0
79
0
10 Kata Gak Biasa Ini Bikin Kamu Terlihat Cerdas di Depan Orang Lain
4 weeks 'ago'

Bahasa Indonesia kaya akan kosakata yang jumlahnya mencapai ratusan ribu. Namun, masih sedikit kata atau frasa yang digunakan dalam keseharian. Di antara banyaknya kata yang jarang terpakai ternyata ada beberapa yang jika dipakai bisa membuat kita terlihat pintar di depan orang lain. Penasaran apa saja? Berikut sepuluh kata di antaranya.

1. Ketika kamu ingin mengungkapkan keraguan akan suatu kebenaran

Kata ini cocok buat kamu gunakan ketika merasa sebuah hal atau peristiwa tampak kurang meyakinkan dan perlu untuk ditelusuri lebih lanjut. 

2. Penyebutan orang dari keturuan raja atau kerabatnya

Kamu bisa memakai kata ini ketika menyebut mereka dari golongan kerajaan atau orang kaya yang punya gelar bangsawan. Lebih terlihat keren kan?

3. Menggambarkan keadaan yang stabil atau setara

Coba deh kamu pakai kata ini saat menjelaskan kondisi di lingkungan sekitarmu yang seimbang kepada teman atau keluarga. Kamu pasti dianggap keren dan pintar.

4. Jika ingin menggambarkan dua bentuk atau organisasi yang bergabung jadi satu

Kata ini bisa dipakai bila organisasi yang kamu kelola bergabung dengan pihak lainnya dan menjadi satu instansi baru.

5. Kejadian atau proses yang dilakukan berulang-ulang

Mungkin kamu sering menggunakan kata "berulang-ulang" untuk menjelaskan kejadiannya yang sering terjadi dengan pola yang sama. Mulai sekarang coba deh ganti dengan kata yang satu ini. Singkat dan lebih bermakna.

6. Dua orang atau kubu yang awalnya satu menjadi berbeda pemikiran

Kalau kamu ingin memilih paduan kata untuk menjelaskan pihak yang bersengketa ada baiknya dirimu memakai kata ini. Lebih enak didengar dan membuatmu tampak cerdas pula.

7. Saat ingin menjelaskan kehidupan yang tidak menetap di suatu tempat

Kalau kata yang satu ini cocok saat kamu mau menjelaskan sejarah manusia pada masa lampau kepada adik atau teman. Lebih ringkas dan terlihat elok, bukan?

8. Kata yang dipakai untuk menjelaskan sebuah perumpamaan

Buat kamu yang suka menyampaikan pepatah ada baiknya kamu menggunakan kata ini di awal. Contohnya, "Ada adagium mengatakan bahwa sekali dayung dua tiga pulai terlampaui,". Makin tambah kelihatan pintar kan?

9. Adanya kelompok di dalam sebuah kelompok

Kata ini berbeda lho artinya dengan fraksi. Faksi lebih menggambarkan kondisi di mana sebuah kelompok berusaha menonjolkan dirinya dengan cara perpecahan dalam kelompok atau bahkan suatu negara. 

10. Kata untuk menggambarkan suatu hal yang memenuhi kriteria

Kalau kamu mau menilai kepantasan sebuah barang atau kemampuan temanmu kata ini bakal bikin yang mendengarkan merasa bahwa dirimu orang yang berkompeten.

Itu tadi kata yang bisa bikin dirimu terlihat pintar di mata orang lain. Apa kamu punya rekomendasi kata lainnya? Langsung saja isi di kolom komentar.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow