0
143
0
Usia Bertambah Daya Ingat Berkurang, Ini Cara Mudah Mempertajam Daya Ingat
2 months 'ago'

Semakin bertambahnya usia, tidak bisa dihindari kita semakin mudah lupa. Daya ingat mengalami penurunan tidak sama lagi seperti saat masih zaman sekolah dulu. Belum lagi dengan adanya kemudahan internet, seringkali kita mengandalkan Google untuk mencari informasi yang membuat otak kita tidak terlatih  dan tidak terbiasa untuk mengingat.

Kita terlalu terbiasa memanfaatkan gadget untuk mencari informasi dan tidak membiasakan diri untuk mengingat dan menyimpan informasi di dalam otak. Memori otak yang tidak dipakai menyebabkan kita mudah lupa meskipun usia masih muda.

Agar tidak sering kelupaan atau terserang pikun, sebaiknya kamu mulai rajin melatih memori otakmu secara rutin agar ingatanmu selalu tajam hingga tua nanti.

SUDOKU, PERMAINAN ASAH OTAK YANG BISA MEMBANTU MEMPERTAJAM DAYA INGATMU

Bermain permainan puzzle seperti Sudoku atau teka-teki silang dapat meningkatkan daya ingat. Permainan puzzle ini membantu kita berpikir secara aktif untuk menyelesaikan setiap tantangan-tantangan yang ada. Hingga otak kita pun terlatih untuk berpikir.

Beberapa penelitian yang meneliti tentang ingatan manusia menemukan, ketika seseorang bermain teka-teki silang, ingatannya dalam mengingat sesuatu meningkat jadi lebih baik. Terutama dalam meningat hal-hal umum, seperti mengingat dimana kunci diletakan, lokasi mobil diparkir, dan lain-lain.

MAKANLAH MAKANAN YANG BERGIZI, AGAR OTAKMU TERJAGA DARI RADIKAL BEBAS

Direktur UCLA Memory Clinic, Gary Small, MD mengatakan untuk mengonsumsi super food. Maksudnya, makanan-makanan yang mengandung antioksidan, buah-buahan, dan sayuran. Jenis makanan ini dapat melindungi otak dari serangan radikal bebas yang dapat merusak fungsi otak.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Neurology menemukan, otak yang kekurangan omega 3, mengalami kepenuhan memori dalam jangka waktu 2 tahun. Untuk itu, Gary juga menyarankan agar kita memakan makanan yang mengandung omega 3.

Makanan lainnya yang juga dapat mempertajam daya ingat yakni makanan atau buah yang mengandung 2.4 mg B12 dan punya kandungan vitamin D.

KESALAHAN YANG MEMBUATMU SULIT MENGINGAT ADALAH TERLALU BANYAK “MULTITASKING”

Banyak orang yang beranggapan, bahwa melakukan multitasking atau melakukan banyak [ekerjaan dalam satu waktu adalah sesuatu yang hebat. Pemikiran tersebut tidaklah benar, melakukan banyak hal sekaligus malah membuat kita jadi tidak fokus dengan apa yang kita kerjakan dan ujungnya hasilnya pun gak maksimal.

“Salah satu alasan orang sulit mengingat adalah mereka tidak konsentrasi terhadap sesuatu,” kata Mark McDaniel, PhD, psikolog dan peneliti memori dari Washington University.

Fokus pada satu hal secara penuh lebih baik daripada memiirkan banyak hal sekaligus tapi tidak memberi perhatian penuh pada hal-hal tersebut. Konsentrasi membutuhkan waktu yang sangat banyak daripada yang dibayangkan, tetapi hal itu akan membantumu mengingat suatu hal jadi lebih baik.

BELAJAR BAHASA BARU SANGAT BAGUS UNTUK MEMPERTAJAM INGATANMU LHO

Studi terbaru yang dilakukan di Swedia menemukan fakta unik. Orang dewasa yang mempelajari bahasa baru dalam hidupnya menunjukan peningkatan daya ingat dalam mengingat nama-nama orang, dimana biasnaya nama orang seringkali mudah terlupakan dalam ingatan kita.

Aktivitas lain yang memerlukan ketekunan, seperti merajut atau menjahit juga dapat membantu mempertajam daya ingat lho!

TIDURLAH YANG CUKUP

Salah satu penyebab menurunnya kemampuan daya ingat yang jarang disadari tapi sering dilakukan oleh orang yang telah dewasa adalah mengurangi waktu tidur alia sering begadang. Padahal, peneliti dari Universitas Pennsylvania menemukan bukti bahwa seseorang yang kehilangan waktu tidurnya selama 3 hingga 4 jam dalam semalam dapat menurunkan ingatan.

Selain itu, jurnal Nature Neuroscience melaporkan, satu cara untuk memperlambat penuaan adalah dengan cara meningkatkan kualitas tidur. Disarankan oleh para peneliti, selama kamu melakukan tidur dengan baik yakni selama 8 jam sehari, dipercaya otak akan melakukan pekerjaan sebagaimana mestinya. Informasi yang diterima akan segera dipindahkan ke bagian ‘long term memory’ dalam otak sehingga kamu dapat mengingat sesuatu lebih lama dan tidak mudah melupakannya.

Inilah yang membedakan otak kita yang sekarang dengan zaman sekolah dulu. Meski saat dewasa kita punya lebih banyak pengalaman tetapi sulit sekali untuk mengingat sesuatu.

OLAHRAGA MEMBERI DAMPAK BESAR YANG BAGUS UNTUK KESEHATAN MENTAL KAMU

Olahraga gak cuma bagus untuk melatih tubuh agar tetap fit dan prima, tetapi juga memberi dampak pada kesehatan mental dan otak agar tetap bekerja dengan baik. Para peneliti dari Universitas California melakukan penelitian yang hasilnya bahwa seseorang yang aktif bergerak menunjukan kinerja otak yang baik.

Para peneliti percaya, olahraga memicu cairan kimia dalam otak bernama norepinephrine, sebuah pemicu kuat dalam memori otak yang menyebabkan hal ingatan meningkat dengan baik.

Olahraga dapat meningkatkan ukuran otak. Semakin besar otak kita, semakin besat juga kapasitas otak untuk mengingat hal-hal dengan baik. Peneliti menyarankan untuk melakukan 20 menit berjalan setiap hari agar daya ingat kamu dapat meningkat jadi lebih baik

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
Lencana
Kongkow