999 +
0
29
0
Penjelasan Mengenai Pantai Dan Pesisir Di Bumi
4 weeks 'ago'

Bentang alam yang terdapat di planet bumi ini tentunya ada banyak macamnya, dari bentang alam tersebut masing - masing memiliki ciri dan karakteristik masing - masing. Pantai dan pesisir, juga merupakan salah satu bentuk bentang alam yang ada di planet bumi ini.

Keberadaan bentang alam ini tentunya semakin menambah nilai keistimewaan yang dimiliki oleh planet bumi sebagai tempat tinggal makhluk hidup termasuk juga di dalamnya adalah manusia yang hidup di bumi. Pantai maupun juga pesisir, barang kali kebanyakan dari kita sudah banyak melihat bentuk dari bentang alam ini. Atau mungkin juga ada yang belum pernah menyaksikan bentang alam pantai tetapi sudah pernah melihat bentang alam yang namanya pesisir atau mungkin malah belum pernah melihat dari kedua jenis bentang alam ini. Selain itu mungkin ada yang bertanya pada saat membaca catatan ini "apakah pantai itu berbeda dengan pesisir ya?" untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan seperti demikian maka silahkan membaca dan memahami catatan kali ini secara teliti. "Selamat belajar..."

Ayo cari tahu definisi atau yang dimaksud dengan wilayah pantai maupun pesisir

Wilayah pantai maupun pesisir ini terdapat pada daerah yang berada dekat dengan wilayah laut. Pantai dapat diartikan sebagai bagian dari permukaan bumi yang mana sebagian besar penyusunnya terdiri dari pasir, daerah ini dipengaruhi oleh cuaca dan kondisi dari air laut. Wilayah pantai ini di alam dapat diketahui sebagai pembatas antara wilayah daratan dengan wilayah lautan.

Bentuk yang dimiliki oleh daerah pantai ada dua macam bentuk pantai yakni pantai landai dan pantai curam. Pantai yang bentuknya curam ini pada umumnya terdapat pada daerah laut yang berbatasan langsung dengan daerah pegunungan. Bentuk permukaan pantai ini selalu mengalami perubahan dari satu bentuk kebentuk yang lain yang dipengaruhi oleh kondisi lingkungannya. Pesisir disini dapat diartikan sebagai bagian dari wilayah pantai, yang mana keadaannya tergenang oleh air ketika air laut pasang dan kering pada saat air laut surut. Ketika air laut surut dan mengakibatkan wilayah pesisir mengering maka wilayah pesisir ini dapat dimanfaatkan untuk menjadi lahan pertanian.

Sekian dahulu catatan kali ini yang menguraikan mengenai sepenggal informasi penjelasan mengenai pantai dan pesisir. Semoga catatan ini dapat memberikan manfaat.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow