999 +
0
44
0
Mau Jadi Guru Profesional? Ini Tipsnya
1 month 'ago'

Menjadi seorang guru yang profesional tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Akan ada banyak lubang serta rintangan dimana kita bisa terjatuh kedalamnya. Hambatan-hambatan ini pada akhirnya harus bisa diatasi dengan baik. Beberapa guru berusaha berperan untuk menjadi 'teman' baik bagi para siswanya. Mereka melakukan ini tentu dengan tujuan yang baik, yaitu berkeinginan menjadi seseorang yang jika ada siswa kebingungan, mereka akan datang kepada gurunya untuk meminta saran. Tapi niat baik ini adalah tidak benar.

Sebagai seorang guru tetap harus berperan sebagai seorang guru, tanpa harus melupakan usaha untuk lebih dekat dengan siswa, tapi keliru ketika kita berpikir bahwa kita harus menjadi 'teman' bagi para siswa. Jika kita mencoba untuk menjadi seperti demikian, kelas tidak akan berjalan dengan lancar dan sebagai hasilnya, siswa pun tidak akan optimal dalam belajarnya. Bahkan tidak sedikit dari siswa yang cenderung melawan kepada gurunya. Tapi ingat, menjadi guru profesional pun tidak berarti bahwa Anda menjadi membosankan saat pembelajaran. Anda bisa memperhatikan prinsip-prinsip ini.

Jadilah sebagai mentor siswa, bukan teman mereka

Guruyang efektif akan peduli terhadap siswa mereka dan ingin terlibat dalam kehidupan mereka, tetapi mereka juga menyadari bahwa mereka harus mengambil peran mentor, bukan teman. Seorang mentor mengarahkan dan membimbing siswa tanpa bertindak seperti rekan mereka.

Lebih disiplin dalam mengajar

Disiplin dalam mengajar adalah kunci sukses seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru yang disiplin akan menjadi panutan bagi siswa sehingga siswa tidak mau main-main dalam belajar. Dalam hal ini bukan sembarang disiplin. Melainkan disiplin yang menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi sekolah, karakter siswa dan lingkungan sosial sekolah.

Lebih pedulikan tentang keefektifan belajar

Semua orang memiliki keinginan bawaan untuk disukai, termasuk guru yang ingin disukai siswa, Anda sebagai seorang guru tidak boleh membiarkan kecenderungan alami ini. Jika Anda terlalu khawatir siswa tidak suka kepada Anda, maka Anda tidak bisa disebut sebagai guru profesional. Kelas akan menjadi sangat sulit untuk dikontrol jika situasinya seperti ini. Sebaliknya, berusahalah untuk fokus pada keinginan Anda untuk menjadi guru yang efektif saat pembelajaran,jangan terlalu condong pada pengharapan disukai oleh siswa. Jika ini terjadi,Anda akan cenderung mengikuti keinginan siswa dan melupakan esensi dalam belajar.

Nah itulah tips bagaimana menjadi guru yang profesional, jika Anda punya tips dan prinsip-prinsip lain untuk menjadi guru profesional silahkan share di kolom komentar.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow