0
70
0
Mau Tahu Rahasia Guru Agar Selalu Tampil Aktif?
6 days 'ago'

Siapa yang ingin menjadi dokter?," tanya saya, sambil mengangkat tangan kanan saya ini menjulang tinggi.

Ahh serentak sebagian murid-murid bergemuruh mengangkat tangannya juga, lebih tinggi dari saya. Malah ada yang sambil berdiri dan langsung menyambar jawaban tadi.

"Saya, Buuuu," Jawab mereka, gemuruh suara mereka rasanya memecahkan ruangan kelas.

Namun ya namanya anak-anak, tak sedikit pula ada yang masih malu-malu, melihat ke ke kanan dan ke kiri dan akhirnya ikutan jua menjulurkan tangan kanan seraya berteriak memberi jawaban, "Sayaaa".

Eh, ketika ditanya kembali mengenai cita-cita dengan profesi yang lain, walhasil lagi-lagi ada saja yang kembali mengangkat tangannya untuk kesekian kalinya.

Keceriaan Anak anak Di Dalam Kelas I Dokpri

Keceriaan Anak anak Di Dalam Kelas I Dokpri

Dasar anak-anak! Maunya terus saja mencoba menggantungkan cita-cita mereka tadi setinggi langit saja, dengan bersuara keras, yang penting tampil saja dahulu.

Eh apa mereka tidak capek ya? Terkadang saya menanya sendiri dalam batin saya, dan jujur saya saja yang sering capek sih menghadapi mereka.

Sorak dalam kelas tak lantas berhenti bergemuruh, ketika saya hendak membagikan kertas kecil kepada mereka yang akan digunakan untuk menuliskan cita-cita mereka di pohon cita-cita di depan kelas, selanjutnya.

Ya ampun, anak laki-laki berhamburan maju kedepan, anak perempuan juga tak mau kalah. Dorong mendorong tak terelakkan. Saya pun tak lantas diam. Ada yang menangis karena tersenggol, Aduuh.

Badan terpaksa menjadi gesit pontang-panting untuk mentertibkan mereka kembali pada antrean yang benar sehingga akhirnya mereka dapat menempelkan cita-cita mereka di secarik kertas tadi di depan kelas.

Kegembiraan mereka terus bersaut-sautan. Suara mereka bersatu padu menjadi besar, tidak ada pilihan lain untuk membuat saya juga harus membesarkan volume suara saya agar lebih besar menandingi mereka, agar bisa didengar dan membuat kelas menjadi tenang kembali.

Guru Mau Tidak Mau Ya Harus Aktif-kan?

Di atas sepenggal moment seru saya di dalam kelas, dengan murid murid Sekolah Dasar (SD) yang luar biasa kreative dan aktive ya?

Moment yang tidak berlangsung sehari dua hari, namun rasanya berlangsung setiap hari di jam kerja bersama 'kenakalan' mereka. Tawa dan tangis mereka menjadi warna favorit di dalam kelas. Sudah bisa terbayangkan menjadi guru-kan?

Di samping itu, menjadi guru Sekolah Dasar memang jua mengasyikan, kita bisa bermain, belajar dan selalu menjadi kreative untuk belajar menjinakkan kelas yang bisa jadi buas karena ulah mereka tadi.

Kesabaran jelas harus tertanam dalam-dalam. Selain itu faktor lain seperti phisik yang prima juga amat diperlukan dalam proses mengajarkan semua pelajaran ke mereka.

Aneka Macam Kreatifitas Anak Dalam Kelas I Dokpri

Aneka Macam Kreatifitas Anak Dalam Kelas I Dokpri

Bagaimana merancang pendekatan kita agar bisa membujuk, menegur dan menasehati mereka dengan cara yang positive yang akhirnya membantu mereka untuk sungguh-sungguh dalam belajar dalam rangka mengejar cita-cita mereka tadi. Ya mungkin menjadi gurru seperti saya? Mungkin saja ya.

Namun ya namanya guru juga manusia-kan? Adakalanya, jenuh, kelelahan dan juga kesabarannya berbatas serta luput dari sakit. Ahh,tapi itu bukan alasan, pasti-lah ada cara lain untuk membuang semua faktor penghambat untuk menjadi guru yang tetap selalu aktive tidak gampang lelah dan terus bergerak di dalam kelas. Kalau itu kita pasti sepakat deh tentang itu semua, ya demi anak-anak!

Masih Mau Menjadi Guru? 

Pertanyaan mengenai apa cita-cita di masa depan nanti seakan menjadi sulit bila dibalik ditujukkan kepada diri kita yang saat ini sudah bekerja alias bukan anak-anak lagi ya?

Bagi saya, cita-cita saya ya apa yang saya kerjakan saat ini, profesi yang saya kerjakan saat ini  yang hasilnya bisa digunakan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari bahkan lebih seperti keinginan.

Meski ketika kecil dulu, ada saja cita-cita yang saya tanamkan dalam benak saya. Meski akhirnya melenceng dari cita-cita sebelumnya saat ini, dan saya anggap tidak masalah selama saat ini kita masih bisa menikmati dan mencintai pekerjaan apa saja yang kita geluti.

Dan untuk menjadi tetap konsisten untuk menyayangi pekerjaan tentunya akan mensyaratkan banyak hal, terutama masalah finansial yang akan didiapatkan-kan? Namun memang jika ditanya soal itu, baiklah kita sama-sama tahu saja, life is never flat kata mbak Agnes Mo.

Kegiatan Outbond Di Kolam Renang Harus Ekstra Sabar Mengatur Mereka I Dokpri

Kegiatan Outbond Di Kolam Renang Harus Ekstra Sabar Mengatur Mereka I Dokpri

Di luar itu, pekerjaan yang kita pilih juga harus sesuai dengan passiondan kemampuan baik phisik tubuh dan phiskologis kita untuk dapat meng-handle semua yang menjadi tanggung jawabnya sehari-harinya. Sehingga kesehatan kita juga bisa terjamin dalam menggelutinya sehari-hari.

Dilihat sepintas, menjadi seorang guru sekolah dasar memanglah mudah. Bayangan yang ada di kepala kita, paling enak, kalau guru hanya duduk-duduk saja di selama proses mengajar, dan bahan ajarnya juga paling gampang sedunia.

Namun faktanya, menghadapi anak sekolah dasar dengan tingkatan di kelas satu, dua, dan tiga, keaktivan guru akan selalu dituntut, selalu!

Capek ? namanya kerja pastilah capek-kan? Sama saja dengan profesi lain. Keaktivan guru untuk bergerak kesana dan kemari akan membutuhkan energy dan kesiapan phisik yang kuat.

Dan saya yakin, dan teman --teman lainnya pasti memiliki cara masing masing untuk tetap sehat plus bugar agar terus bersemangat dalam mengajar anak didik kita setiap hari.

Tantangannya Hebat Itu Bercengkrama Dengan Anak Aktif Di Luar Kelas!

Setiap hari di jam sekolah, keriangan anak-anak semakin menjadi-jadi ketika mengisi aktivitas di luar kelas. Selain guru, daya tahan anak-anak-pun juga dituntut untuk menurutin keaktifan mereka sendiri.

Kegiatan di luar kelas macam outbond ke luar daerah  menjadi tantangan kami sebagai Guru. Kami biasanya melakukan kegiatan outbond di pantai yang tak pernah terlewatkan di akhir ujian sekolah.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow