0
48
0
Jangan Murung Terus, Ini 6 Manfaat yang Kamu Dapat Ketika Tersenyum
2 weeks 'ago'

Hari Jumat di minggu pertama bulan Oktober diperingati sebagai Hari Senyum Sedunia. Perayaan yang diprakarsai oleh seniman bernama Harvey Ball ini mengajak lebih banyak orang untuk merasakan kebahagiaan dengan senyuman.

Selain membuat bahagia, ternyata ada beberapa manfaat yang bisa didapat ketika seseorang tersenyum. Penasaran seperti apa manfaat lain yang bisa didapat? Yuk, simak 6 manfaat tersenyum berikut ini.

1. Bikin kamu lebih awet muda

Tersenyum bisa membuat seseorang menjadi lebih muda ketimbang cemberut. Otot-otot yang bekerja ketika tersenyum akan bergerak ke atas dan membantu wajah terlihat lebih muda. Beberapa ahli menyebut bahwa otot yang digunakan untuk tersenyum jauh lebih sedikit daripada saat cemberut. 

Ada yang menyebut bahwa diperlukan 17 otot untuk tersenyum dan beberapa yang lain menyebutkan butuh 26 otot untuk tersenyum. Jumlah ini jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan saat cemberut yang membutuhkan sedikitnya 42 otot.

2. Mengurangi stres

Tersenyum juga bisa jadi salah satu cara untuk mengurangi stres. Saat tersenyum, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin dan serotonin yang membuat tubuh menjadi bahagia serta mengurangi rasa sakit. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman.

3. Menambah kesan positif dan kepercayaan diri

Percaya atau tidak, senyuman bisa meningkatkan kesan positif dalam diri. Seseorang yang tersenyum akan memancarkan aura positif dan meningkatkan rasa percaya diri. Inilah yang dapat membantu seseorang bersikap lebih tenang dalam menyelesaikan permasalahan.

4. Meningkatkan imunitas​ tubuh

Senyuman juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sel - sel imun akan bekerja dengan baik ketika seseorang tersenyum. Sel - sel imun inilah yang nantinya menjaga tubuh tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

5. Bikin penampilanmu lebih menarik

Berpenampilan menarik bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan tersenyum. Lewat senyuman, seseorang akan terlihat lebih tampan atau cantik di hadapan orang lain. Orang akan tertarik pada mereka yang menampilkan senyuman daripada orang yang cemberut.

6. Membuat orang lain juga ikut tersenyum

Senyuman yang terpancar dari seseorang juga bisa merangsang orang lain untuk ikut tersenyum. Pancaran energi positif dari orang yang tersenyum mempengaruhi orang disekitarnya untuk tertarik dan secara tidak langsung akan ikut tersenyum. Mereka yang ikut tersenyum pun juga dapat merasakan hal baik dari senyuman.

Nah sudah tahu kan manfaat dari tersenyum itu bagus buat kamu? Daripada cemberut lebih baik tebarkan kebaikan melalui senyuman. Tapi ingat ya, jangan sampai senyum-senyum sendiri karena bisa dianggap ‘gila’ oleh orang lain.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow