999 +
0
49
0
5 Tips Lulus CPNS 2018 untuk Fresh Graduate
1 week 'ago'

Pembukaan penerimaan CPNS 2018 akan dibuka sebentar lagi. Kamu tertarik untuk melamar? Agar tak sia-sia, kamu bisa terapkan beberapa tips lulus CPNS 2018 di bawah ini.

Setidaknya, kamu bisa menyiapkan semua jauh-jauh hari agar peluang diterima lebih besar dibanding yang lain. Apa saja tips yang bisa kamu lakukan? Cek di sini!

1. Pemilihan Instansi dan Formasi

Biasanya, setiap calon pelamar CPNS akan sibuk mempersiapkan berbagai dokumen terlebih dulu. Tapi, singkirkan itu dulu!

Sebelumnya pilih dulu instansi dan formasi yang sesuai dengan jurusan atau latar belakang pendidikanmu. Kamu harus cari mana instansi yang membuka lowongan sesuai latar belakang pendidikanmu.

Sebab, jika kamu mencari yang tak sesuai dengan latar pendidikan, tentu kamu tak akan bisa terdaftar. Bukalah setiap web instansi dan lihat formasi yang disediakan dan persyaratan instansi yang dicantumkan.

Ingat, tiap formasi dan instansi memiliki syarat berbeda. Kalau tak ada yang sama, setidaknya pilihlah yang mendekati latar belakang pendidikanmu.

2. Persiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

dokumen lamar CPNS 2018

Jika kamu sudah menemukan instansi dan formasi yang kemungkinan besar bisa kamu masuki, barulah persiapkan dokumen yang dibutuhkan.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, syarat setiap instansi berbeda sedangkan syarat yang biasanya beredar di media sosial hanyalah syarat umum saja.

Persiapkan semua persyaratan tersebut dengan lengkap dan upload sesuai dengan ketentuan yang ada. Oleh karena satu orang hanya diperbolehkan mendaftar di satu formasi dan jabatan saja, maka hindarilah mendaftar di hari pertama.

Jangan juga lakukan sebelum deadline. Kemungkinan besar website terkait akan error. Bisa sudah begini, apa yang bisa dilakukan?

3. Belajar

Namanya tes CPNS, jelas ada tes yang harus kamu lakukan. Tentu saja kamu harus belajar dengan benar untuk bisa mengisi seluruh soal tes CPNS tersebut meski waktu tesnya masih sangat panjang.

Pelajari pelajaran semasa sekolah. Tambahkan juga kemampuan dasar matematika, undang-undang negara dan sejarah. Ini akan membantumu ketika ujian nanti.

4. Periksa Tempat Ujian Sehari Sebelum Pelaksanaan

Saat tes dilangsungkan, sebelumnya kamu pasti sudah diberitahu di mana kamu akan menjalaninya, kan? Datanglah sehari sebelumnya agar kamu mengetahui medan.

Cukup banyak peserta yang gagal ujian CPNS karena mereka keteteran waktu dan tak survei tempat lebih dini, lo! Kamu tak mau ini terjadi, kan?

Selain itu, datanglah lebih awal ketika hari tes tiba. Misalnya ujian baru dimulai pukul 9 pagi, datanglah pukul 8 atau pukul 7.

Hal ini berguna untuk menghindari berbagai hal yang tak diinginkan selama di jalan. Tak apa kamu harus menunggu lama di tempat tes, daripada kamu harus menunggu kesempatan berikutnya lebih lama karena telat datang.

5. Ikuti Kata Hati

Dalam tes CPNS, kamu juga diharuskan untuk mengikuti tes psikologi. Jangan pernah mengarang dalam menjawab tes yang satu ini. Kamu juga tak boleh terlalu lama berpikir karena soal tersebut sudah dibuat sedemikian rupa oleh ahlinya.

Lakukanlah dengan jujur dan ikuti kata hatimu dalam menjawabnya. Ini akan lebih baik ketimbang kamu berbohong.

Pada akhirnya, tips lulus CPNS 2018 harus kamu lakukan sendiri. Selain tips di atas, kamu juga harus percaya diri.

Bagaimana bisa kamu jadi PNS yang baik jika saat tesnya saja sudah di awang-awang. Selain itu, jangan lupa jaga kesehatan juga. Tak mau sakit saat tesnya berlangsung, kan?

Follow Us On :
Lencana
Kongkow