Home » Kongkow » WOW » Cara Membuat Tas dari Kemasan Bekas

Cara Membuat Tas dari Kemasan Bekas

- Rabu, 17 Oktober 2018 | 10:43 WIB
Cara Membuat Tas dari Kemasan Bekas

Kita bisa memanfaatkan kemasan plastik bekas untuk membuat tas. Tentu saja, tidak semua plastik dapat digunakan. Pilihlah plastik yang agak tebal, biasanya ia digunakan untuk membungkus cairan yang mengandung zat kimia, seperti cairan pencuci piring, sabun untuk mencuci baju dan sebagainya.

Alat dan bahan yang diperlukan: 
*. 4 kemasan plastik 450 ml dengan corak dan warna yang senada (2 buah untuk sisi depan dan belakang, 2 buah lagi untuk sisi kiri dan kanan).
*. 50 cm bisban dengan ukuran lebar 3 cm untuk tali tas.
*. 1 meter bisban dengan ukuran lebar 2 cm.
*. 4 cm perekat.
*. 30 cm renda katun sebagai pemanis.
*. Jarum (ukuran 16) dan benang jahit berwarna senada.

Berikut ini cara membuat tas dari plastik bekas: 

 

  1. Bersihkan noda kemasan plastik dengan kertas tisu basah, kalau tidak ampuh, rendam dengan air hangat selama 30 menit.
  2. Gunting 2 buah kemasan dengan ukuran sesuai yang diinginkan. Tapi, usahakan potongan kedua kemasan plastik memiliki ukuran yang sama.
  3. Gunting 2 kemasan lain (untuk sisi kiri dan kanan) menjadi dua bagian lebarnya (7cm). Jahit bisban di sisi masing-masing kemasan yang sudah dipotong.
  4. Pasang dan jahit perekat dengan memakai mesin jahit pada bagian plastik yang akan digunakan sebagai penutup tas.
  5. Pasang dan jahit bisban dengan lebar 3cm pada bagian permukaan plastik (sisi kanan dan kiri), untuk digunakan sebagai tali tas.
  6. Kemudian pasang dan jahit renda katun sekaligus bisban pada sisi atas lembar kemasan plastik. Lakukan langkah ini pada kemasan plastik untuk sisi depan dan belakang.
  7. Sambungkan kedua kemasan plastik yang sudah dipotong berukuran 7cm (untuk sisi kiri dan kanan tas). Sehingga membentuk lembaran panjang.
  8. Hubungkan dan sambung dengan jahitan mesin, bagian tadi (no.7) dengan lembaran plastik untuk sisi depan dan belakang.
  9. Lalu pasang bisban pada seluruh tepinya. Tas pun sudah siap untuk digunakan.



Untuk membuat tas yang berukuran lebih besar, Anda bisa lakukan dengan cara yang sama. Tinggal ganti ukurannya saja.

Cari Artikel Lainnya