Home » Kongkow » Tips & Trik » Cara Berbicara Lebih Aktif dan Mengurangi Sifat Pemalu

Cara Berbicara Lebih Aktif dan Mengurangi Sifat Pemalu

- Sabtu, 17 November 2018 | 09:30 WIB
Cara Berbicara Lebih Aktif dan Mengurangi Sifat Pemalu

Menjadi lebih kreatif bukan hanya sebuah keharusan yang dimiliki seseorang yang bekerja dalam industri kreatif, tetapi juga penting untuk dipelajari serta dikembangkan oleh setiap orang.

Dalam bisnis pun, kemampuan menjadi lebih kreatif penting karena pebisnis butuh ide-ide segar dan kreatif agar dapat mengembangkan bisnisnya ke depan.

Ada diantara Anda yang berpikir kalau menjadi lebih kreatif bukanlah hal yang mudah dan tidak semua orang memiliki kemampuan tersebut?

Tolong ubah mindset Anda yang seperti itu!

Kreatif bukan hanya sebuah bakat atau diturunkan dari orang tua ke anaknya, tetapi kemampuan ini juga dapat dipelajari dan juga dikembangkan.

Lalu bagaimana caranya mengembangkan kreativitas walaupun saya tidak memiliki kemampuan tersebut?

Kalau begitu, Anda telah membaca artikel yang tepat. Kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara untuk menjadi lebih kreatif.

Penasaran? Mari kita mulai pembahasannya…

Menjadi Lebih Kreatif? Bisa!

“Sebenarnya, semua sudah ada dalam pikiran… Tapi saya bingung mau mulai darimana. Saya bukan orang yang kreatif!”

Anda pernah dalam situasi seperti di atas? Tenang saja, kebanyakan orang juga pernah mengalami hal tersebut.

Ketika sudah mendapat sebuah ide yang bagus, saat mengeksekusi dan menerjemahkannya ke dalam tulisan atau gambar selalu terhalang. Terlalu lama menatap layar komputer atau kertas kosong, akhirnya menjadi malas dan diri Anda mengatakan, “Ah sudahlah! Tidak jadi!”

Hal yang sangat disayangkan! Padahal seperti yang telah dijelaskan pada bagian tengah di paragraph pembuka, kreativitas bukan hanya sekedar bakat yang diturunkan tetapi berupa kemampuan yang dapat dipelajari. Ini merupakan fakta yang didasarkan oleh pendapat para psikolog.

Dan seperti kemampuan lainnya, Anda bisa menjadi lebih baik jika Anda mempraktikkannya. Otak seperti otot yang perlu dikembangkan, dalam hal ini menggunakan latihan kognitif.

Berikut ini akan kita mulai bahas cara-cara agar menjadi lebih kreatif, ini berlaku untuk semua orang dan tidak memiliki batasan umur untuk mempelajari serta mengasahnya.

Cara untuk Mengeluarkan Kreativitas Anda

  1. Memulai Hari dengan Menulis Bebas

teknik menulis bebas

Semua orang pernah mengalami satu hari atau mungkin ada beberapa dari kita memikirkan apa yang harus dilakukan pada hari itu.

Tetapi dengan terlalu fokus untuk menyelesaikan semuanya malah membuat pikiran menjadi stress dan hal ini yang menyebabkan kita kehilangan perspektif tentang apa ide yang ada dalam pikiran kita (di luar pekerjaan).

Saat Anda dalam situasi seperti ini, cara terbaik untuk mengembalikan fokus adalah dengan menulis bebas di pagi hari.

Menurut sebuah studi dari Professor Teresa Amabile dari Harvard Business School, membuat jurnal kerja secara berkala akan membantu Anda untuk kembali fokus dan menjadi lebih produktif.

Jadi walaupun pada hari itu Anda akan ada meeting penting, sediakan waktu 10 menit untuk detoksifikasi digital dan ambil notebook dan kertas hanya untuk menulis.

Tidak seperti blog atau content yang akan dipublikasikan, jurnal ini berisi pemikiran Anda dari yang masuk akal sampai yang tidak masuk akal sekalipun.

Menulis dengan gaya bebas akan membuat kreativitas Anda mengalir begitu saja, dan disaat yang sama akan memaksa diri Anda untuk menerjemahkan pikiran menjadi sebuah tulisan.

Tidak tahu harus mulai darimana dalam menulis bebas? Coba Anda cek Twords atau Daily Page. Berikut ini ada beberapa ide untuk Anda :

  • Baru-baru ini, saya sedang berjuang dengan…
  • Jika saya memiliki waktu lebih pada siang hari, saya menggunakannya untuk…
  • Hari ini, saya akan menghilangkan stress dengan…
  • Saya merasa keluar dari zona nyaman ketika…
  • Pekerjaan saya dimotivasi oleh…
  • Minggu ini, saya bersyukur untuk…
  • Hari ini, saya harus menghindari…
  • Saya merasa puas di tempat kerja ketika…
  • Dari tim saya, saya bangga karena…
  • Saya dapat bekerja sangat baik ketika…
  1. Mengambil Kursus Kreatif

kursus online

Jika Anda tipikal orang yang lebih suka dipandu untuk menjadi lebih kreatif, mengambil kursus kreatif adalah salah satu cara yang baik untuk mengembangkan kreativitas Anda.

Kursus kreatif bisa berupa apa saja, mulai dari mengedit foto, video untuk music, art, dan desain.

Apapun jenis kursus yang Anda ambil, Anda akan berhadapan dengan cara berpikir yang berbeda dan pendekatan yang dapat diterapkan dalam pekerjaan Anda.

Plus, hal ini akan membantu Anda dalam menemukan kelemahan serta kelebihan diri Anda.

Anda juga akan dikelilingi oleh orang-orang yang berbagi goal dari mengembangkan kemampuan kreatif mereka.

Anda juga dapat belajar dari rekan dan saling melakukan review hasil pekerjaan agar mendapat sudut pandang yang baru mengenai ide Anda.

Dan jika Anda adalah tipikal orang yang gugup untuk meminta bantuan di kantor, ruang kelas akan memberikan Anda kesempatan untuk membuka diri terhadap orang lain seperti saat sedang workshop-menerima kritikan dan saran dari orang lain.

Dengan berbagi ide Anda dengan orang lain, Anda akan dipaksa untuk menemukan cara untuk merumuskan apa yang ada dalam pikiran Anda ke dalam kata-kata dan visual serta belajar untuk menangani kritik dari orang lain.

Anda dapat mulai mencoba kursus online gratis seperti  Creative Live, MIT OpenCourseWare, Creative Writing Now, dan Stanford OpenEdEx.

Kursus mungkin tidak cocok untuk beberapa orang, terutama jika Anda merasa hal yang terstruktur akan menghambat kreativitas Anda. Tapi kalau Anda merasa kurang arahan dalam pemikiran, cara kursus online ini boleh dicoba.

  1. Brainstroming Ketika Anda Berolahraga

olahraga

Saat Anda merasa sudah mendorong kinerja otak secara maksimal dan tetap menghasilkan apa-apa, alihkan diri Anda dengan melakukan olahraga fisik selama 30 menit atau lebih.

Penelitian menunjukkan bahwa dengan olahraga dapat membuat pikiran menjadi lebih kreatif.

Satu studi yang memfokuskan pada bagaimana olahraga dapat mempengaruhi performa partisipan. Berolahraga secara teratur dapat melatih berpikir kognitif dan kreativitas dengan cara yang sehat.

“Otak jauh lebih banyak dikhususkan untuk gerakan daripada bahasa. Bahasa hanya sebagian kecil dari lautan gerakan,” kata Oliver Sacks, seorang ahli saraf.

Sediakan waktu 30 menit setiap hari untuk sekedar berlari atau melakukan yoga. Ini akan menguntungkan tubuh dan pikiran.

  1. Bepergian ke Tempat Lain

travelling-map

Karena kreativitas berhubungan dengan bagaimana otak saling terkoneksiseperti kabel yang saling menyambung, sangat penting untuk menjaga stimulasi otak Anda dengan pemandangan, suara, rasa, bau, dan pengalaman baru.

Buka diri Anda ke sudut pandang yang berbeda melalui pengalaman budaya baru. Jaga indera Anda tetap tajam, hal ini akan memungkinkan sinapsis dalam otak Anda bekerja dengan cara baru.

“Pengalaman asing akan meningkatkan fleksibilitas serta kedalaman kognitif dan mengintegrasikan pikiran, kemampuan untuk membuat hubungan yang mendalam antara bentuk yang berlainan,” kata Adam Galinsky, seorang professor di Columbia Business School yang melakukan penelitian berfokus pada hubungan kognitif antara perjalanan internasional dan kreativitas.

Dia menekankan pentingnya tidak hanya pada tempat yang berbeda, tetapi juga membenamkan diri ke dalam budaya lain.

Dengan ikut terlibat dengan seni, masakan, dan orang-orang lokal, sebenarnya Anda membiarkan diri Anda untuk belajar cara-cara baru dalam berpikir dan nantinya, Anda akan menerapkan cara berpikir yang baru untuk ide Anda sendiri.

  1. Salurkan Inner Child Anda

inner child

Anak-anak dianggap sebagai sosok yang “kreatif secara alami”, mengapa? Karena mereka tahu tidak ada batasan untuk kreativitas mereka.

Mereka bersedia untuk pergi ke berbagai arah dengan kreativitas mereka, dan mereka tidak menahan diri untuk melakukannya.

Anda dapat menyalurkan mentalitas ini, terutama ketika Anda harus menyelesaikan pekerjaan yang datang dari berbagai arah.

Tidak perlu menjadi khawatir atau malu jika hasil pekerjaan Anda tidak cukup baik, jadilah orang yang berani mengambil risiko untuk mendorong batasan kreativitas Anda.

Yang paling penting adalah, bersenang-senanglah dengan pekerjaan Anda. Anak kecil melihat semua sebagai sebuah petualangan dan menjadikan semua hal yang terjadi sebagai moment.

Selagi Anda tetap bertanggungjawab dengan pekerjaan, fokuskan juga semua energi Anda menjadi sebuah proyek di saat yang bersamaan. Jadi Anda bisa memberikan yang terbaik untuk langkah selanjutnya.

  1. Ikut Bergabung dalam Ruang Kerja Sama

coworking

Sebuah studi dari University of Michigan menemukan 2 kunci utama bahwa ruang kerja sama dapat menciptakan peluang yang unik untuk kreativitas, yaitu fleksibilitas dan otonomi.

Ada banyak yang harus dilakukan dengan pengaturan secara fisik untuk space. Keleluasaan untuk mengontrol space Anda sesuai prioritas pribadi Anda akan mendorong kreativitas.

Beberapa studi menunjukkan bahwa kemampuan dalam mengatur ruang kerja Anda akan meningkatkan level produktivitas menjadi lebih tinggi.

Ketakutan menjadi lebih kreatif dapat disebabkan karena lingkungan kerja Anda yang sangat tidak kondusif untuk gaya bekerja yang sesuai dengan pribadi Anda.

Plus, kedekatan dengan oang lain merupakan sebuah kesempatan untuk berkolaborasi. Kolaborasi yang dimaksud adalah katalisator untuk inovasi dan ruang kerja sama adalah cara yang baik untuk melemparkan diri Anda ke dalam lingkungan baru dengan orang-orang yang inovatif.

  1. Lakukan Break Ketika Jenuh Bekerja

Take_a_break

Anda pernah menyadari kalau ide-ide bagus muncul di saat yang tidak terduga? Seperti ketika Anda mandi atau saat sedang dalam mobil di perjalanan ke suatu tempat? Ternyata ada alasannya : break mengijinkan pikiran Anda untuk terus bekerja pada ide yang muncul tanpa perlu takut menjadi stuck.

Seperti yang di jelaskan oleh Adrian Furnman, Ph.D dalam article Pschology Today, penting untuk memberikan break terhadap pikiran ketika Anda sudah aktif bekerja pada sebuah ide dalam beberapa waktu.

Brian Halligan, CEO dan co-founder dari HubSpot memperbolehkan karyawannya tidur siang di tempat kerja. Karena dia sendiri benar-benar menemukan ide bagus saat kondisinya tertidur atau baru bangun dari tidur.

Dalam sebuah wawancara dengan New York Times, Brian mengatakan ia setuju untuk membuat kantor menjadi suatu lingkungan di mana karyawan dapat “work less and think more” dengan menyediakan kamar tidur agar orang-orang dapat istirahat. Ini akan memicu kreativitas.

Pastikan untuk membiarkan diri Anda break untuk sejenak ketika jenuh tapi tetap ingat untuk membatasi break agar Anda tidak keteteran dalam menyelesaikan pekerjaan yang sudah ada.

  1. Berhubungan dengan Orang yang Kreatif

Networking

Ketika Anda “menabrak dinding” karena ide Anda, mungkin ini saatnya Anda untuk memanfaatkan kreativitas orang lain.

Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang dapat melakukan share dan memberikan feedback untuk ide Anda. Opini dari mereka tidak hanya bagus untuk kreativitas, tetapi juga untuk karir Anda.

Point of view yang berbeda dapat menjadi perspektif segar untuk sebuah proyek yang telah Anda pandangi terlalu lama.

Orang yang kreatif tidak hanya akan memberikan Anda feedback untuk proyek, mereka juga akan memotivasi diri Anda untuk melakukan yang terbaik dalam bekerja.

Lingkaran ini akan terjadi ketika koneksi menantang cara berpikir Anda. jika Anda mengelilingi diri dengan orang-orang yang berpikiran terbuka, Anda akan terjebak dalam konfirmasi bias di mana Anda tidak pernah melihat kesalahan dalam pekerjaan Anda sendiri karena semua orang sudah setuju dengan Anda.

Meskipun bisa sulit untuk mengambil kritik, hal ini akan memaksa Anda untuk berpikir dengan cara yang lain dan yang pasti tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Untuk mulai menghubungkan dengan pikiran kreatif lainnya, Anda dapat melakukan eksplorasi karya orang lain dalam platform seperti Behance atau Instagram.

Jika Anda mencari cara untuk terhubung dengan orang-orang secara pribadi, hadirilah konferensi dan acara networking yang berhubungan dengan industri dan minat Anda.

  1. Buat Jurnal Doodle di Meja Anda

doodle

Apakah Anda termasuk dalam pemikir visual? Jika demikian, Anda mungkin merasa sulit untuk menemukan arah dengan ide-ide Anda ketika Anda dibatasi.

Ubah rutinitas Anda dengan mengambil pensil dan kertas untuk membiarkan ide memenuhi form Anda.

Sebuah kertas kosong atau papan tulis mungkin hanya menjadi outlet terbaik untuk memungkinkan Anda untuk mengatur proses berpikir Anda ke dalam satu ruang.

Sunni Brown, penulis The Doodle Revolution mengatakan, “Bahkan saat Anda menulis di margin Anda menyalakan jaringan yang berbeda di otak Anda, dan ketika Anda melakukannya Anda terlibat dengan informasi yang berbeda.”

Membuat peta visual dari semua pemikiran berbeda Anda akan memungkinkan Anda untuk melihat hubungan antar ide.

Secara fisik menuliskan ide-ide Anda sebenarnya adalah sebuah cara untuk menjadi lebih kreatif karena Anda mendorong diri Anda untuk mewujudkannya ke dalam kata-kata.

Jika Anda bisa melihat proses berpikir, hal ini akan memudahkan Anda untuk memahami arah mana yang ingin Anda tuju.

  1. Mendengarkan Musik Saat Bekerja

ini-dia-manfaat-dengar-musik-sambil-bekerja-Lab

Mendengar musik saat bekerja akan membantu Anda untuk menjadi lebih fokus dalam mengerjakan tugas apapun. Bukan hanya itu, music dapat membuat mood Anda menjadi lebih baik. Bukan hanya itu, musik juga bisa menenangkan ketika Anda merasa gelisah.

Musik tertentu dapat membantu Anda dalam menyalurkan kreativitas dan meredam kebisingan yang ada di sekitar Anda.

Ketika jenis musik dengan perubahan ekstrim pada speed atau lirik dapat menganggu Anda, musik jenis ambient dapat membantu Anda meningkatkan level prosesing dan mendorong Anda menjadi lebih kreatif.

Semua orang memiliki selera musik yang berbeda, tetapi beberapa pekerjaan paling kondusif dengan genre musik klasik, elektronik, dan bahkan soundtrack video game.

Selanjutnya?

Jadi sekarang Anda sudah mengetahui cara-cara untuk menjadi lebih kreatif. Apa yang akan Anda lakukan setelah ini? Langsung mempraktikkannya? Jika iya, itu bagus!

Jangan biarkan apa yang sudah Anda ketahui malah tenggelam dan hilang begitu saja dalam pikiran Anda.

Dengan praktik secara terus menerus, Anda akan menjadi lebih kreatif dan hasilnya akan terlihat cepat atau lambat.

Selamat mencoba dan sampai jumpa di artikel lainnya!

Bagikan pengalaman Anda atau cerita menarik yang berkaitan dengan topik ini kepada  Digitalmarkerter.id dan pembaca lainnya, dengan mengisi kolom di bawah ini!

Cari Artikel Lainnya