999 +
0
82
0
Macam - Macam Adaptasi Makhluk Hidup
1 month 'ago'

Di alam yang bebas ini tentunya banyak makhluk hidup dengan beranekaragam jenisnya, yang mana setiap makhluk hidup tersebut selalu berusaha menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungannya untuk dapat mempertahankan kehidupannya. Kemampuan masing - masing makhluk hidup dalam menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan tempat hidupnya biasa dinamakan dengan adaptasi. Kemampuan adaptasi dari masing - masing makhluk hidup itu tidak sama, masing - masing akan melakukan adaptasi atau penyesuaian diri mempertimbangkan kebutuhannya yang dapat dimanfaatkan dari lingkungan. Dengan kondisi yang seperti demikian ini kemampuan adatasi dari setiap makhluk hidup memiliki tipe ada jenis adaptasi yang berbeda - beda dan tentunya bermcam - macam adaptasi yang dilakukan.

Pada tulisan atau catatan kali ini kita akan belajar secara bersama - sama untuk mengetahui pengertian dari adaptasi tersebut, beserta macam - macam dari adaptasi yang dilakukan oleh makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungannya. Dengan kita mengetahui pengertian dari adaptasi maka tentunya akan semakin menambah pengetahuan yang kita miliki. Selain mengetahui mengenai pengertian dari adaptasi kita juga akan memahami berbagai macam jenis atau macam dari adaptasi yang dilakukan oleh makhluk hidup. Langsung saja silahkan menyimak catatan kali ini dengan baik untuk memahami mengenai pengertian adaptasi dan macam - macam dari adaptasi yang dilakukan oleh makhluk hidup yang berada di alam bebas ini.

Mengetahui pengertian dari adaptasi dan macam - macam adaptasi

Proses adaptasi yang dilakukan oleh makhluk hidup tentunya merupakan proses yang tidak bisa dianggap remeh guna makhluk hidup tersebut bisa melangsungkan kehidupannya. Setiap makhluk hidup harus bisa memiliki kemampuan adaptasi yang baik agar bisa mempertahankan kehidupannya. Setiap makhluk hidup tentunya memiliki kemampuan adaptasi yang tidak sama. Masing - masing makhluk hidup memiliki ciri - ciri khusus masing - masing jadi kemampuan adaptasi dari setiap makhluk hidup tentu saja tidak sama alias berbeda. Kondisi lingkungan yang tidak sama juga tentunya akan memberikan kecocokan pada jenis makhluk hidup tertentu yang memiliki kemampuan adaptasi sesuai dengan kandisi lingkungan tersebut.

Adaptasi dapat diartikan sebagai suatu bentuk kemampuan organisme dalam menyesuaikan diri dengan lingkuangannya. Kemampuan penyesuaian diri yang dilakukan oleh makhluk hidup ada macam - macam jenisnya diantaranya meliputi adaptasi struktur, adaptasi fisiologi, adaptasi sistem sensori, adaptasi tingkah laku, adaptasi reproduksi, adaptasi organisasi sosial, dan adaptasi koevolusi. Masing - masing jenis adaptasi yang dilakukan oleh makhluk hidup ini tentunya memiliki tujuan yang sama yakni melakukan penyesuaian diri dengan lingkungan sekitarnya agar tetap bisa bertahan hidup. Berikut ini merupakan pemaparan secara ringkas mengenai pembahasan beberapa macam adaptasi yang dilakukan oleh makhluk hidup seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Adaptasi Struktur, Keanekaragaman struktur tubuh suatu organisme bergantung pada tinggi rendahnya tingkatan suatu organisme tersebut. Pada umumnya semakin tinggi tingkatan dari suatu organisme maka akan memiliki struktur tubuh yang semakin kompleks. Tingkat kekompleksan dari struktur tubuh yang dimiliki oleh suatu organisme ini merupakan sebagai bentuk perwujudan dari hasil adaptasi suatu organisme tersebut terhadap lingkungannya. Semakin kompleks atau tidaknya struktur tubuh dari organisme tersebut menunjukan mengenai tingkat kemaampuan adaptasi yang dimiliki oleh organisme tersebut. Struktur tubuh yang dimiliki oleh setiap organisme yang ada di alam ini dikendalikan oleh gen yang dimiliki oleh organisme tersebut. Jadi, sepanjang sejarah selama terjadi evolusi makhluk hidup, hasil dari proses adaptasi organisme terhadap lingkungannya diwujudkan dalam bentuk gen yang mengendalikan sifat - sifat dari suatu organisme tersebut.

Ada pun beberapa bentuk adaptasi struktur yang dimiliki oleh beberapa organisme yang hidup di alam ini. Diantara beberapa dari bentuk adaptasi struktur tersebut diantaranya burung memiliki sayap, ikan memiliki sirip dan bentuk tubuhnya pipih sehingga memudahkan untuk berenang dan bergerak di dalam air, kuda memiliki dengna jari tengah yang berkembang dengan baik sedangkan bagian jari yang lain tereduksi sehingga menyebabkan kuda memiliki kemampuan untuk berlari dengan kencang. Semuanya tersebut merupakan suatu bentuk dari hasil adaptasi yang dilakukan oleh suatu organisme yang mana dalam waktu yang panjang memunculkan bentuk struktur tubuh tertentu yang menyesuaikan dengan lingkungannya. Tumbuhan yang hidup di daerah air juga memiliki struktur tubuh yang berbeda dengan tumbuhan yang hidup di daratan atau juga dengan tumbuhan yang hidup di daerah padang pasir. Kondisi struktur tubuh yang seperti demikian tersebut merupakan suatu bentuk hasil dari proses adapatasi terhadap lingkungan yang sudah berlangsung dalam jangka waktu selama jutaan tahun.

Adaptasi Fisiologi, Penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungannya juga terjadi dari segi fisiologi dari makhluk hidup atau suatu organisme tersebut. Adaptasi fisiologi merupakan suatu bentuk adaptasi yang mana suatu bentuk proses penyesuaian kerja faal tubuh makhluk hidup terhadap lingkungan dari makhluk hidup tersebut. Sebagai contohnya saja guna mengurangi penguapan air dalam kondisi terik dan panas, tumbuhan kantus  [1] memiliki daun yang berukuran kecil atau malah tidak memiliki daun sama sekali. [2] Batang tumbuhan kantus terisi oleh air dan memiliki klorofil yang berfungsi untuk berfotosintesis. [3] Akar dari tumbuhan kaktus ini menyebar di bawah permukaan tanah untuk memudahkan proses penyerapan air.

Pada hewan juga terjadi adaptasi fisiologi, sebagai contohnya pada hewan yang dapat terbang yaitu burung memiliki kantong udara. Kantong udara pada burung ini dipergunakan untuk menyimpan udara penapasan pada saat burung melakukan terbang. Sebagai contoh lainnya adaptasi fisiologi pada hewan yaitu adaptasi fisiologi pada ikan adalah ikan memiliki insang yang mana dipergunakan sebagai tempat pertukaran udara antara oksigen dengan karbon dioksida yang terlarut di dalam air. Adapun sebagai contoh lainnya yaitu hibernasi yang mana dilakukan oleh hewan - hewan yang hidup di daerah dengan kondisi iklim dingin, misalnya saja hewan tikus. Pada waktu musim dingin, aktivitas fisiologi dari hewan ini mengalami penurunan yang sangat drastis, denyut jantung yang dimilikinya rendah, metabolisme yang dilakukannya rendah sehingga energi yang dikeluarkan oleh hewan ini rendah. Tetapi bilamana musim dingin telah berakhir maka hewan ini akan kembali hidup dengan kondisi normal kembali. Hal - hal yang demikian tersebut merupakan beberapa contoh dari proses adaptasi fisiologi yang dilakukan oleh beberapa jenis hewan berdasarkan pada kondisi lingkungan sebagai tempat hidupnya.

Sekian sampai di sini dahulu penyajian catatan yang membahas mengenai pengertian adaptasi dan macam - macam adaptasi yang dilakukan oleh makhluk hidup. Semoga catatan yang kurang dari sempurna ini tetap bisa ikut andil dalam menambah informasi. Diharapkan juga isi catatan ini bisa mudah dipahami dan dapat memberikan manfaat. Terima kasih diberikan kepada teman - teman semua yang melonggarkan sedikit waktunya untuk menyimak catatan pada blog ala kadarnya ini.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow