan saat kamu mencari kerja nanti.

Kamu bisa mulai dari mengikuti kepanitiaan acara kecil-kecilan di kampus. Berikutnya, beranikan diri untuk mendaftar menjadi anggota organisasi kampus, seperti himpunan mahasiswa jurusan atau bahkan badan eksekutif mahasiswa. Tapi setelah berhasil jadi bergabung di organisasi kampus, kamu jangan menjadi anggota yang pasif. Aktiflah menuangkan ide-ide kreatif, dan kembangkan pemikiranmu untuk berpikir secara kritis.

4. Bergabung di Komunitas Luar Kampus yang Menarik Bagimu

Bergabung dengan komunitas di kotamu

Selain aktif di organisasi kampus, bergabung jugalah dengan komunitas di luar kampus yang sesuai dengan minatmu. Jika tertarik dengan bidang pendidikan, bergabunglah dengan komunitas yang bergerak di bidang pendidikan, seperti Komunitas Jendela. Kalau kamu ingin mengampanyekan gerakan Go Green, bergabunglah dengan komunitas Indonesia Berkebun. Tidak perlu ragu dan malu! Mereka pasti dengan senang hati menerimamu.

5. Mengganti Warna Rambutmu

Mau coba warna rambut Tiffany mungkin?

Saat SMA, kamu terikat dengan peraturan sekolah yang tidak memperbolehkanmu mengecat rambut. Padahal, tidak terhitung berapa kali kamu ingin mencoba berbagai warna rambut yang sedang menjadi tren saat itu. Nah berhubung kamu sekarang sudah menjadi mahasiswa, ayo ganti warna rambutmu dengan warna-warna yang kamu ingin coba sejak dulu. Kalau sudah kerja nanti, akan susah lho mendapat kesempatan ini lagi.

6. Berteman Akrab Dengan Dosen

Kata siapa dosen hanya bisa jadi sosok yang kolot dan menyeramkan? Dosen bisa menjadi teman diskusi yang seru dan menyenangkan. Dengan mengobrol empat mata, kamu bisa mendapatkan segudang pengetahuan darinya. Ini tentu tidak bisa kamu dapatkan di dalam kelas.

Untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah ke jenjang S-2, mengakrabkan diri dengan dosen juga memiliki keuntungan tersendiri. Kamu akan dengan mudah mendapatkan surat rekomendasi yang berguna sebagai syarat pendaftaran pendidikan Master. Gimana, masih takut bergaul dengan dosen?

7. Rajin Cari Info Beasiswa

Prestasi dan nilai baik = Kuliah GRATIS

Biaya kuliah tidak selalu mahal, kok. Banyak beasiswa yang ditawarkan oleh pihak kampus maupun instansi luar untuk membantu meringankan biaya kuliahmu. Syarat utamanya hanya 1: prestasi yang baik dan stabil.

Jadi, ayo jangan malas untuk cari info tentang beasiswa di kampusmu. Kapan lagi kamu bisa merasakan bersekolah dengan gratis. Tapi yang paling penting, jangan malas untuk belajar ya. Kalau sudah rajin cari info tapi nilainya tidak baik, tetap saja kamu tidak bisa dapat beasiswa.

8. Mulailah Menulis!

Mulailah menulis

Saat kuliah, kamu akan disibukkan dengan berbagai tugas yang kebanyakan berupa esai tulisan. Agar idemu tidak buntu, rutinlah menulis — bisa melalui blog atau kolom majalah kampus. Semakin sering kamu menulis, otakmu akan terbiasa untuk mencari ide-ide baru. Struktur menulismu pun semakin membaik dan pembendaharaan katamu semakin banyak. Tugas menulis esai sudah tidak akan lagi menjadi beban untukmu. Sudah terbiasa, sih.

9. Tidak Takut Melakukan Apapun Sendirian

Karena sudah menjadi mahasiswa, kamu tidak lagi ingin dianggap sebagai anak kecil. Walaupun begitu, terkadang kamu masih takut untuk melakukan apa-apa sendirian, seperti makan, menonton di bioskop, atau menonton konser. Memang, jika ada orang yang menemani akan menjadi lebih asyik dan menyenangkan. Tapi, kamu harus tahu kalau tidak di setiap kesempatan selalu ada orang yang menemanimu. Biasakan dirimu untuk mampu melakukan apapun sendirian. Semakin sering kamu membiasakan diri, semakin mudah dirimu untuk menghadapi situasi ini. Kamu pun bisa menjadi seseorang yang lebih percaya diri.

10. Mulai Belajar Mengatur Prioritas

Patuhi jadwalmu

Masa kuliah memang sayang untuk dilewatkan tanpa bersenang-senang dan bebas mengembangkan diri, apalagi melihat banyaknya waktu luang dan kesempatan yang ada saat kamu menjadi mahasiswa. Kalau tidak pintar mengatur prioritas, bisa-bisa tujuan utamamu sebagai mahasiswa akan terbengkalai.

Nah selagi belum terlambat, ayo cari cara untuk mengatur prioritasmu. Buat jadwal harian atau mingguan yang harus kamu ikuti. Patuhi jadwal yang telah kamu susun itu. Ubahlah jadwalmu hanya jika ada keperluan yang sangat mendesak.

Cari Artikel Lainnya