999 +
0
57
0
3 Beasiswa Bergengsi Dalam Negeri dari Pemerintah Indonesia
2 weeks 'ago'

Saat ini, ada banyak sekali program beasiswa yang bisa kamu dapatkan, baik itu di dalam negeri ataupun di luar negeri. Bagi kamu yang sedang mengincar beasiswa bergengsi dalam negeri, mungkin kamu bisa coba beberapa beasiswa dari pemerintah Indonesia ini. Apa saja beasiswa yang bisa kamu kejar? Mari simak di bawah ini untuk info lebih lanjut!

1. Beasiswa LPDP

LPDP (Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan) adalah salah satu lembaga yang menyediakan banyak program beasiswa untuk pemuda dengan prestasi akademi terbaik pada jenjang sebelumnya.

Beasiswa LPDP ini terbagi dalam 5 jenis, yakni beasiswa program magister atau doktoral yang menanggung biaya kuliah dan lainnya. Beasiswa ini hadir 4 kali selama satu tahun.

Terdapat beasiswa disertasi khusus untuk mahasiswa S2 dan S3. Beasiswa ini khusus ditujukan untuk kamu yang telah merampungkan mata kuliah sebelumnya dan telah lulus ujian atau seminar program pascasarjana. Beasiswa ini mendanai kamu selama 12 bulan dan dibuka 2 kali dalam setahun.

Selain itu, ada juga beasiswa pendidikan Indonesia dokter spesialis yang memang ditujukan kepada lulusan sarjana kedokteran untuk melanjutkan ke jenjang spesialis. Beasiswa afirmasi yang dikhususkan untuk mahasiswa yang tinggal di daerah perbatasan. Beasiswa presiden RI juga bisa diambil bagi kamu yang lulus di 50 universitas terbaik di Indonesia.

2. Beasiswa Dikti

Dikti ada memberikan beasiswa khusus untuk S1, S2 dan S3. Ada beberapa jenis beasiswa dari Dikti yang bisa kamu ambil. Misalnya saja, beasiswa Bidik Misi. Ini adalah beasiswa yang ditujukan untuk pelajar yang memiliki keterbatasan ekonomi dan khusus diberikan pada jenjang perkuliahan Diploma hingga S2 saja.

Beasiswa Bidikmisi, Salah Satu Beasiswa dari Dikti

Kemudian, ada juga beasiswa pendidikan magister menuju doktor untuk sarjana unggul (PMDSU) khusus untuk para dosen yang menempuh pendidikan hingga jenajang doktor (S3). Biasanya, program ini dibuka antara April hingga Mei tiap tahunnya.

Ada juga beasiswa peningkatan prestasi akademik (PPA). Beasiswa ini khusus ditawarkan kepada mahasiswa Diploma atau S1 untuk membantu sebagian biaya pendidikan. Masih ada beasiswa pendidikan pascasarjana dalam negeri khusus untuk dosen PTN atau PTS. Beasiswa peningkatan kualitas publik internasional (PKPI) yang diberikan Dikti juga bisa kamu coba.

3. Beasiswa Unggulan

Selain beberapa beasiswa di atas, kamu juga bisa kuliah dengan Beasiswa Unggulan. Ini adalah beasiswa yang ditawarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Ada beberapa jenis beasiswa yang bisa kamu pilih juga di sini. Salah satunya adalah beasiswa masyarakat berprestasi yang ditujukan khusus kepada perguruan tinggi berakreditasi minimal B.

Ada beasiswa pegawai Kemendikbud dari beasiswa unggulan ini. Program ini sebenarnya adalah pembinaan karir pegawai untuk menyiapkan tenaga profesional di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Masih ada beasiswa unggulan CIMB Niaga yang bisa kamu ambil, ya. Beasiswa ini juga khusus diberikan untuk peningkatan kualitas guru. Kamu bisa kuliah di beberapa universitas besar di Indonesia seperti UGM, UI, Unpad dan lainnya di sini.

Terakhir, ada juga beasiswa bantuan khusus untuk para peneliti, penulis, pencipta, seniman, budayawan, dan lainnya di lingkungan Kemendikbud.

Jadi, kamu mau kejar beasiswa bergengsi dalam negeri yang mana dari beberapa beasiswa di atas? Di antara beasiswa tersebut, ada yang menanggung 100% biaya selama kuliah, termasuk biaya hidup, dan ada juga yang hanya sebagian. Untuk mendapatkannya, kamu harus belajar giat karena tak sedikit juga yang berniat untuk meraihnya!

Follow Us On :
Lencana
Kongkow