999 +
0
112
0
Tips Guru dalam Mengajar yang Disukai Siswa
2 months 'ago'

Peran seorang guru dalam proses belajar mengajar memang tidak seratus persen dikatakan vital, banyak peserta didik atau siswa yang otodidak mampu menguasai materi pembelajaran tanpa panduan seorang guru. Namun keberadaan guru tetap dibutuhkan terutama bagi pendidikan di lembaga formal seperti sekolah. Guru di kelas akan memberi suasana tersendiri bagi para murid atau peserta didik, karena guru tidak hanya menyampaikan materi pelajaran. Guru di depan kelas juga dapat menimbulkan semangat bagi siswa terhadap materi yang sedang di bahas. Bahkan guru yang kreatif akan mampu membangkitkan mimpi-mimpi siswanya untuk menjadi manusia yang baik di masa depan.

Sayangnya tidak semua guru dapat memanfaatkan kelas dan waktu secara efektif dalam proses belajar mengajar. Jadi, untuk mencapai target masih saja sulit dicapai oleh beberapa murid karena materi yang didapat tidak terpenuhi. Lalu bagaimana strategi jitu agar guru mampu efektif dalam mengajar dan selalu disukai muridnya?

1. Disaat awal pertemuan katakanlah di jam pertama pelajaran, guru harus bertatap muka dengan peserta didik. Guru harus langsung mengambil simpati dan mencuri perhatian para murid. Hal ini dapat dilakukan dengan beragam cara, seperti; menyapa, membuat hal-hal yang lucu, memberi kalimat motivasi, menanyai satu-satu muridnya terkait hal yang menarik serta beragam cara lainnya.

2. Memilih topic yang sesuai materi namun ringan dan menyenangkan. Misalnya materi yang akan di bahas adalah tumbuhan, maka guru dapat membawa sebuah peraga yang berkaitan dengan tumbuhan. Kemudian secara singkat menjelaskan hal-hal penting dari materi yang dipelajari.

3. Lakukan game educatif yang sederhana. Banyak game yang dapat diterapkan bagi siswa dalam kaitannya untuk peningkatan daya ingat dan daya tarik siswa terhadap materi pelajaran. Contohnya; game saling tebak, cerdas cermat, tebak gambar dan lain sebagainya.

4. Membuat ringkasan materi yang mudah dipahami. Bagi peserta didik seperti anak SD mungkin lebih suka dengan gambar, maka ringkasan lebih diutamakan memunculkan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi pelajaran. Sementara jenjang menengah dapat langsung dilakukan latihan sederhana terkait materi yang sedang menjadi topik pembahasan.

Itulah strategi mengajar efektif yang menyenangkan. Seberat apapun materi pembahasan, guru dilarang keras menambah beban pikiran siswa dengan penjelasan yang berbelit-belit dan memberikan tugas yang banyak.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow