0
54
0
Mau Kuliah Jalur Beasiswa S1 di UMN? Ini Syarat dan Prosedurnya!
1 month 'ago'

Universitas Multimedia Nusantara memang tidak sementereng universitas besar di Indonesia. Terlebih, universitas ini baru diresmikan pada tanggal 20 November 2006 lalu. Namun untuk tingkatan Perguruan Tinggi Swasta, universitas ini sudah sangat bagus dan sudah mendapatkan Akreditasi A.

Kamu bisa coba kuliah di sini dengan jalur beasiswa S1 yang cukup menjanjikan. Ada beberapa program beasiswa S1 yang bisa kamu pilih di sini. Mau coba?

1. Beasiswa Prestasi Akademik

Salah satu beasiswa yang bisa kamu ambil di UMN adalah beasiswa prestasi akademik. Beasiswa yang satu ini khusus diberikan pada siswa SMA/SMK yang memiliki prestasi akademik dari kelas X hingga kelas XII. Kamu bisa dapat keringanan uang pangkal berdasarkan peringkat yang kamu peroleh selama di SMA.

Syarat untuk mendaftar beasiswa program ini adalah kamu harus lulusan SLTA tahun terbaru. Ingat, SLTA-mu haruslah SLTA yang memiliki akreditas A. Kamu juga harus memiliki nilai mata pelajaran utama di atas rata-rata. Untuk setiap program studi yang kamu ambil, syarat untuk nilai mata pelajaran utama ini berbeda-beda.

Untuk prosedur mendaftar beasiswa jalur ini, kamu cukup mengisi formulir pendaftaran atau mengisi formulir secara daring. Setelah itu, kamu juga diharuskan untuk melampirkan fotokopi rapot kelas C dan XI serta Surat Keterangan Kepala Sekolah mengenai peringkat yang kamu peroleh.

2. Beasiswa Bidang Olahraga dan Kesenian

jalur beasiswa S1 UMN

Selain beasiswa prestasi akademik, kamu juga bisa mengambil jalur beasiswa di bidang olahraga dan kesenian. Beasiswa ini akan memberikan potongan uang pangkal untuk calon mahasiswa yang lulus pada beasiswa ini.

Untuk syarat mendaftarnya, kamu harus pernah memenangkan kompetensi atau lomba olahraga atau kesenian baik perorangan atau grup.

Selain itu, nilai akademismu juga akan dipertimbangkan untuk beasiswa ini. Sama seperti beasiswa prestasi akademik, nilai mata pelajaran utama standar yang diterima berbeda-beda untuk setiap program studi yang bakal kamu ambil.

Untuk prosedur pendaftaran, caranya kamu hanya perlu mengisi formulir pendaftaran secara daring di laman UMN.

Setelah itu, lampirkan dokumen yang dibutuhkan yakni fotokopi raport kelas X, XI, dan XII serta fotokopi kartu pelajar atau KTP. Selain itu, masukkan juga fotokopi KK dan Surat keterangan dari kepala sekolah. Fotokopi sertifikat kejuaraan juga tentu saja harus dilampirkan. Jangan lupa lampirkan juga pas foto ukuran 4 x 6 terbaru.

3. Beasiswa Olimpiade Sains

Bagi kamu yang memiliki prestasi di bidang Sains, khususnya yang pernah mendapatkan medali pada Olimpiade Sains baik nasional ataupun internasional, kamu juga bisa dapat beasiswa dari UMN. Syarat untuk mendapatkan beasiswa adalah menjadi peserta OSN mewakili provinsi asal maksimal 3 tahun trakhir.

Universitas Multimedia Nusantara beasiswa

Kamu hanya diperbolehkan untuk mengambil program studi yang berhubungan dengan sains saja selama di sini, pengecualian untuk program komputer. Kamu juga harus lulus SLTA yang memiliki akreditasi A. Untuk beasiswa yang didapat, besarannya berbeda tergantung dari medali yang kamu dapat.

Untuk prosedur pendaftarannya, kamu harus mengisi formulir secara daring di laman UMN dan mengirimkan lampiran yang diperlukan. Lampiran yang diperlukan adalah fotokopi raport kelas X, XI, dan XII. Lalu, fotokopi kartu pelajar, KK serta Surat Keterangan Bukti Peserta di OSN. Jangan lupa lampirkan pas foto ukuran 4 x 6 warna terbaru juga.

Nah, bagaimana? Kamu tertarik untuk mendaftar kuliah di UMN dengan jalur beasiswa S1? Besaran beasiswa yang bisa kamu dapat di universitas bergengsi di bawah naungan Kompas Gramedia ini cukup menarik, lo!

Sebelumnya, kalau kamu mau kamu juga bisa ambil jalur akademik dan tes reguler, kok! Tapi, kalau ada jalur beasiswa, kenapa tidak coba dulu, kan?

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow