999 +
0
95
0
Contoh Kalimat Majemuk Setara Beserta Pola SPOK
2 months 'ago'

Contoh kalimat majemuk setara beserta pola SPOK akan menunjukkan contoh kalimat yang memuat lebih dari satu subyek dan predikat dalam sebuah kalimat. Selain itu, juga bisa dilengkapi dengan lebih sari satu obyek, pelengkap, atau keterangan untuk menjadikan kalimat yang utuh. Kalimat majemuk setara banyak ditemukan dalam berbagai bacaan. Melalui halaman ini, kalian akan mempelajari contoh kalimat majemuk setara beserta pola SPOK. Selain itu, kalian juga akan mempelajari pengertian kalimat majemuk setara dan karakteristik kalimat majemuk setara.

Kalimat mejemuk setara biasanya digunakan untuk menyatakan kegiatan dalam waktu yang bersamaan. Misalkan kegiatan anggota sebuah keluarga di pagi hari. Ayah sedang minum kopi di depan rumah. Ibu sedang memasak di dapur. Kakak mempersiapkan bekal untuk sekolah. Ketiga kalimat tersebut dapat dirangkai dalam sebuah kalimat menjadi Ayah sedang minum kopi di depan rumah, Ibu sedang memasak di dapur, dan Kakak mempersiapkan bekal untuk sekolah. Terlihat bahwa dalam satu kalimat terdapat lebih dari subyek dan predikat, bukan? Jika belum mengetahui, akan diberikan ulasan pola kalimat mejemuk setara tersebut di bagian contoh kalimat majemuk setara beserta pola SPOK.

Kalimat Majemuk Setara

Halaman ini akan mengulas lebih jauh tentang contoh kalimat mejemuk setara beserta pola SPOK. Ulasan yang akan dibahas meliputi pengertian kalimat majemuk setara, karakteristik kalimat majemuk setara, dan tentu saja pada bagian akhir akan diberikan contoh kalimat mejemuk setara beserta pola SPOK.

Pengertian Kalimat Majemuk Setara

Gabungan beberapa kalimat tunggal dalam sebuah kalimat membentuk kalimat mejamuk. Terdapat beberapa jenis kalimat mejemuk. Meliputi kalimat majemuk setara, kalimat mejemuk bertingkat, kalimat majemuk rapatan, dan kalimat mejemuk campuran. Pengelompokkan kalimat mejemuk ke dalam empat kelompok ini didasarkan pada hubungan antar klausanya. Namun pembahasan melalui halaman ini akan berfokus pada kalimat mejemuk setara. Pembahasan kalimat majemuk jenis lainnya dapat disimak di halaman berkaitan.

Pengertian Kalimat Majemuk Setara

Kalimat majemuk setara adalah kalimat majemuk yang unsur-unsur antar klausa dalam sebuah kalimat memiliki hubungan yang setara atau sedarajat. Pengertian ini memiliki makna bahawa unsur-unsur dalam kalimat tersebut, bisa berupa subyek, predikat, obyek, atau keterangan, berada dalam posisi yang sama dan sederajat. Biasanya, antar klausa dihubungkan dengan tanda baca koma (,) atau kata hubung tertentu.

Karakteristik Kalimat Majemuk Setara

Sebuah kalimat majemuk dapat dibedakan dari posisi komponen unsur yang membentuk sebuah kalimat. Begitu juga dengan kalimat mejemuk setara. Karakteristik atau ciri-ciri kalimat mejemuk setaradapat dilihat berdasarkan klausa, adanya kata hubung, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah ciri-ciri atau karakteristik dari kalimat majemuk setara:

Contoh Kalimat Majemuk Setara Beserta Pola SPOK

Setelah mempelajari pengertian kalimat mejemuk setara dan karakteristiknya, selanjutnya adalah contoh kalimat mejemuk setara beserta pola SPOK. Kembali sebentar ke bagian pengantar, telah diberikan contoh sederhana dari kalimat mejemuk setara yaitu Ayah sedang minum kopi di depan rumah, Ibu sedang memasak di dapur, dan Kakak mempersiapkan bekal untuk kebutuhan di sekolah.Sekarang akan diuraikan jabatan setiap kata dalam pola kalimat mejemuk setara tersebut.

Contoh Kalimat Majemuk Setara Beserta Pola SPOK

Dapat terlihat bahwa kalimat mejemuk setara di atas memiliki tiga subyek dan tiga predikat, sebagi wakil dari kalimat lengkap dari sebuah kalimat tunggal yang digabung menjadi kalimat mejemuk setara. Berikut ini adalah beberapa contoh lain dari kalimat majemuk setara beserta pola SPOK.

Sekian ulasan tentang contoh kalimat majemuk setara beserta pola SPOK. Meliputi juga pengantar tantang struktur kalimat dan pengertian kalimat mejemuk setara. Terimakasih, semoga bermanfaat.

  1. Hubungan antar klausa berupa hubungan koordinatif, artinya setiap klausa bisa berdiri sendiri meskipun dipisahkan.
  2. Klausa yang satu memiliki kedudukan yang sama dengan klausa lainnya.
  3. Biasanya menggunakan kata hubung atau konjungsi berikut ini.
    • dan
    • lalu
    • kemudian
    • bahkan
    • ketika
    • setelah
    • sebelum
    1. Shani suka menulis cerpen dan Alanna suka membaca koran.
    2. Arya makan rendang di dapur sedangkan Roni bermain bola di lapangan.
    3. Orang tua Joni bekerja dengan rajin sedangkan Joni sekolah dengan malas-malasan. (Jangan ditiru ya sob!)
    4. Melody mengerjakan tugas kemudian dia bermain boneka bersama adiknya.
    5. Rony suka bermain game online bahkan Ia dapat bermain sampai seharian.
Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow