999 +
0
43
0
8 Beasiswa Bergengsi Luar Negeri Paling Diburu Pelajar Indonesia
1 week 'ago'

Kamu tertarik kuliah di luar negeri tapi terkendala biaya? Tenang, ada banyak beasiswa bergengsi luar negeri yang bisa kamu manfaatkan untuk mewujudkan cita-citamu. Hanya saja, kebanyakan beasiswa tersebut diburu habis-habisan oleh pelajar Indonesia. Jadi, kamu harus berjuang ekstra keras untuk mendapatkannya. Apa-apa saja beasiswa tersebut? Mari simak di bawah ini.

1. Beasiswa Australia Award

Salah satu beasiswa yang paling diincar pelajar Indonesia, khususnya program pascasarjana, adalah Beasiswa Australia Award. Beasiswa ini dikeluarkan pemerintah Autralia untuk sejumlah negara termasuk Indonesia. Beasiswa ini menanggung biaya pendidikan, tunjangan kemandirian, asuransi, tiket, serta tunjangan lapangan kerja selama masa kuliah.

2. Endeavor Scholarship and Fellowship

Beasiswa dari pemerintahan Australia lainnya yang paling banyak diburu pelajar Indonesia adalah Endeavor Scholarship and Fellowships. Beasiswa ini diberikan kepada 127 negara di dunia dan oleh karena itu, syarat untuk mendapatkan beasiswa ini sangat berat. Salah satunya adalah kamu harus punya kemampuan bahasa Inggris dengan skor IELTS 6,5.

3. Beasiswa Netherland Fellowship Programme

Beasiswa Netherland Fellowship Programme adalah beasiswa yang diberikan oleh pemerintahan Belanda dan dibuka untuk 51 negara, termasuk Indonesia. Program studi yang disediakan di sini adalah untuk S2, S3 dan short courses saja. Hanya saja, sampai saat ini, program ini diprioritaskan untuk pelamar dari Afrika dulu, baru negara lain.

4. Beasiswa Monbukagakusho

Kamu juga bisa mengambil beasiswa Monbukagaskusho dari Jepang yang ditujukan khusus kepada mahasiswa berprestasi asal Indonesia. Saat ini, beasiswa ini menawarkan program studi untuk gelar sarjana, master, dan doktor. Beasiswa ini dikeluarkan oleh Kedutaan Besar Jepang khusus untuk Indonesia sehingga peluang mendapatkannya pun besar.

5. Beasiswa Eiffel

Beasiswa Eiffel dari Perancis

Seperti namanya, beasiswa yang satu ini memang untuk penempatan di Perancis. Beasiswa ini dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Perancis untuk negara-negara berkembang sejak tahun 1999 lalu. Penerima beasiswa ini akan mendapat biaya kuliah sebesar 10.000 euro dengan berbagai jenis tunjangan dan asuransi.

6. Beasiswa German Academic Exchange Service

Kamu juga bisa mengincar beasiswa di Jerman. Salah satu beasiswa yang bisa kamu ambil di negeri ini adalah Beasiswa German Academic Exchange Service atau DAAD, khusus untuk negara-negara berkembang di kawasan Afrika, Asia, Amerika Tengah dan Selatan, serta Eropa Timur. Beasiswa ini meng-cover nyaris seluruh kebutuhan hidup dan kuliahmu.

7. Beasiswa Erasmus+

Bagi kamu yang ingin kuliah di negara-negara kesatuan Uni Eropa, cobalah untuk mengejar Beasiswa Erasmus+. Beasiswa ini diberikan oleh negara-negara di Eropa yang ada dalam Uni Eropa. Jenjang pendidikan yang ditawarkan beasiswa ini adalah master dan doktoral saja dan beasiswa ini hanya untuk siswa dari non-Eropa saja.

8. Beasiswa Fulbright

Selain itu, kamu juga bisa kuliah di Amerika dengan menggunakan beasiswa. Namanya adalah Beasiswa Fulbright. Beasiswa ini disediakan oleh pemerintah Amerika untuk 155 negara dunia. Tunjangan yang bisa kamu dapat dari beasiswa ini adalah biaya kuliah, tunjangan buku, uang saku bulanan, asuransi kesehatan, dan tiket pesawat pulang-pergi selama kuliah.


Nah, ternyata ada banyak sekali beasiswa bergengsi luar negeri yang bisa kamu kejar. Namun, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, peminat beasiswa bergengsi ini bukan kamu saja. Ada banyak pelajar di luar sana yang juga mengincarnya. Jadi, untuk mendapatkan beasiswa ini jelas kamu harus kerja keras dan memiliki daya juang yang tinggi!

Follow Us On :
Lencana
Kongkow